Fungsi Bisnis Secara Umum di Masyarakat

Diposting pada

Fungsi Bisnis Secara Umum

Salah satu hal yang dilakukan untuk menghasilkan uang ialah dengan cara melakukan kegiatan bisnis. Saat ini banyak jenis bisnis yang dapat kita lakukan menyesuaikan dengan kemampuan dan kemauan kita dalam bidang tertentu.

Setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda-beda dalam dunia bisnis yang berkaitan dengan bentuk sistem perekonomian.

Bisnis

Bisnis adalah serangkaian bentuk kegiatan usaha yang berkaitan dengan transaksi jual beli atas barang atau jasa kepada konsumen. Secara bahasa bisnis berasal dari Bahasa Inggris yang memiliki kata dasar busy  yang berarti sibuk.

Bisnis yang dilakukan oleh seseorang biasanya memiliki tujuan yang berbeda-beda. Akan tetapi tujuan bisnis ada dua yaitu profit dan non profit. Profit memiliki arti setiap usaha yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang dapat digunakan untuk kepentingan pribadi. Bisnis non-profit biasanya berkaitan dengan usaha pada bidang organisasi sosial atau pendidikan.

Realitas ini misalnya pada proses pembagian paling sederhana ialah pemilik usaha dan pekerja. Ketika bisnis telah berkembang maka dapat menyusun struktur lain yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam melakukan kegiatan bisnisnya. Manfaat bisnis yang dijalankan oleh seseorang bukan hanya untuk pribadi namun juga untuk kepentingan bersama. Pihak-pihak yang terkait dengan kegiatan bisnis tersebut. Manfaat secara material atau non material dapat tercipta secara sadar atau tidak sadar.

Fungsi Bisnis

Bisnis dapat dilakukan dengan orientasi profit atau non profit tergantung pada pemilik bisnis tersebut. Ketika jumlah pebisnis dalam suatu daerah banyak maka fungsi dari bisnis akan semakin terasa. Bisnis yang kita laksanakan secara langsung atau tidak langsung akan memberikan dampak pada kehidupan sehari-hari.

Fungsi bisnis secara umum antara lain;

  1. Menciptakan nilai guna produk

Ketika melakukan kegiatan bisnis maka akan menambah nilai guna produk tertentu. Nilai guna barang atau jasa suatu produk dapat dilihat dari jumlah uang yang digunakan agar dapat menikmatinya. Semakin banyak barang atau jasa yang ditawarkan dengan diimbangi jumlah permintaan yang sepadaan akan semakin terasa manfaatnya.

Nilai guna produk akan lebih bermanfaat ketika sampai pada konsumen akhir yang membutuhkan. Kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi dan barang yang diproduksi terjual sehingga menghasilkan pendapatan sesuai dengan usaha yang dijalankan.

  1. Memindakan bentuk

Maksud dari fungsi tersebut ialah mengubah bahan tertentu menjadi bentuk yang lain yang memiliki manfaat lebih banyak bagi manusia. Hal tersebut tentu dipengaruhi oleh inovasi yang dilakukan oleh pemilik usaha. Pemilik usaha akan terus melakuka inovasi. Inovasi sangat penting dilakukan untuk kemajuan bisnis yang dilakukan.

Misalnya kita memproduksi es batu. Awal bentuk dari es batu tersebut adalah cair atau dapat kita sebut air. Air tersebut dengan sentuhan seorang pebisnis akan berinovasi menjadi berbagai jenis olehan makanan salah satunya es batu.

  1. Mengubah kepemilikan produk

Bisnis membuat kepemilikan suatu produk dapat berpindah dari orang satu dengan yang  lain. Kepemilikan produk yang awalnya dari perusahaan dapat menjadi milik pribadi. Hal tersebut dapat dimiliki seseorang dengan jumlah pengorbanan nilai tertentu. Hal tersebut dilakukan dalam sebuah transaksi jual beli.

Ketika barang belum sampai pada pengguna akhir atau konsumen maka kepemilikan atas produk akan terus berubah. Hal ini memang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, sehingga membentuk rantai pasok yang sangat panjang.

  1. Menunda penggunaan produk

Seorang pebisnis membeli dalam jumlah yang banyak tidak digunakan sendiri namun akan menyalurkan kepada berbagai pihak. Penundaan yang dilakukan bertujuan untuk melakukan kegiatan distribusi. Orang tersebut akan menjual barang tersebut kepada pengguna terakhir yang biasa disebut sebagai pelanggan.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena dengan adanya pebisnis dapat menikmati barang yang tidak dapat ia produksi sendiri. Masyarakat dapat mendapatkan dengan cara membeli produk tersebut.

  1. Mencari bahan mentah

Ketika ingin mengembangkan usaha maka membutuhkan bahan mentah sebagai bahan dasar usaha yang dijalankan. Bahan mentah tersebut kemudian akan diproses menjadi produk yang lebih bermanfaat. Pemanfaatan bahan mentah sangat beragam sesuai dengan keinginan pihak-pihak terkait.

Bahan akan lebih bermanfaat ketika berada ditangan pebisnis dengan segala inovasi dan kemampuannya. Bahan mentah yang semula tidak memiliki manfaat ketika dihadapan seorang pebisnis maka akan dimanfaatkan sedemikian rupa.

  1. Memanfaatkan peluang usaha

Seseorang yang berada di lingkungan bisnis akan dapat dengan mudah menemukan jenis usaha yang sedang dibutuhkan oleh pangsa pasar. Hal tersebut membuat seorang pebisnis terus melakukan pengamatan untuk melakukan usaha sesuai dengan kebutuhan. Pemanfaatan peluang usaha merupakan fungsi secara umum yang berada di lingkungan masyarakat.

Peluang usaha belum tentu ditangkap oleh semua orang hanya orang tertentu yang mampu membaca dan memanfaatkan peluang itu. Peluang yang di manfaatkan dengan baik maka akan membuat orang lain merasakan dampak dari bisnis tersebut.

  1. Menambah nilai guna bahan

Seorang pebisnis akan melakukan kegiatan produksi dan jenis distribusi. Hal tersebut akan menambah nilai guna suatu barang. Output yang dihasilkan dari hasil produksi tersebut disebut barang jadi. Tentu barang jadi memiliki manfaat yang lebih banyak dibanding bahan mentah.

Nilai guna tersebut dapat dirasakan ketika dalam melakukan kegiatan produksi memang memiliki tujuan akan hal tersebut. Apalagi dengan inovasi pelaku bisnis akan semakin menambah nilai guna hasil produksi.

  1. Mendapatkan tambahan penghasilan

Kegiatan bisnis yang dilakukan oleh seseorang dapat menghasilkan uang dari hasil bisnis yang dilakukan. Hasil kegiatan bisnis tersebut berupa tambahan pendapatan atas usaha yang dilakukan. Sejumlah uang tersebut dapat dikatakan sebagai tambahan penghasilan apabila jenis usaha yang dilakukan kecil-kecilan.

Pebisnis yang dapat mengembangkan usahanya maka dapat dijadikan sebagai penghasilan utama. Ditambah dengan relasi yang dibentuk atas kemampuan individu tersebut tentu akan mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan kerja keras yang dilakukan.

  1. Menciptakan lapangan pekerjaan

Pengertian inovasi bisnis yang dilakukan oleh seseorang dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar atau tenaga ahli yang sesuai. Ketika banyak orang yang memiliki bisnis maka jumlah pengangguran akan berkurang dan kesejahteraan masyarakat bertambah. Kesejahteraan tersebut dapat dilihat dari jumlah penghasilan atau yang lainya.

Apalagi jenis bisnis padat karya yang membutuhkan banyak pekerja dalam pengerjaannya. Bisnis jenis ini sangat dianjurkan oleh masyarakat dan akan menciptakan kemandirian masyarakat dalam bidang ekonomi.

  1. Meningkatkan perekonomian suatu daerah

Bisnis merupakan pendorong dalam kegiatan lembaga ekonomi. Ketika kita dapat melakukan kegiatan bisnis dengan baik maka dapat menjadi bentuk kontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kesejahteraan yang dimaksud dapat dilihat dari tingkat konsumsi masyarakat.

Binis yang dijalankan diharapkan dapat berkembang pesat dan dapat berkontribusi pada ringkat nasional bahkan internasional. Ketika pendapatan atas bisnis yang diajalankan telah mencapai batas minimal pengenaan pajak. Pajak yang dibayar oleh pemilik bisnis akan memberikan kontribusi mendapat pendapatan daerah bahkan nasional.

Bentuk Binis

Bentuk bisnis yang dapat dijalankan sangat beragam, antara lain;

  1. Bentuk Perseoran
  2. Perseorangan
  3. Persekutuan
  4. Koperasi

Pebisnis juga dapat menentukan jenis usaha yang akan dilakukan pada bidang tertentu, misalnya saja bidang manufaktur, jasa, pengecer, bidang pertanian, pertambangan, keuangan, teknologi, transportasi, atau bisnis online.

Apabila mengikuti tren saat ini maka kita dapat memilih untuk membuat usaha atau bisnis online. Bisnis ini dapat dipilih karena modal yang harus dimiliki tidak terlalu banyak. Dapat memanfaatkan paltform tertentu yang digunakan sebagai tempat mengambil barang.

Bisnis online dengan memanfaatkan arti media sosial dapat dikatakan modal murah karena tidak perlu tempat yang luas untuk produknya. Display barang juga tidak harus dalam jumlah banyak, bahkan dapat menerapkan sistem preorder dengan jaminan yang jelas.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapat dikatakan bahwa fungsi bisnis secara umum merupakan bagian dari kegitan ekonomi dengan lingkup yang berbeda-beda tergantung besarnya usaha. Semakin besar bisnis yang dilakukan maka fungsi tersebut akan mencakup ranah yang lebih luas.

Hal ini lantaran ketika menjalankan bisnis maka akan tersusun sebuah organisasi profesi agar tercipta keteraturan yang diinginkan. Bisnis kecil sekalipun akan tetap melakukan pembagian jenis tenaga kerja agar tidak ada yang merasa keberatan atas tugas yang dikerjakan.

Itulah tadi artikel yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca berkenaan dengan bentuk dan fungsi bisnis secara umum yang ada di masyarakat. Semoga bisa memberikan pemahaman bagi kalian yang pada saat ini sedang membutuhkannya.

Daftar Sumber Tulisan
  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/bisnis
  • Pride, Hughes, dan Kapoor. 2014. Pengantar Bisnis Edisi 11. Jakarta: Penerbit Salemba Empat
No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *