Fungsi Budaya Secara Umum dalam Berbagai Bidang

Diposting pada

Fungsi Budaya

Kebudayaan dan peradaban merupakan salah satu yang tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari. Terlebih kebudayaan yang selalu ada di lingkungan sosial bermasyarakat. Bahkan terdapat budaya yang baik dan yang buruk, ada pula budaya berdasarkan kelompok tertentu, atau bahkan budaya pada negara bagian tertentu.

Budaya merupakan hal yang penting, hal ini lantaran memiliki fungsi dalam mendorong dan mempersatukan masyarakat.

Budaya

Budaya adalah suatu cara yang terus berkembang dan diakui oleh masyarakat yang akan diwariskan dari generasi ke generasi, masyarakat akan selalu melakukannya. Sebuah unsur budaya terbentuk dari banyak hal mulai dari sistem agama hingga hal hal yang berkaitan dengan hal-hal yang mendasar dalam sebuah kehidupan.

Oleh karena itulah budaya terbentuk dalam waktu yang cukup lama, apabila sudah terbentuk maka akan sulit untuk menghilangkannya. Hal ini sangat wajar lantaran setiap arti masyarakat dalam kelompok tertentu memiliki kebudayaan yang berbeda-beda dalam berbagai bidang hal ini sangat penting untuk tetap dijaga agar tidak merasa kehilangan kebiasaan yang talah ada.

Fungsi Budaya

Budaya memiliki makna tersendiri bagi masing-masing bentuk kelompok sosial masyarakat. Semakin melekat budaya tersebut maka akan semakin banyak yang merasakan fungsi budaya. Berikut merupakan beberapa fungsi budaya secara umum dalam berbagai bidang;

  1. Pedoman dalam interaksi dengan sesama manusia

Setiap daerah terutama di daerah timur memiliki banyak budaya yang digunakan. Hal ini menjadi pedoman dalam melakukan jenis interaksi sosial secara langsung. Hal ini harus secara sadar dilakukan oleh masing-masing individu. Bahkan budaya ini telah menjadi kesepakatan bersama, walaupun tidak terdapat bukti tertulis.

Kebudayaan yang bersifat tidak tertulis, tetapi terus dilakukan akan menjadi kebiasaan dan terus dilakukan secara turun temurun. Salah satu cara melestarikan dan tetap dapat merasakan fungsi budaya tersebut harus terus diletarikan dari generasi ke generasi.

  1. Wadah untuk menyalurkan perasaan tentang kehidupan

Salah satu bentuk ekspresi masyarakat ditunjukkan dengan sebuah kebudayaan yang berupa karya seni tertentu. Banyak kita temukan berbagai tarian, seni ukir, batik, dan lain-lain. Semua kesenian tersebut sebagai bentuk ungkapan perasaan masyarakat yang diabadikan dalam sebuah kesenian, sehingga kita dapat menikmati hingga saat ini.

  1. Pedoman hidup manusia

Ketika ingin malakukan suatu tindakan harus memiliki dasar agar tidak dianggap melenceng dari kebiasaan di masyarakat. Hal ini menjadi dasar manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Untuk saat ini sudah banyak masyarakat modern yang sudah mulai meninggalkan budaya walaupun tidak sepenuhnya.

  1. Sebagai identitas individu atau kelompok

Budaya menjadi ciri khas tersendiri untuk kelompok terentu. Ketika menjalankan sebuah budaya maka akan kelihatan dari mana kita berasal. Hal-hal yang biasa menunjukkan asal daerah adalah dialeg. Dialeg merupakan identitas yang melekat pada diri seseorang yang menunjukkan dari mana dia berasal.

  1. Acuan hidup manusia

Budaya juga berfungsi sebagai acuan ketika seseorang bertindak, baik untuk kepentingan pribadi atau masyarakat. Hal ini akan menyangkut tentang hal-hal penting yang ada di masyarakat. Budaya juga akan menjadi acuan nilai dan moral yang ada di masyarakat.

Ketika terlihat dari budaya maka dapat dikatakan orang tersebut tidak menjalankan nilai-nilai yang ada di masyarakat.

  1. Alat bantu manusia dalam menjalani kehidupan

Budaya juga membantu seseorang agar mengetahui hal apa yang harus dilakukan. Biasanya kita selalu membahas kebiasaan yang dilakukan sebelum melakukan suatu bentuk tindakan sosial. Hal ini menunjukkan bahwa budaya membantu masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-baik.

Memang banyak orang yang tidak menyadari hal tersebut tetapi terus melakukan dalam praktek kehidupan sehari-hari.

  1. Pembuatan tata tertib untuk masyarakat

Budaya akan membentuk sebuah aturan yang harus ditaati oleh masyarakat. Tata tertib ini dapat bersifat tertulis atau non tertulis tergantung kesepakatan masyarakat. Apabila kita lihat banyak kesepakatan yang tidak tertulis namun dijalankan oleh seluruh masyarakat. Tata tertib dapat dilaksanakan oleh siapapun yang berada dalam lingkup kelompok sosial tertentu.

  1. Tempat berlindung seseorang

Ketika melakukan sebuah kegiatan yang berbau budaya seseorang akan merasa aman dan merasakan sebuah kebersamaan.

Tidak ada penganggu yang akan merusak sebuah acara adat dengan demikian dengan mengikuti budaya seseorang dapat terlindungi. Apabila ada gangguan ketika pelaksanaan sebuah budaya maka akan di lawan secara bersama-sama.

  1. Ciri khas seseorang

Budaya dapat menjadi ciri khas seseorang dalam berbagai jenis kegiatan. Hal tersebut dapat dilihat dari cara berbicara dan dialeg. Untuk kalangan tertentu dapat dilihat dari pakaian adat, rumah adat, dan lain-lain yang sudah diakui di Indonesia. Ciri khas ini mungkin akan dikenali oleh orang-orang tertentu.

  1. Tanda dari mana seseorang berasal

Asal daerah juga dapat dilihat dari kebudayaan yang dimiliki. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari warna kulit, cara bicara, pakaian, dan lain-lain. Ketika baru berasala dari daerah dan belum ada campuran budaya lain hal ini akan sangat mudah di lihat untuk sebagian orang.

  1. Mengendalikan perilaku masyarakat

Budaya digunakan untuk mengontrol perilaku masyarakat. Ketika memiliki budaya diharapkan tingkah laku masyarakat tidak keluar dari adat istiadat yang telah terbentuk. Ketika ada yang melanggar sebuah budaya maka akan mendapat hukuman dari masyarakat yang tentu dampaknya akan mempengaruhi psikis seseorang dan dapat berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

  1. Memberikan batasan dalam bertindak

Budaya memberikan batasan-batasan tertentu bagi kelompok masyarakatnya. Bagi yang melanggar batasan tersebut dianggap melanggar aturan budaya.

Hukuman yang akan diperoleh berdasarkan kesepakatan masyarakat. Ada yang dikucilkan, diusir dari tempat tersebut, dan lain-lain. Hal ini biasa terjadi di lingkungan yang masih memegang teguh budaya dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

  1. Wujud dari sebuah norma

Norma sosial yang telah dibuat berdasarkan kebiasaan dan kesepakatan akan tercermin dalam sebuah budaya yang ada di masyarakat. Ketika masyarakat masih memegang teguh norma yang ada maka budaya tidak akan hilang dari daerah tersebut. seiring bertambahnya zaman sudah banyak budaya yang mulai berganti dengan budaya baru yang dengan mudah diterima oleh masyarakat terutama golongan muda.

Norma yang paling dekat dengan budaya adalah norma adat. Segala budaya yang berkaitan dengan kegiatan spiritual atau sesuatu yang bersifat sakral. Dalam kegiatan ini akan menjadi sebuah simbol yang memiliki makna tersendiri bagi masing-masin kelompok sosial.

  1. Wujud dari sebuah nilai

Nilai sosial dalam masyarakat sangat beragam mulai yang memiliki dampak kecil hingga yang besar. agar mudah memahami berbagai nilai yang ada biasanya dirangkum dalam sebuah budaya yang menjadi tradisi dalam kurun waktu tertentu. Hal ini terus terjadi secara terus-menerus sehingga nilai-nilai yang ada masih bisa dilakukan hingga saat ini.

Nilai juga menjadi sesuatu yang sangat berarti bagi masyarakat khusunya orang yang dianggap tua. Kalangan muda harus mampu melestarikan ini agar semua budaya yang positif tetap ada dan menjadi suatu kebanggan bagi setiap individu. Bahkan budaya menjadi sesuatu yang penting dan bahkan ada negara yang terus mencari jati diri melalui budaya.

Fungsi yang Mempengaruhi Budaya

Banyak faktor yang mempengaruhi terbentuknya sebuah budaya antara lain;

  1. Letak geografis
  2. Perkembangan teknologi
  3. Spiritual
  4. Kepercayaan
  5. Sosial kemasyarakat
  6. Arti suku
  7. hubungan antar sesama manusia
  8. Dan lain-lain
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan penting dipahami bahwa kebanyakan budaya akan tetap terjaga eksistensinya ketika jauh dari kota. Masyarakat desa cenderung sulit untuk menerima sebuah perubahan yang dianggap tidak biasa. Kebudayaan di desa akan selalu di jaga dan dilestarikan hingga turun temurun.

Sehingga fungsi budaya ini merupakan fungsi secara umum yang memiliki tujuan berbeda-beda dengan makna yang mendalam. Terutama budaya yang digunakan untuk kepentingan spiritual atau kepercayaan yang dimiliki oleh masyarakat. Fungsi budaya ini juga dapat menjaga buday itu sendiri agar tidak direbut oleh negara lain. Saat ini banyak negara yang sedang mencari identitas negara.

Oleh karena itulah sebagai bagian dari masyarakat Indonesia cara yang dilakukan untuk melestarikan budaya. Mulai dari kegiatan yang ringan hingga kegiatan yang membutuhkan persiapan yang panjang. Hal ini akan terus berubah mengikuti perubahan zaman, walaupun perubahan tidak akan secara besar-besaran.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan fungsi kebudayaan secara umum bagi masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan. Semoga memberik edukasi untuk semua kalangan yang memperlukannya.

Sumber Tulisan
  • Soelaeman, M, M. 1987. Ilmu Budaya Dasar Suatu Pengantar. Bandung: PT. Refika Aditama.
No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *