Dampak Kesenjangan Ekonomi di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Kesenjangan Ekonomi

Keadaan sistem ekonomi di Indonesia yang berlaku pada saat ini kadang tidak dapat diperkirakan. Kadang dalam keadaan baik namun ada kalanya dalam masa yang buruk. Masalah yang mungkin terjadi adalah arti kemiskinan, kesenjangan ekonomi, ketimpangan ekonomi, dan lain-lain.

Semua masalah tersebut tentu akan memberikan dampak pada diri seseorang atau kelompok baik langsung atau tidak langsung.

Kesenjangan Ekonomi

Kesenjangan ekonomi pada hakekatnya dapat dilihat dari beberapa hal yang menyebabkan kondisi tersebut terjadi. Penyebab kesenjangan ekonomi dapat berasal dari masing-masing individu atau contoh kelompok sosial tertentu.

Kesenjangan yang disebabkan oleh diri sendiri ialah dapat dilihat dari tingkat konsumsi, pendapatan seseorang, atau kekayaan yang dimiliki. Kesenjangan ekonomi ialah sebuah permasalahan ekonomi yang terus berkembang. Apabila dilihat jumlah kekayaan yang dimiliki, maka yang kaya semakin kaya dan yang miskin tidak mampu memenuhi kebutuhannya.

Kesenjangan ini apabila terus terjadi tanpa ada solusi pada suatu daerah tertentu dibanding daerah lain maka akan terjadi suatu ketimpangan ekonomi. Ketimpangan ekonomi sendiri adalah terjadinya perbedaan pembangunan ekonomi antar wilayah satu dengan yang lain, sehingga seperti memprioritaskan daerah tertentu saja.

Dampak Kesenjangan Ekonomi

Adapun beberapa akibat yang hadir dan dapat ditimbulkan dari adanya kesenjangan ekonomi di masyarakat, antara lain sebagai berikut;

  1. Pemukiman kumuh

Ketika terjadi kesenjangan ekonomi hal ini jelas akan terlihat di kehidupan sehari-hari masyarakat. Lingkungan rumah dapat menjadi salah satu penilaian tingkat ekonomi seseorang.

Apabila kita lihat semakin banyak pemukiman kumuh, hal tersebut menandakan bahwa semakin banyak kesenjangan yang terjadi di lingkungan sosial kita. Pemukiman ini terbentuk karena kemampuan dalam segi ekonomi memang rendah. Kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan juga sulit, dengan kemampuan yang dimiliki saat ini.

  1. Kriminalitas meningkat

Ketika seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhannya maka banyak orang yang memilih cara singkat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Cara singkat yang digunakan ialah melakukan tindakan dalam arti kriminalitas ini adalah bentuk tindakan sosial yang dapat dengan cepat mendapatkan apa yang diinginkan dalam waktu yang singkat. Ketika kita lihat semakin banyak tindakan kejahatan berarti salah satu dampak dari kesenjangan ekonomi.

  1. Kemiskinan

Tingkat pendapatan yang semakin menurun membuat seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan pokoknya. Ketika semakin lemah kemampuan dalam memenuhi kebutuhan maka dapat digolongkan dalam bentuk kemiskinan. Ketika kesenjangan antara si kaya dan si miskin semakin jauh maka jumlah kemiskinan semakin bertambah.

  1. Konflik sosial

Permasalahan di lingkungan tidak dapat dihindari karena memang semua proses kehidupan selalu menemui sebuah permasalahan. Begitu pula ketika pendapatan rendah, maka jenis konflik ini akan semakin terasa khusunya dilihat dari lingkup keluarga dan kebutuhan yang harus dipenuhi.

  1. Terdapat pembagian kerja

Meski demikian ada dampak positif dari adanya kesenjangan ekonomi. Dimana sistem pemerintah akan berusaha meratakan pendapatan masyarakat, bahkan dilakukan pembagian kerja agar tingkat kesenjangan tidak semakin jauh.

  1. Kecemburuan sosial

Ketika seseorang berada pada titik tingkat pendapatan rendah pasti akan merasa cemburu atau iri kepada kekayaan yang dimiliki oleh orang lain. Hal ini akan membuat semakin memburuknya mental seseorang yang memiliki pendapatan yang rendah.

  1. Keamanan

Meningkatnya kriminalitas, maka akan mempengaruhi rasa aman untuk orang kaya maupun yang berpenghasilan rendah. Banyak contoh tindakan kriminalitas yang membuat orang-orang selalu was-was dan waspada dengan lingkungan sekitar.

  1. Tingkat pendidikan rendah

Ketika pendapatan rendah tidak mungkin dapat memberikan pendidikan yang layak kepada anaknya. Hal ini membuat keadaan akan semakin parah. Apabila ini terjadi terus menerus maka permasalahan ini tidak akan terselesaikan, sehingga membutuhkan bantuan pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan ini.

  1. Kesehatan menurun

Pendapatan yang rendah membuat seseorang tidak begitu peduli dengan keadaan kesehatan diri sendiri. Apabila terjadi gejala penyakit yang masih ringan tidak begitu mempedulikan, nanti ketika sudah parah baru ketahuan. Penyakit juga didapatkan karena keadaan lingkungan tempat tinggal, terutama pemukiman kumuh.

  1. Hilangnya rasa persaudaraan

Semakin tingginya tingkat kesenjangan maka akan lebih memikirkan kebutuhan diri sendiri dari pada orang lain. Hal ini akan membuat hilangnya rasa persaudaraan dan tidak pernah mengunjungi tetangga atau saudara yang cukup jauh, bahkan kadang lingkungan sekitar pun tidak terlalu mengenal.

  1. Sulit dalam menentukan target pasar

Dilihat dari segi pemasaran sebuah produk, ketika kesenjangan semakin tinggi maka seorang pedagang akan merasa kesulitan dalam menetapkan target pasar yang paling tepat. Melihat tingkat pendapatan yang tidak tentu pada kalangan tertetu.

  1. Jumlah tenaga ahli terbatas

Keterbatasan dalam merasakan pendidikan formal, maka sangat sulit untuk menjadi seorang tenaga ahli dari dalam negeri. Ketika ingin memiliki jumlah tenaga ahli yang cukup maka membutuhkan bantuan pemerintah untuk mencari potensi yang dimiliki oleh seorang anak dalam berbagai daerah.

  1. Pendapatan nasional menurun

Semakin rendah pendapatan individu maka akan berdampak pada pendapatan nasional. Pendapatan nasional akan terus menurun seiring bertambahnya jumlah orang miskin di negara tertentu.

Namun penghitungan pendapatan nasional secara agregat kadang terlihat baik-baik saja sangat berbeda dilihat dari segi realita, karena kurangnya pemerataan pendapatan. Seseorang yang memiliki pendapatan tinggi, semakin tinggi dan yang berpendapatan rendah semakin rendah.

  1. Pembangunan nasional terhambat

Masyarakat dengan pendapatan nasional yang rendah, maka pemerintah akan memberikan bantuan kepada masyarakat melalui alokasi dana APBN.

Ketika semakin banyak yang dibantu maka uang APBN akan terserap dalam jumlah yang banyak dalam satu sektor saja, sehingga sektor lain tidak mendapatkan bagian yang cukup, sehingga dapat mengakibatkan pembangunan yang terhambat.

  1. Kesejahteraan menurun

Ketika pendapatan terus menurun, pasti kondisi ini akan berpengaruh pada kesejahteraan seseorang akan menurun hingga tidak dapat membiayai hidupnya sendiri. Ketika semua kondisi terjadi seperti ini maka kesenjangan akan semakin parah.

Kasus Kesenjangan Ekonomi

Analisis dari berbagai dampak yang ditimbulkan dari adanya kesenjangan ekonomi ini tentusaja tanpa lengkap jikalau tidak ditelusuri pula dengan kasus nyatanya. Dalam hal ini setidaknya ada fenomena sosial yang menarik untuk ditelisi dari kesenjangan ekonomi.

Contoh Analisis Kesenjangan Ekonomi

Misalnya saja adanya contoh konflik sosial yang terjadi di Provinsi Lampung, antara Suku Pribumi dan Pendatang. Di Lampung pernah terjadi konflik antara masyarakat asli dengan masyarakat Bali, tepatnya di Desa Balinuraga, Kabupaten Lampung Selatan.

Faktor terjadinya konflik ini sejatinya dalam beberapa pendapat pengamat ialah adanya kesenjangan ekonomi yang begitu terlihat dimana masyarakat pendatang, khususnya dalam kasus ini masyarakat Suku Bali lebih sejahtera dibandingkan dengan masyarakat asli Lampung yang mengakibatkan adanya kecemburuan sosial yang mendorong adanya keterlibatan konflik di dalamnya.

Nah, demikianlah setidaknya artikel yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca berkenaan dengan berbagai akibat adanya kesenjangan ekonomi yang ada di masyarakat dan contoh kasus analisisnya. Semoga bisa memberikan pemahaman bagi kalian yang membutuhkannya.

Sumber Tulisan
  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/kesenjangan_ekonomi
No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *