Pengertian Antropologi Sosial dan Contohnya

Diposting pada

Antropologi Sosial Adalah

Pada hakekatnya setiap bentuk perubahan sosial yang terjadi di masyarakat akan berpengaruh dalam kehidupan masyarakat yang lain. Hal ini jelas terlihat pada masyarakat yang belum terkena pengaruh perubahan.

Yang pada intinya segala perubahan yang ada dalam hidup masyarakat ini tidak terlepas dari yang namanya antropologi sosial yang berkaitan secara langsung dengan segala ruang lingkup kehidupan setiap manusia sebagai makhluk sosial. Adapun mahluk sosial saling berhubungan satu sama lain serta tidak dapat melepaskan diri dari hidup bersama.

Antropologi Sosial

Antropologi sosial merupakan gabungan antara objek kajian ilmu sosiologi dan antropologi yang membahas terkait dengan ola pikir dalam kehidupan masyarakat di lingkungan sosialnya. Sehingga perlu dipahami bahwa dalam hidup bermasyarakat akan terjadi banyak perubahan-perubahan yang pastinya dapat memberikan keuntungan maupun kerugian dalam hidup.

Dari adanya proses perubahan-perubahan itulah antopologi sosial bisa dilihat dari berbagai cara pandang atau pola pikir manusia itu sendiri dalam menghadapi berbagai situasi kehidupan.

Pengertian Antropologi Sosial

Antropologi sosial adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang segala kehidupan masyarakat secara sosial dan pada umumnya saling bersangkutan antara individu satu dengan yang lainnya, sehingga kajiannya terkait dengan perkembangan unsur budaya dan masyarakat modern yang ada di dalamnya.

Contoh Antropologi Sosial

Antropologi sosial memiliki beberapa contoh diantaranya;

  1. Pola perilaku manusia

Tingkah laku manusia dalam kehidupan bermasyarakat tentu saja berbeda-beda. Setiap pola perilaku manusia itu merupakan suatu hal yang bisa dipelajari dan termasuk salah satu contoh antropologi sosial. Dimana masing-masing individu yang melakukan proses sosial dan interaksi sosial dengan orang lain akan memiliki pola tingkah laku yang berbeda-beda dan hal tersebut dapat dianalisis maupun diteliti.

  1. Pemahaman kebudayaan manusia

Makna kebudayaan atau suatu arti tradisi yang hidup dalam lingkungan masyarakat juga menjadi salah satu contoh antropologi sosial. Dimana dengan berbagai adat istiadat atau kebudayaan itulah bisa dipelajari banyak hal mengenai kehidupan sosial yang ada di lingkungan masyarakat, hubungan antara individu satu dengan lainnya, dan lain sebagainya.

  1. Bertambah atau Berkurangnya penduduk

Penduduk dalam kehidupan masyarakat juga menjadi salah satu contoh antropologi sosial yang bisa dipelajari. Adanya penduduk ini membuat setiap orang bisa melakukan proses interaksi sosial antara yang satu dengan lainnya. sehingga hal tersebut juga bisa berdampak pada berbagai perubahan pola pemikiran dari masing-masing orang.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa antropologi sosial dianggap sebagai suatu ilmu yang mempelajari tentang kebudayaan hidup masyarakat pada suatu etnis tertentu. Dimana dalam antropologi ini akan dibahas mengenai berbagai kepribadian manusia mulai dari tardisi, adat istadat, dan nilai-nilai lainnya dalam kehidupan.

Sehingga dapat dikatakan bahwa antropologi sosial adalah suatu ilmu yang mempelajari berbagai hal tentang kondisi atau peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalam kehidupan manusia.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian antropologi sosial dan contoh kajianya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja memberi wawasan bagi semua kalangan yang sedang membutuhkan.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *