Contoh Westernisasi di Masyarakat Indonesia dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Westernisasi

Westernisasi bisa dikatakan menjadi salah satu prosesisasi masuknya unsur-unsur kebudayaan negara-negara barat, terutama negara di wilayah Eropa dan Amerika bagian utara. Westernisasi dalam kehidupan yang masuk dalam suatu kebudayaan non-barat akan memberikan banyak pengaruh terhadap tatanan dan keteraturan sosial yang akan terjadi.

Termasuk juga di Indonesia, yang beberapa dekade sejak kedatangan negara barat pada Abad ke-19 terjadinya berbagai contoh praktik westernisasi, meski tidak semuanya buruk akan tetapi kondisi ini perlu untuk dilakukan penyaringan (filternalisasi) terhadap arti budaya yang masuk.

Westernisasi

Westernisasi adalah prilaku seseorang dalam proses peniruan (imitasi) terhadap kebiasaaan yang dilakukan oleh masyarakat di dunia barat, seperti dari Eropa atau Amerika yang dianggapnya mewakili dunia modern. Prilaku ini dianggap tidak sesuai dengan kebiasaan yang dilakukan di daerah, apalagi Indonesia yang dikenal sebagai salah negara yang memegang teguh budaya timur.

Berperilaku seperti masyarakat ini akan mendorong dirinya untuk merasa lebih modern. Padahal tidak demikian karena yang ditiru mereka bukan ilmu pengetahuan atau keterampilan, melainkan pola, sikap, perilaku, kebiasaan dan lain-lain yang biasa dilihat dari televisi, film di bioskop atau gaya kelompok pemain musik yang menjadi panutannya.

Contoh Westernisasi

Westernisasi di Masyarakat
Westernisasi di Masyarakat

Berbagai pristiwa yang mengindikaskan westernisasi telah terjadi Indonesia, antara lain;

  1. Pergaulan Bebas

Bergaul dengan sesama masyarakat merupakan salah satu tujuan hidup, bergaul ini menjadikan manusia lebih mengenal dengan lingkungan sosialnya.

Akan tetapi dengan adanya dampak westernisasi pergaulan semakin bebas, kasus ini bisa ditemukan misalnya saja di dalam kehidupan sehari-hari kita seringkali melihat wanita yang bertemu teman dekat lelakinya yang telah lama tidak jumpa melakukan cium pipi kanan dan cium pipi kiri.

  1. Gaya Pakaian Yang Berlebihan

Contoh lainnya, mengenai pristiwa westernisasi dalam masyarakat adalah adanya sikap meniru secara berlebihan gaya pakaian (mode) yang selalu mengalami bentuk perubahan sosial dengan cepat. Gaya hidup dalam mode pakain yang dipergunakan oleh masyarakat barat dianggap tidak sesuai dengan keadaan atau kebudayaan di Indonesia, misalnya saja gaya mode ini berkaitan dengan memakai bikini.

  1. Gaya Bicara dan Sopan Santun

Contoh lainnya mengenai westernisasi dalam masyarakat, bisa dilihat pada beberapa aspek kehidupan. Yang mana banyak sekali masyarakat di sekitar kita meniru gaya bicara dan adat sopan santun pergaulan budaya barat. Misalnya saja dengan melewati orang yang lebih tua tidak menundukan badan, ataubahan mengecilkan suara saat bertemu dengan lawan biacara yang lebih tua.

  1. Merendahkan Bahasa Indonesia

Sikap merendahkan bahasa daerah atau bahkan bahasa Indonesia dengan mencampur adukan istilah dan ungkapan orang barat ke dalam bahasa Indonesia walaupun lawan yang diajak bicara tidak memahaminya, adalah bagian daripada contoh westernisasi di masyarakat Indonesia.

Misalnya saja saat menyapa orang lain yang ditemuinya, mempergunakan istilah seperti hallo, okey, Dad, bye, dan lain sebaginya.

  1. Pergi ke Diskotik

Contoh westernisasi dalam masyarakat yang saat ini sedang melanda Indonesia, diantaranya saat malam minggu atau di saat liburan.

Banyak masyarakat yang ada di sekeliling kita termasuk pada pemuda dan pemudi pergi ke ruang-ruang diskotik. Padahal diskotik sendiri diperoleh masyarakat Indonesia sebagai bagian daripada arti  asimilasi terhadap budaya barat.

  1. Merayakan Pesata Ulang Tahun dengan Mabuk-Mabukan

Berkaitan erat dengan westernisasi lainnya, adalah menyelenggarakan pesta-pesta yang dilakukan orang Barat, seperti pesta ulang tahun yang kemudian disertai dengan kegiatan minum-minuman keras. Kegiatan ini bisa berdampak negatif, karena selain memberikan efek yang tidak baik juga akan memberikah kerusakan pada otak para pemuda atau pemudi yang melakukanya.

  1. Seks Bebas

Mengenai westernisasi yang terkhir adalah prilaku yang dilakukan dengan seks bebas, prilaku ini dinggap kurang layak ada di Indonesia sebagai salah satu negara beragama. Prilaku atau kegiatan dengan seks bebas bukan hanya merugikan untuk dirinya sendiri akan tetapi juga merugikan masyarakat yang ada di sekitaranya.

Dampak Westernisasi

Dampak westernisasi yang terjadi dalam masyarakat, terbagi menjadi dua. Yakni, dampak positif dan dampak negatif. Penjelasannya sebagai berikut;

Positif

Antara lain;

  1. Banyak Unsur Budaya

Dengan adanya westernisasi membuat masyarakat semakin banyak unsur kebudayaan yang masuk, hal ini tentusaja menjadi salah satu faktor pendorong perubahan sosial dalam masyarakat.

Jika dilakukan dengan menjalankan sistem sosial dalam manejemant yang baik maka masyarakat akan bisa membuatnya sebagai solusi dalam mengetasi permasalahan sosial yang terjadi, akan tetapi jika tidak hal ini akan merusakn tatanan sosial dalam masyarat.

  1. Munculnya ide-ide baru untuk mengikuti kemajuan IPTEK

Munculnya ide-ide baru dari budaya barat juga banyak yang dapat diadopsi di Indoneisa dan justru membantu memudahkan kita dalam beraktifitas, misalnya berubahnya cara berkomunikasi dengan kemampuan menggunakan smartphone di semua lapisan masyarakat.

Negatif

Antara lain;

  1. Keteraturan Sosial Terancam

Berkembangnya westernisasi dalam masyarakat akan menjadi kerusakan dalam keteraturan sosial, kondisi ini sangat dipengaruhi pada keadaan yang berbeda dalam kehidupan masyarakat. Banyak contoh penyimpangan sosial yang tidak sesuai pada akhirnya akan menjadikan keteraturan sosial terancam.

  1. Pola Interaksi Sosial Berubah

Selain dalam merusak keteraturan sosial dalam masyarakat, westernisasi juga akan mempercepat pola interaksi sosial yang ada. Interaksi sosial akan bergerak searah dengan perkembangan dan kamjuan akibat westernisasi, akibatnya norma serta nilai sosial yang dijalankan tidak sesuai dengan hakekat hidup masyarakat Indonesia.

  1. Globalisasi Menjadi Tidak Aman

Dampak lainnya, dari westernisasi ialah terjadi proses globalisasi yang tidak aman. Hal ini di dasari pada pengertian globalisasi itu sendiri yang akan ada dalam kehidupan masyarakat sebagai proses ekonomi dan sosial. Keadaan ini tentusaja akibat westernisasi bentuk akulturasi serta asimilasi akan sulit dikendalikan.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan jikalau westernisasi pada dasarnya terbentuk dari istilah yang di dalamnya terdapat kata “West” artinya barat. Hal ini megindikasikan bahwa apa yang dilakukan dalam tidakan pengaruh westernisasi adalah tindakan peniruan gaya hidup masyarakat dengan orang barat, bukan pada ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa berperilaku seperti orang Barat.

Sehingga atas berbagai contoh westernisasi yang ada di dalam kehidupan masyarakat Indonesai dalam kehidupan sehari-hari tersebut dapat dikatakan bahwa peniruan model barat kadangkala dianggap mewakili dunia modern yang dapat menimbukan berbagai dampak negatif dalam kehidupan masyarakat.

Demikianlah penjelasan dan pembahasan secata lengkap mengenai contoh westernisasi serta dampaknya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan.

Rating: 3.2/5. From 5 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *