Faktor Penyebab Gejala Sosial di Masyarakat

Diposting pada

Faktor Gejala Sosial

Lingkungan sosial merupakan tempat dimana kita melakukan proses sosial dan interaksi sosial dengan orang, benda hidup, benda mati, dan lain-lain. Banyak kejadian yang terjadi di lingkungan yang kesemua ini biasanya disebut sebagai fenomena sosial.

Sebuah contoh fenomena sosial di masyarakat yang dapat menimbulkan sebuah permasalahan dapat disebut gejala sosial. Gejala sosial memiliki banyak sudut pandang, utamanya dalam objek kajian sosiologi.

Gejala Sosial

Gejala sosial biasanya timbul karena adanya aktivitas antara individu satu dengan yang lain. Aktivitas ini tidak terbatas meliputi beberapa aspek yaitu ekonomi, unsur budaya, alam, dan psikologi. Akan tetapi yang pasti untuk fenomena yang dianggap tidak seperti biasanya maka akan menimbulkan sebuah permasalahan.

Permasalahan sosial yang dibiarkan akan merusak tatanan lingkugan sosial. Gejala sosial ini sama halnya permasalahan pada setiap aspek. Misalnya saja aspek ekonomi permasalahannya berupa penyebab kemiskinan, aspek budaya karena adanya anggapan budaya yang melenceng dari apa yang telah menjadi dasar negara, aspek alam meliputi bencana alam yang disebabkan oleh ulah manusia, dan aspek psikologi meliputi kejiwaan seseorang atau emosi seseorang yang memberikan pengaruh pada lingkungan.

Oleh karena itulah setiap hari pasti ada bentuk gejala sosial yang kadang tidak dapat kita duga. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar karena setiap kehidupan individu berbeda. Gejala sosial tidak sepenuhnya akan menimbulkan masalah besar kadang hanya menjadi tanda-tanda akan suatu kejadian tertentu.

Faktor Penyebab Gejala Sosial di Masyarakat

Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya sebuah gejala sosial. Berikut penjelasannya;

  1. Struktural

Setiap individu pasti melakukan komunikasi atau hubungan dengan individu lain. Ketika seseorang melakukan sebuah jenis interaksi sosial baik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan individu, kelompok dengan kelompok, dan lai-lain.

Interaksi ini secara tidak langsung apabila terdapat kesalahan dalam interaksi tersebut maka dapat menimbulkan permasalahan sosial. Hal-hal yang menyebabkan permasalahan sosial disebut gejala sosial. Gejala sosial apabila tidak segera diatasi maka akan menimbulkan permasalahan sosial yang lebih besar.

  1. Kultural

Sebuah negara yang memiliki budaya multikultural kadang menimbulkan beberapa permasalahan. Permasalahan tersebut dari perbedaan budaya yang ada di setiap kelompok masyarakat. Hal yang paling disoroti dan menghawatirkan adalah budaya yang telah menyimpang dari dasar negara. Kebiasaan yang telah menyimpang dari dasar negara harus segera diatasi agar tidak ada lagi permasalahan yang sama.

  1. Ekonomi

Ekonomi merupakan hal yang penting dalam kehidupan. Seseorang dapat bertahan hidup apabila memenuhi kebutuhan pokoknya untuk kehidupan sehari-hari. Banyak fenomena sosial yang berkaitan dengan ekonomi. Salah satu fenomena yang jelas akan menjadi masalah jika dibiarkan adalah kemiskinan.

Jumlah penduduk miskin di Indonesia teramsuk banyak, namun fenomena ini akan terus dihadapi dan tidak dianggap permasalahan sepele. Banyak hal yang sudah dilakukan untuk mengatasi masalah ini, namun hingga saat ini kemiskinan di Indonesia belum tuntas.

  1. Kebutuhan

Manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari memerlukan tiga kebutuhan pokok yang harus dipenuhi yaitu tempat tinggal, makanan, dan pakaian. Tiga kebutuhan pokok ini sering menjadi sebuah fenomena yang memicu sebuah konflik. Misal kita temukan banyaknya bagunan liar di bawah jembatan, hal ini merupakan permasalahan di bagian tempat tinggal.

Gejala sosial ini apabila tidak segera ditindaklanjuti pasti akan lebih banyak orang yang melakukan hal yang sama. Awalnya memang hanya 2 sampai dengan 5 orang yang tinggal disitu lama kelamaan akan banyak orang yang ikut tinggal di tempat tersebut.

  1. Kependudukan

Jumlah penduduk suatu daerah kadang lebih banyak di banding dengan luas daerah itu sendiri sehingga akan menimbulkan kepadatan penduduka. Apabila ini dibiarkan maka akan menjadi lingkungan yang tidak sehat. Ketika telah mencapai kepadatan penduduk yang tinggi akan banyak masalah timbul.

Permasalahan yang biasanya timbul antaralain pemukiman kumuh, rawan banjir (tidak ada resapan air), rawan hubungan arus pendek listrik dan lain-lain. Apalagi jika pemukiman tidak tertata dengan baik.

  1. Mempertahankan diri

Setiap individu ingin mempertahankan eksistensi diri di lingkungannya. Banyak cara yang dilakukan agar tetap mampu bertahan di lingkungan tersebut. Cara yang dilakukan untuk mempertahankan diri ini kadang menimbulkan sebuah fenomena yang merugikan orang lain.

Seseorang harus mampu mengendalikan diri agar tidak merugikan orang lain. Kerugian ini akan memberikan dampak yang besar bagi kehidupan orang lain. Pertahanan dari dalam diri dan tidak menganggu ketenangan orang lain adalah cara yang paling baik. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh individu.

  1. Psikologis

Seseorang dilahirkan dengan kondisi kejiwaan dan karakter yang berbeda. Setiap karakter individu akan memiliki tingkah laku yang berbeda. Hal ini kadang orang yang tidak mampu mengendalikan diri akan menimbulkan fenomena yang kadang membuat orang lain tidak nyaman. Permasalahan ini dapat diatasi apabila orang yang melakukan kesalahan tersebut menyadari dan ingin menjadi diri yang lebih baik.

Sikap bawaan tidak akan berubah tanpa ada kemauan dari dalam diri. Kemauan tersebut akan menjadi penolong bagi dirinya sendiri dan dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Perubahan dapat dilakukan secara perlahan dan terus menerus.

  1. Pergaulan

Interaksi yang terjadi di masyarakat salah satunya di lingkunga pertemanan. Lingkungan pertemanan yang penuh dengan kebebasan merupakan hal dapat menimbulkan permasalahan. Salah satu contoh pergaulan remaja di berbagai klup malam.

Pergaulan bebas ini akan menimbulkan baanyak masalah. Ketika seorang anak masih dapat dikendalikan maka harus segera di hentikan dari pergaluan ini. Banyak kemungkinan yang dapat terjadi ketika sudah masuk dalam lingkungan ini.

  1. Kebutuhan lawan jenis

Manusia semasa hidupnya pasti mengingikan pasangan hidup. Pasangan hidup tentu saja lawan jenis untuk memenuhi kebutuhan biologis dan lain-lain. Ketika seseorang tidak memiliki pasangan sampai akhir hayat dan hal ini terjadi pada banyak orang maka dikhawatirkan akan terjadi permasalahan yang besar.

  1. Biologis

Kebutuhan biologis sangat beragam mulai dari makanan, minuman, lingkungan pertemanan, pasangan, dan lain-lain. Banyak orang yang kurang mampu memenuhi kebutuhan biologisnya sehingga banyak melakukan tindakan yang kurang terpuji dan membuat keresahan di masyarakat.

Contoh Gejala sosial

Sedangkan untuk beberapa contoh gejala sosial yang ada di masyarakat. Misalnya saja;

  1. Plagiat, salah satu bentuk kecurangan dibidang akademik. Banyak pihak yang melakukan kecurangan ini, sehingga banyak kerugian yang dirasakan oleh orang lain terutama pemilik karya yang dijiblak atau diplagiat.
  2. Pengangguran, permasalahan yang tidak ada habisnya dan menimbulkan banyak permasalahan lain. Seorang yang berkategori jenis pengangguran akan menimbulkan banyak arti kejahatan yang dilakukan secara nekat untuk memenuhi kebutuhannya.
  3. Korupsi, tindakan kejahatan yang banyak dilakukan oleh para pemegang kekuasaan. Banyak bentuk tindakan sosial korupsi yang meresahkan masyarakat baik dalam jumlah yang kecil atayu besar.
  4. Penyebaran berita fitnah, berita yang menimbulkan kepanikan di lingkungan masyarakat. Kepanikan ini tentu saja akan menimbulkan banyak kejadian yang tidak terduga sebelumnya.
  5. Wabah, sebuah penyakit yang menyebar keseluruh dunia, seperti halnya yang saat ini kita hadapi yaitu wabah penyakit Covid-19 yang telah membuat kekacauan diberbagai bidang. Hal ini menjadi perhatian tersendiri bagi pemerintah dan seluruh masyarakat.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa gejala sosial adalah segala sesuatu yang terjadi di lingkungan masyarakat biasa kita sebut fenomena. Fenomena ini memiliki potensi menimbulkan permasalahan untuk orang yang ada di lingkungan tersebut.

Gejala sosial ini berkaitan dengan fenomena yang memiliki pootensi menimbulkan masalah dan dampaknya dirasakan ooleh orang yang ada di lingkungannaya atau kelompok masyarakat tertentu. Hal ini akan menimbulkan ke khawatiran terhadap hal-hal yang mungkin terjadi pada diri seseorang.

Ketika permasalahan sudah membesar akan sulit dikendalikan, maka ketika sudah terlihat sebuah gejala harus segera ditenangkan. Pihak yang bertugas menenangkan ialah semua orang yang berada di tempat tersebut dan menyadari adanya kesalahan tersebut.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan beragam faktor yang menjadi penyebab adanya gejala sosial di masyarakat beserta dengan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi referensi.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *