10 Contoh Perubahan Kecil dalam Masyarakat di Keseharian

Diposting pada

Contoh Perubahan Sosial Kecil

Perubahan sosial memiliki beberapa definisi dan sangat kompleks. Namun, sebagai manusia yang hidup di dunia ini, memahami beragam bentuk perubahan sosial dan bagaimana hal tersebut berperan dalam kehidupan kita secara historis, akan mampu untuk memungkinkan kita untuk memacu perubahan sosial sekarang dan di masa depan.

Disisi lainnya, setidaknya proses terjadinya perubahan sosial ini ada yang memberikan pengaruh kecil. Prihal kasusnya seperti misalnya saja penggunaan uang digital yang notabene hanya dilakukan pada masyarakat di perkotaan adapun dalam kehidupan masyarakat pedesaan kurang begitu nampak terasa.

Perubahan Kecil

Perubahan kecil adalah bagian daripada arti perubahan sosial yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kehidupan masyarakat secara keseluruhan. Dimana untuk terjadinya perubahan kecil tidak tersebut akan merubah struktur sosial masyarakat.

Sehingga dengan kata lain, bagian daripada perubahan kecil adalah perubahan sosial yang tidak menyangkut seluruh unsur masyarakat dan tidak menyebabkan perubahan tipe lembaga sosial yang ada di masyarakat karena biasanya terjadi dalam lingkup individu dan dilakukan oleh perorangan.

Contoh Perubahan Kecil

Contoh adanya perubahan sosial kecil di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya;

  1. Perubahan mode pakaian

Perubahan mode pakaian atau fashion merupakan contoh perubahan kecil karena tidak menyebabkan berubahnya struktur sosial dalam masyarakat. Perubahan mode pakaian tersebut misalnya pada zaman dahulu wanita yang tinggal di Jawa biasanya memakai kebaya, tapi sekarang semakin banyak variasi model pakaian yang bisa dipilih untuk digunakan.

Jika dulu masih jarang perempuan yang memakai hijab, saat ini hijab sudah menjadi tren karena hampir semua wanita muslim menggunakan hijab dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun demikian, perubahan tersebut tidak menimbulkan konflik sosial yang besar di dalam masyarakat karena masyarakat dapat menerima dan mengikuti perubahan tersebut dengan baik.

  1. Perubahan mode aksesoris

Perubahan mode akseseoris termasuk perubahan kecil karena tidak semua orang akan mengikuti perubahan tersebut.

Perubahan mode aksesoris biasanya mengikuti perubahan mode lainnya. Sebagai contoh, karena saat ini hampir semua wanita muslimah mengenakan hijab, maka aksesoris yang digunakan untuk berhijab pun semakin beragam dan mengikuti tren. Contoh lain misalnya adanya konektor masker yang digunakan oleh wanita berhijab ketika mereka menggunakan masker.

  1. Perubahan mode sepatu

Perubahan model sepatu termasuk contoh perubahan kecil karena tidak berpengaruh signifikan terhadap masyarakat keseluruhan. Atau dengan kata lainnya, ketika ada sepatu dengan model atau gaya terbaru, tidak semua orang akan berbondong-bondong untuk membelinya demi mengikuti tren. Biasanya tren terbaru tersebut diikuti oleh para remaja yang memang ingin terlihat modis.

  1. Perubahan model handphone

Tidak semua orang akan mengganti handphone yang dimiliki dengan model keluaran terbaru dalam waktu bersamaan. Oleh sebab itu, bagian daripada perubahan model handphone termasuk contoh perubahan sosial kecil.

Meskipun saat ini hampir semua orang sudah memiliki smartphone, tapi produses-produsen smartphone selalu berusaha untuk menghasilkan produk-produk terbaru dengan fitur yang lebih canggih. Biasanya hanya beberapa orang saja yang akan mengganti handphone dengan keluaran terbaru karena kebutuhan atau hanya untuk gengsi.

  1. Perubahan gaya rambut

Perubahan gaya rambut termasuk contoh perubahan kecil karena tidak semua orang akan mengikuti tren gaya rambut terbaru. Tren gaya rambut biasanya dipengaruhi oleh aktris/aktor yang sedang naik daun atau popular dan diidolakan banyak orang. Orang-orang yang mengidolakannya kemudian akan mengikuti gaya rambut sang artis/aktor tersebut.

  1. Perubahan gaya hidup (lifestyle)

Perkembangan teknologi digital semakin memudahkan dan memanjakan kehidupan masyarakat. Sebagai contoh dalam hal ini gaya hidup seseorang bisa memesan makanan melalui aplikasi yang ada smarphone mereka tanpa harus bosan mengantri karena dating sendiri ke tempat penjual makanan yang mereka inginkan.

Selain itu, masyarakat saat ini juga sudah banyak yang menggunakan aplikasi belanja online, sehingga mereka tidak perlu datang langsung ke toko yang dituju. Mereka dapat membeli barang yang lokasinya jauh dari rumah mereka karena nanti aka nada kurir yang mengantarkan barang pesanan mereka sampai ke rumah.

  1. Perubahan tata karma

Tata krama adalah kebiasaan adat sopan santun yang disepakati oleh suatu masyarakat dalam lingkungan pergaulan mereka. Seiring masuknya pengaruh budaya luar yang seringkali kurang sesuai dengan budaya lokal menyebabkan tata karma yang dimiliki oleh para muda-mudi saat ini mengalami perubahan.

Misalnya, unsur budaya kita mengajarkan agar menundukkan badan ketika lewat di depan orang yang lebih tua sebagai tanda mengormati, tapi saat ini para remaja yang kurang mendapatkan sosialisasi terkait hal itu seringkali mengabaikan pentingnya menjaga tata karma tersebut.

  1. Perubahan cara bicara

Perubahan cara bicara biasanya paling terlihat ketika orang desa yang baru pulang merantau dari kota, misalnya Jakarta.

Karena saat di kota sudah terbiasa berbiaca dengan mengikuti gaya orang Jakarta yang menyebut aku dengan “gue” dan kamu dengan “lo”, maka saat orang yang merantau pulan ke desa, dia masih menggunakan gaya bicara gue-lo saat berbicara dengan para tetangga atau teman-temannya di desa.

  1. Perubahan kebiasaan hidup masyarakat akibat pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 mengakibatkan perubahan kebiasaan hidup masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam hal menjaga kesehatan agar tidak tertular virus tersebut, masyarakat harus menerapkan protocol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak satu sama lain.

  1. Pengangguran

Pengangguran adalah suatu kondisi ketika seseorang yang secara aktif mencari pekerjaan tidak dapat menemukan pekerjaan. Hal ini termasuk perubahan kecil karena adanya pengangguran tidak merubah struktur sosial dalam masyarakat.

Kecuali jika ada PHK besar-besaran terhadap tenaga kerja yang dapat berpengaruh besar terhadap perekonomian negara, maka tidak menutup kemungkinan adanya jenis pengangguran bisa mengarah pada perubahan besar.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya contoh perubahan sosial berpengaruh kecil di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian semuanya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.