Pengertian Pekerja Sosial, Konsep, Tugas, Peran, dan Contohnya

Diposting pada

Pekerja Sosial Adalah

Pekerjaaan merupakan salah satu aspek yang penting bagi kelangsungan hidup seseorang. Banyak orang yang bekerja bukan untuk dirinya sendiri melainkan untuk kepentingan orang banyak. Mereka bekerja tidak hanya untuk mendapatkan segopah uang, melaikan kepeduliannya atas kepentingan orang lain. Pekerjaan tersebut biasa disebut dengan relawan atau pekerja sosial.

Pada hakekatnya untuk berbagai jenis pekerjaan sosial di lingkungan sosial bermasyarakat ini akan dihargai oleh banyak orang karena manfaatnya yang dirasikan.

Pekerja Sosial

Pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus dalam pelaksanaannya. Persyaratan menjadi seorang pekerja sosial juga tidak mudah, hal ini berkaitan dengan akademik dan keterampilan yang dimilikinya. Banyak hal yang harus dilakukan oleh pekerja sosial agar dapat melakukan bentuk perubahan sosial dalam berbagai bidang.

Sehingga bisa dikatakan bahwa pekerjaan sosial memiliki  peranan penting untuk mewujudkan kesejahteraan sosial yang ada di lingkungan masyarakat.

Pengertian Pekerja Sosial

Pekerja sosial adalah seseorang yang memiliki sertifikasi kompetensi. Orang tersebut juga harus memiliki pengetahuan, keterampilan, dan nilai sosial atas praktik kerja sosial yang telah dipelajari.

Pekerjaan ini ada karena memiliki tujuan untuk melaksanakan berbagai upaya untuk meningkatkan kemampuan seseorang dalam melaksanakan jenis interaksi sosial dalam fungsi sosial. Hal ini dilakukan agar seseorang dapat memahami situasi dan kondisi.

Pengertian Pekerja Sosial Menurut Para Ahli

Adapun untuk definisi pekerja sosial menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

  1. International Federation of Social Workers

Pekerjaan sosial adalah profesi yang berkaitan dengan praktik kerja dan akademi yang mengenalkan tentang perubahan sosial, pengembangan sosial, kohesi sosial, pemberdayaan masyarakat, dan pembebasan masyarakat. Prinsip utama dalam pekerjaan sosial adalah keadilan sosial, hak asasi manusia, tanggungjawab kolektif, dan menghormati perbedaan.

  1. Charles Zastrow

Definisi pekerja sosial adalah kegiatan seorang melakukan kegiatan profesional untuk membantu individu, kelompok, dan masyarakat sekitar untuk meningkatkan atau memperbaiki kemampuan mereka. Fungsi dalam lingkungan sosial membantu mereka untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

  1. Max Siporin

Pekerja sosial adalah metode yang digunakan oleh sebuah institusi sosial untuk membantu seseorang dalam mencegah dan memecahkan masalah yang mereka hadapi. Pekerja sosial berperan sebagai orang yang membantu dalam memperbaiki dan meningkatkan fungsi sosial.

Konsep Pekerja Sosial

Dasar dari seseorang yang melakukan pekerjaan sosial ialah untuk membantu orang yang ada di lingkungannya. Hal tersebut bukan hanya untuk kependtingan individu tetapi juga kepentingan orang banyak yang ada di sekitar kita. Prinsip dasar dalam melakukan pekerjaan sosial antara lain;

  1. Penerimaan, seorang pekerja sosial harus mampu menerima segala kondisi yang ada di masyarakat dan melakukan tindakan yang menunjukkan kepedulian terhadap sesama manusia, menghormati sudut pandang orang lain, menjadi seorang pendengar yang baik, dan menciptakan lingkungan yang saling menghormati.
  2. Individualisasi, setiap manusia pasti memiliki sisi individu tersendiri dengan kemampuan yang bereda-beda. Seorang pekerja sosial harus menghargai keunikan tersebut. Seorang pekerja sosial harus memberikan kebebasan kepada seorang klien dalam memandang sesuatu dengan sudut pandangnya sendiri.
  3. Pengungkapan perasaan, emosi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari seorang individu. Pekerja sosial dapat melakukan hal-hal yang dapat membuat seseorang mengarah kepada pembicaraan yang sesuai dengan tujuannya. Misal ketika ingin mengetahui karakter seseorag dapat melakukan cara ini.
  4. Sikap tidak menghakimi, sebagai serorang pekerja sosial tidak bleh menghakimi agar relasi dapat terjalin dengan baik dan berjalan secara efektif.
  5. Objektivitas, menghindari segala perasaan buruk yang dirasakan oleh seorang pekerja. Prasangka buruk tersebut dapat membuat seseorang menilai sesuatu secara subjektif.
  6. Pelibatan emosi secara terkendali, pekerja harus mampu melibatkan emosi sesuai dengan porsinya. Ketika terlalu melibatkan emosi dapat membuat klien kurang percaya dan mundur secara prematur.
  7. Penentuan nasib sendiri, klien memiliki kebebasan untuk menentukan jalan hidupnya. seorang pekerja sosial hanya dapat berperan dalam membantu dan membimbing kearah yang lebih sejahtera.
  8. Akses pada sumber, sumber yang dimaksud dapat beruapa relasi atau dasar hukum yang dapat membantu klien menemukan solusi.
  9. Kerahasiaan, ketika ingin melakukan kerjasama dengan klien seorang pekerja sosial akan memberikan jaminan kerahasiaan data. Klien harus bersedia memberikan identitas pribadinya.
  10. Akuntabilitas, seorang pekerja sosial harus menguasai segala ilmu yang berkaitan dan bersikap profesional.

Tugas Pekerja Sosial

Sedangkankan beberapa tugas yang dimiliki ole pekerja sosial, antara lain sebagai berikut;

  1. Membantu klien menyelesaikan permasalahan, hal-hal yang mungkin dilakukan antara ialah membantu memecahkan masalah, memberikan pelayanan, merencanakan solusi dalam menyelesaikan sebuah kasus, melaksanakan solusi yang telah dibuat, dan melakukan pengembangan atas profesi pekerja sosial.
  2. Menjadi salah satu penggerak dalam perubahan, membentuk sistem pelayanan, membuat program, memberikan pelatihan dan pendidikan, serta memberikan pelayanan berupa perlindungan sosial.
  3. Melakukan analisis kebijakan dalam bidang sosial, seorang pekerja sosial perlu melakukan penelitian untuk meninjau segala hal yang telah dilakukan.

Peran Pekerja Sosial

Untuk berbagai peran yang dimiliki pekerja sosial, antara lain;

  1. Mempercepat perubahan, seorang pekerja sosial harus mampu membuat suatu inovasi dalam melakukan kegiatan sosial agar dapat mempercepat segala perubahan yang diinginkan.
  2. Sarana perubahan, pekerja sosial dapat digunakan sebagai sarana perubahan hal-hal yang mungkin dilakukan dalam mengatasi permasalahan sosial serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  3. Pendidik, menjadi seseorang yang melakukan perubahan melalui dunia pendidikan. Perubahan ini dapat diajarkan mulai sekolah tingkat dasar hingga pendidikan tinggi. ketika pola pikir sudah terbentuk dengan baik maka dapat dengan mudah melakukan perubahan.
  4. Tenaga ahli bidang sosial, seseorang yang ahli dalam bidangnya. Seorang pekerja sosial akan dipercayai menghadapai permasalahan yang ada di lingkungan dan dianggap yang paling tau tentang kondisi sosial.
  5. Perencana sosial, melakukan perencanaan tentang solusi yang akan digunakan untuk mengatasi permasalahan yang ada di lingkungan. Permasalahan ini dapat menyangkut urusan pribadi atau kepentingan banyak orang.
  6. Fasilitator, berperan sebagai orang yang menyediakan jasa dalam bidang sosial. Menjadi seorang konsultan atau orang yang memberikan bantuan untuk banyak orang baik berupa uang, tenaga, atau jasa lainnya yang sedang dibutuhkan.

Tujuan Andanya Pekerjaan Sosial

Secara umum, untuk tujuan andanya pekerjaan sosial antara lain;

  1. Pencegahan disfungsi sosial di lingkungan masyarakat
  2. Mengembalikan dan meningkatkan fungsi masyarakat secara individu, keluarga, dan masyarakat
  3. Menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dalam manajemen penyelengaraan kesejahteraan sosial untuk mencapai kemandirian seorang individu
  4. Meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar.

Contoh Profesi Pekerja Sosial

Sedangkan dalam contoh pekerja sosial di masyarakat dan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain;

  1. Guru

Guru yang ada di lembaga pendidikan merupakan salah satu pekerjaan yang termasuk dalam pekerjaan sosial yang menjalankan tugas sebagai pendidik. Guru bertanggungjawab untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap seseorang. Peran guru sangat penting untuk masa yang akan datang.

Saat ini kita tahu salah satu cara untuk mencapai negara yang maju harus memperbaiki pada bidang pendidikan. Guru merupakan salah satu pemeran utama dalam mencapai cita-cita tersebut.

  1. Tim SAR

Salah satu tim yang bertugas untuk membantu seseorang yang sedang dalam bahaya atau kesusahan. Tim ini termasuk tenaga profesional dalam mencari seseorang atau penyelamatan korban tertentu ketika terdapat bencana atau kasus orang hilang.

Pekerjaan ini tentu membutuhkan keterampilan tinggi dalam menyelamatkan orang. Mereka bekerja dengan maksimal untuk membantu orang lain dan membuat orang lain merasakan kebahagiaan.

  1. Pemadam Kebakaran

Salah satu profesi yang hampir sama dengan tim SAR namun dalam bidang yang berbeda. Tim pemadam kebakaran lebih membantu pada kasus yang berkaitan dengan kebakaran.

Bukan hanya kebakaran namun juga beberapa hal yang dapat dilakukan terutama di sebuah perkotaan atau pedesaan. Mereka dilatih dengan keras atas segala hal yang akan dilakukan. Selalu bersikap tegas dan cepat dalam menghadapi permasalahan yang ada di Masyarakat.

  1. Psikolog

Psikologi adalah seorang ahli dalam bidang jiwa manusia. Seorang perja sosial ini akan membantu seseorang dalam mengahadapi permasalahan yang ada dalam diri seseorang. permasalahan yang terkesan sulit untuk dihadapi. Psikolog ketika ingin melakukan pekerjaan ini harus tersertifikasi terlebih dahulu.

Sertifikasi ini sebagai bukti profesionalitas dalam menjalankan pekerjaan. Orang tersebut dianggap telah ahli dalam bidangnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa pekerja sosial masyarakat memiliki peran sosial penting dalam kehidupan sehari-hari. Orang yang memiliki kepedulian sosial dan siap melakukan pengabdian masyarakat, kemauan, dan kemampuan untuk membuat sebuah kegiatan terkaur dengan kesejahteraan sosial.

Seorang pekerja sosial juga wajib mengikuti berbagai pelatihan dan bimbingan yang berkaitan dengan bidang kesejahteraan sosial.

Nah, demikianlah artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian pekerja sosial menurut para ahli, konsep, tugas, peran, tujuan, dan contoh profesinya. Semoga memberikan edukasi bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Sumber Tulisan
  • https://pskp.dinsos.jatengprov.go.id
  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pekerja_sosial
No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *