Contoh Kasus Rasisme di Masyarakat

Diposting pada

Rasisme di Masyarakat
Lingkungan sosial merupakan tempat dimana manusia saling melakukan bentuk interaksi sosial dengan satu dengan yang lain. Seseorang yang mampu bersosialisasi dengan baik maka akan diterima di lingkunganya. Ketika kita pada posisi minoritas pasti akan merasa bingung dalam menyesuaikan dengan lingkungan.

Apabila lingkungan tidak dapat menerima dengan baik maka minoritas akan menjadi sasaran diskriminasi. Diskriminasi yang berkaitan dengan asal, ras, dan suku seseorang maka akan menimbulkan suatu tindakan rasisme yang pada kenyataannya pernah terjadi di masyarakat Indonesia dan dunia.

Rasisme

Ketika membahas arti suku, makna ras, agama, dan identitas suatu daerah maka kita rawan dengan kasus rasisme. Rasisme adalah penekanan pada ras atau perbedaan sosial budaya. Rasisme ini akan menimbulkan bagi individu atau kelompok masyarakat yang merasa di diskriminasi.

Kasus rasisme banyak terjadi di berbagai negara dengan segala contoh permasalahan sosial yang mengikutinya. Latar belakang terjadinya rasisme berbeda-beda tetapi memiliki permasalahan yang berkaitan dengan bangsa tertentu.

Bentuk rasisme dapat dilakukan secara verbal dan non verbal, bahkan terdapat beberapa kasus dengan tindakan dalam arti kriminalitas. Negara dengan minoritas tertentu sering menjadi korban rasisme di lingkungan sekitar, bahkan dilakukan oleh aparat keamanan.

Contoh Rasisme

Berikut merupakan beberapa contoh kasus rasisme yang pernah ada di beberapa negara yang ada di dunia. Terdapat beberapa kasus yang mendapatkan solusi namun juga ada yang membiarkan kasus itu begitu saja tanpa ada proses hukum.

  1. Polisi terhadap remaja Israel Juli 2019

Salah satu rasisme yang dilakukan oleh seorang oknum polisi kepada remaja Israel. Arti remaja yang dibunuh tersebut ialah seorang remaja kulit hitam. Akibat kasus tersebut membuat banyak orang turun ke jalan untuk melakukan demonstrasi.

Pelaku tindakan sosial tersebut tidak diberi sanksi hukum semestinya, sehingga membuat masyarakat geram. Kemarahan masyarakat bertambah ketika pelaku menjadi tahanan dalam rumah. Hal tersebut tidak sesuai dengan apa yang dituntut oleh masyarakat.

  1. Mahasiswa Arab Saudi di Eropa

Mahasiswa Arab Saudi yang belajar di Eropa sering menjadi korban rasisme. Rasisme ini biasa dilakukan oleh sesama mahasiswa yang belajar di eropa. Peristiwa ini terjadi sekitar bulan oktober 2015.

Negara di Eropa yang pernah melakukan rasisme terhadap mahasiswa asal Arab Saudi antara lain, Austria, Hungaria, Republik Ceko, Slovakia, Rumania, dan Slovenia. Rasisme tersebut dirasaksn oleh 600 mahasiswa yang belajar di universitas di Eropa.

  1. Umat Islam di India

Umat Islam di India harus menerima perlakuan dari masyarakat India karena dianggap sebagai penyebar virus corona. Umat muslim India di anggap menganggu masyarakat lain kerena masih melakukan ibadah di masjid secara berjamaah.

Rasisme dalam kerukunan umat beragama ini sampai melarang umat Islam mengumandangkan adzan, karena dianggap memanggil para jamaah lain. Rasisme ini terus berkembang hingga menganggu masyarakat muslim di India.

  1. Amerika tahun 1919

Kasus kekerasan yang terjadi dimana-mana. Banyak terjadi pembunuhan tanpa sebab yang dilakukan oleh oknum polisi terhadap ciri kelompok sosial masyarakat kulit hitam. Nama seorang remaja yang dibunuh pada kasus ini ialah Eugene Williams.

Kejadian tersebut terjadi tepat ada tanggal 27 Juli 1919. Kasus tersebut menimbulkan dampak yang besar. Terdapat demo besar-besaran pasca pembunuhan tersebut. Pembunuhan tanpa alasan ini juga tidak dapat diungkap dengan jelas.

  1. Kematian George Floyd di Amerika

Kasus rasisme yang terjadi baru-baru ini di pada tahun 2020 yang menimbulkan banyak masalah. Masalah sosial tersebut timbul akibat perlakuan oknum polisi yang menghakimi George Floyd sampai kehilanggan nyawa.

Akibat kasus tersebut banyak terjadi demostrasi di Amerika Serikat. Demontrasi tersebut terjadi selama beberapa hari hingga tindakan nyata yang dilakukan oleh kepolisian untuk menindak secara hukum dan meredam amarah masyarakat.

  1. Masyarakat Papua

Rasisme yang juga menjadi masalah sosial di Indonesia dan kerap terjadi adalah masyarakat Papua. Masyarakat Papua sering menjadi korban rasisme diberbagai tempat. Rasisme tersebut disebabkan oleh perbedaan warna kulit yang mencolok. Banyak orang yang menganggap masyarakat Papua berbeda dengan masyarakat lain.

  1. Maskapai KLM

Kasus rasisme yang baru saja terjadi di masa pandemi virus corona. Rasisme itu dilakukan oleh maskapai penerbangan Belanda KLM Royal Dutch Airline. Rasisme yang dilakukan ialah sikap awak kabin KLM yang melarang salah satu penumpang asal Korea Selatan untuk menggunakan toilet karena dikhawatirkan akan menyebarkan virus corona. Tindakan yang dilakukan membuat beberapa pihak tersinggung dan menganggap sebagai tindakan diskriminasi.

Kejadian tersebut terjadi pada 13 Februari 2020. Pihak maskapai telah menyampaikan permohoman maaf kepada pihak terkait. Menurut berita kompas.com menyatakan bahwa permintaan maaf tersebut terjadi satu hari setelah kejadian yaitu tanggal 14 Februari 2020.

  1. Mahasiswa Indonesia di Jerman

Mahasiswa Indonesia menjadi korban rasisme di Jerman. Hal tersebut terlihat pada media sosial milik himpunan mahasiswa pelajar Indonesia. Rasisme kerap dilakukan oleh mahasiswa di Jerman kepada mahasiswa Indonesia.

Mahasiswa Jerman sering mengatakan “Konnichiwa” atau “NI Hao” kepada mahasiswa Indonesia, karena dikira berasal dari Jepang atau China. Hal tersebut sering terjadi di tempat umum. Bahkan masyarakat Jerman juga sering melakukan hal yang sama kepada mahasiswa Indonesia.

  1. Masyarakat China di Australia

Masyarakat turunan cina menjadi korban rasisme di Australia. Rasisme ini semakin gencar terjadi setelah adanya wabah Corona. Sentimen terhadap keturunan China semakin meningkat dan membuat masyarakat merasa tidak aman.

Rasisme tersebut semakin gencar hingga melakukan tindakan pelecehan. Akibat peristiwa tersebut beberapa orang melaporkan kepada pihak terkait agar ditangani.

  1. Asrama Papua di Surabaya

Tindakan rasisme terjadi di asrama papua yang ada di Surabaya. Terdapat banyak orang yang melakukan pemeriksaan dalam kasus ini, sehingga ditetapkan beberapa tersangka yang terlibat dalam kasus ini.

Dampak dari kasus ini membuat masyarakat di Jayapura melakukan demonstrasi besar-besaran. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk solidaritas masyarakat Papua. Kasus ini juga menimbulkan banyak kerusakan di Jayapura.

  1. Miss Universe Malaysia

Rasisme yang dilakukan oleh Miss Universe ini melalui komentar yang dilontarkan olehnya terkait dengan kasus Georgeo Floyd. Komentar yang dilontarkan dianggap salah satu bentu rasisme. Miss Universe terancam dicabut gelarnya akbit ucapannya.

  1. Sepak Bola di Italia

Rasisme yang terjadi pada saat perlombaan sepak bola. Kasus rasisme ini terjadi pada salah satu pemain yaitu Mario Balotelli. Rasisme ini sering terjadi pada saat pelaksanaan pertandingan di Stadion.

Bahkan Balotelli sampai mengatakan bahwa ia tidak apa-apa di kritik terkait permainannya di lapangan asalkan jangan melakukan rasisme. Hal tersebut sangat menganggu untuk Balotelli. Kasus ini belum diketahui tindak lanjutnya.

  1. Rasisme di Jepang

Masyarakat Jepang memiliki pandangan yang cukup aneh terhadap penduduk negara lain. Mayarakat memiliki tingkat toleransi yang rendah terhadap masyarakat lain. Arti toleransi yang rendah menimbulkan banyak masalah salah satunya adalah rasisme.

Masyarakat Jepang memiliki rasa bangga yang berlebih terhadap dirinya sendiri. Rasa bangga tersebut membuat masyarakat menganggap remeh penduduk sari negara lain. Mereka merasa ingin dihormati dan dianggap terhormat, istilah ini juga dikenal dengan primordialisme.

  1. Rasisme di Inggris

Rasisme yang terjadi di Inggris biasnya terjadi kepada para imingran asal India dan masyarakat kulit putih yang bersal dari Amerika dan Irlandia. Banyak tindakan diskriminasi yang dilakukan oleh masyarakt kulit hitam dan beberapa negara kulit putih. Rasisme di Inggris ini sulit dihilangkan karena masih memiliki pandangan ang sulit diubah.

  1. Rasisme di India

Rasisme di India sangat terlihat dari unsur budaya yang ada. Arti budaya yang dimaksud ialah adanya kasta pada status sosial di setiap masyarakat. Kita tahu anatara kasta satu dengan yang lain memiki keistimewaan tersendiri.

Diskriminasi sangat terlihat untuk orang-orang yang ada India. Terutama untuk seseorang yang memiliki kasta paling rendah, maka akan menjadi bahan ejekkan bahkan kadang tidak memiliki hak yang sama dengan kasta lainnya. Sistem kasta ini merupakan sebuah sistem turun temurun yang mengatur peran sosial sehingga sangat sulit untuk menghilangkan sistem tersebut.

Kesimpulan

Dari berbagai contoh yang telah dikemukakan dapatlah dikatkan bahwa rasisme tidak dapat hilang dari dunia mengingat semua berkaitan dengan budaya dan kepercayaan seseorang. Akan tetapi meski demikian bentuk rasisme dapat dikurangi dengan melakukan beberapa hal yang dapat menumbuhkan rasa sadar dari dalam diri.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami berikan ulasan secara mendalam pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh kasus rasisme yang pernah ada di masyarakat Indonesia dan Dunia. Semoga bisa memberikan pemahaman bagi kalian yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *