Contoh Pertikaian di Masyarakat yang Pernah Terjadi

Diposting pada

Contoh Kasus Pertikaian

Dalam interaksi sosial yang terjadi antara individu dengan individu lain, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok tentunya tidak selalu berjalan lancar atau menunjukkan interaksi yang positif, tapi ada pula interaksi yang mengarah pada suatu perpecahan, misalnya yaitu terjadinya pertikaian.

Pertikaian ini dianggap sebagai suatu proses sosial dan interaksi sosial yang terjadi dengan cara menjatuhkan pihak lain dengan disertai tindakan kekerasan mapun acaman. Adapun untuk contoh di masyarakat yaitu pertikaian yang terjadi antara sesama geng motor, pertikaian antara dua anak kecil yang saling memperebutkan mainan, dan lain sebagainya.

Pertikaian

Pertikaian adalah proses sosial yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk mengalahkan pihak lain yang terjadi karena semakin tajamnya perbedaan diantara pihak-pihak tersebut yang pada akhirnya dapat mengakibatkan amarah dan rasa benci untuk kemudian mendorong munculnya tindakan untuk melukai, menghancurkan, atau menyerang pihak lain.

Terjadinya pertikaian dapat menimbulkan dampak negatif dalam kehidupan, diantaranya yaitu menyebabkan rusaknya kerukunan beserta keteraturan sosial diantara pihak-pihak yang terlibat dalam pertikaian, merugikan kedua belah pihak yang bertikai, baik secara material ataupun non material, bahkan mungkin merugikan orang lain yang tidak terlibat, memicu terjadinya disintegrasi sosial dalam masyarakat, dan lain-lain.

Contoh Pertikaian

Adapun untuk contoh adanya pertikaian yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Bentrok antar-suku di Papua Nugini

Pada tanggal 10 Juli 2019 terjadi bentrok berdarah antara suku Raipbo dan Suku Pulgma Nambka yang diawali oleh perebutan kekuasaan atas cadangan emas lokal di Provinsi Hela, dataran tinggi Papua Nugini. Kedua kelompok suku saling bersengketa dalam kaitannya dengan permasalahan pembagian wilayah dan kekayaan sumber daya di dalamnya.

  1. Bentrokan antar-suku di Nusa Tenggara Timur (NTT)

Bentrokan antar-suku juga terjadi di NTT yang terjadi pada 5 Maret 2020 lalu. Bentrokan tersebut dilatarbelakangi oleh konflik perebutan lahan yang belum diketahui secara pasti kronologi kejadiannya. Akibat yang ditimbulkan dari bentrokan itu adalah tewasnya sejumlah warga Desa Desa Sandosi, Kecamatan Witihama, di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, NTT.

  1. Perang antar-suku di Sentani Papua

Selain di NTT, pertikaian antar-suku pada 19 April 2020 juga terjadi di Sentani Papua. Konflik terjadi antara ratusan warga dari Kampung Kehiran dan Kampung Toware Sentani, Kabupaten Jayapura. Masing-masing kelompok warga tersebut membawa senjata tajam seperti panah, parang, dan tombak.

Akibat yang ditimbulkan yaitu terbakarnya sejumlah rumah warga serta sedikitnya 8 orang warga mengalami luka-luka.

  1. Tawuran antarpelajar

Tawuran antapelajar juga termasuk salah satu contoh pertikaian karena adanya kenakalan remaja. Tawuran tersebut biasanya dipicu oleh faktor internal maupun eksternal.

Faktor internal misalnya remaja megalami krisis identitas, kontrol diri yang lemah, tidak mampu menyesuaikan diri, dan lain-lain. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu pengaruh media, pengawasan orang tua yang tidak memada, tekanan teman sebaya, dan lain-lain.

  1. Tawuran antarwarga

Pada 4 Septermber 2019 terjadi tawuran di Kawasan Manggarai yang melibatkan warga dari Tenggulun (Jakarta Pusat) dan warga dari Manggarai (Jakarta Selatan). Dalam tawuran tersebut, warga bukan hanya saling melempar batu tapi juga menggunakan senjata tajam seperti celurit.

  1. Konflik antargeng motor

Pada 23 September 2020 terjadi arti konflik antargeng motor di Bintaro yang menyebabkan tewasnya seorang laki-laki Bernama Toto Handoyo dan satu orang lainnya mengalami luka-luka akibat pembacokan. Polisi telah mengetahui identitas kelompok yang dengan nama Moonraker.

  1. Bentrok antara satpol PP dengan warga

Pada 25 Juli 2019 terjadi bentrokan antara warga dengan petugas Satpol PP di Jalan Bougenville Raya, Jakasampurna, Bekasi Barat. Bentrokan tersebut disebabkan karena penolakan warga terkait penggusuran bangunan semi permanen yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bekasi.

  1. Bentrokan di Yerusalem Timur

Terjadi bentrok antara kepolisian dan pemukim Yahudi dengan warga Palestina yang menyusul aksi penggusuran di Yerusalem Timur pada 7 Mei 2021. Bentrokan tersebut dipicu oleh tuntutan organisasi Israel yang mengklaim kepemilikan rumah keluarga pengungsi Palestina.

  1. Demonstrasi mahasiswa tahun 1998

Pada tanggal 12 Mei tahun 1998 lalu, terjadi demonstrasi yang dilakukan oleh para mahasiswa yang berjalan dari Universitas Trisakti menuju Gedung MPR/DPR. Dalam peristiwa tersebut, aparat keamanan menembaki para mahasiswa yang menjadi demonstran sehingga menewaskan 4 orang mahasiswa dan melukai mahasiswa-mahasiswa lainnya.

  1. Demonstrasi buruh

Pada 9 November 2020 lalu, kelompok penekan buruh melakukan unjuk rasa terkait penolakan terhadap UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Terjadinya arti demonstrasi berlangsung di depan gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya contoh kasus pertikaian di masyarakat yang pernah terjadi dan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja memberikan wawasan bagi kalian semuanya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *