Contoh Kewajiban di Sekolah dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Kewajiban di Sekolah

Kehidupan siswa di lembaga pendidikan adalah masa paling bahagia dan paling krusial dalam karir seseorang. Tentusaja realitas ini bukan hanya tentang menghadiri kelas dalam suatu pelajaran dan bekerja keras untuk mencapai tingkat penguasaan yang sesuai dari suatu mata pelajaran di bawah bimbingan seorang guru. Tetapi juga harus memiliki kewajiban untuk dijlankan.

Alasannya karena berbagai contoh kewajiban di sekolah seperti datang ke sekolah tepat waktu, menghormati guru, menghargai teman, dan lain-lain mempunyai tujuan untuk membentuk kepribadian yang nantinya akan berguna ketika mereka sudah terjun ke masyarakat luas.

Kewajiban di Sekolah

Kewajiban bisa dikatakan sebagai sesuatu yang harus dilakukan seseorang dengan penuh rasa tanggung jawab agar bisa mendapatkan haknya. Atau bisa juga seseorang harus melakukan kewajiban terlebih dahulu sebelum menuntut haknya.

Adapun dalam konteks kehidupan di sekolah, kewajiban menjadi nilai funamental untuk dilakukan oleh seluruh warga sekolah, baik siswa, guru, kepala sekolah, maupun semua yang terlibat dalam berjalannya kegiatan belajar mengajar untuk memperoleh arti pendidikan di sekolah.

Contoh Kewajiban di Sekolah

Sedangkan untuk berbagai contoh dalam memahami kewajiban di sekolah, antara lain;

  1. Menaati peraturan dan tata tertib

Setiap sekolah akan senantisa mempunyai peraturan dan tata tertib yang berbeda-beda. Semua warga sekolah wajib untuk mematuhi tata tertib tersebut dengan penuh kesadaran dan keikhlasan. Misalnya saja berkaitan dengan melakukan penghematan energi, setiap siswa memiliki contoh tanggung jawab untuk tidak menghindupkan lampu ketia siang hari.

  1. Menghargai dan menghormati

Semua siswa wajib untuk menghargai dan menghormati seluruh warga sekolah. Sejatinya bukan hanya siswa, kewajiban tersebut juga berlaku bagi warga sekolah lainnya, termasuk staf, guru, hingga kepala sekolah.

Bentuk penghormatan ini misalnya saja ketika ada seseorang yang bergama lain ingin menjalankan ibadah, maka sikap penghormatan yang diberikan dengan mengizinkan sekaligus menjaga agar ibadahnya bisa dengan sepenuh hati tanpa ke kwatiran.

  1. Menjaga nama baik sekolah

Semua warga sekolah memiliki kewajiban untuk menjaga nama baik sekolah. Oleh sebab itu, warga sekolah harus mengindarkan diri dari melakukan hal-hal buruk yang dapat mencemari nama baik sekolah. Misalnya siwa dilarang tawuran dengan sekolah lainnya.

  1. Menjaga gedung dan fasilitas di sekolah

Setiap sekolah tentunya mempunyai fasilitas-fasilitas yang berguna untuk menunjang pembelajaran bagi siswa. Oleh sebab itu, semua warga sekolah memiliki kewajiban untuk menjaga kebersihan dan tidak merusak fasilitas umum milik sekolah.

  1. Mengenakan seragam sesuai ketentuan yang ditetapkan

Siswa wajib memakai seragam sekolah beserta atributnya sesuai dengan tata tertib atau ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak sekolahan. Misalnya ketika hari Senin dilaksanakan upacara bendera, siswa wahib memakai topi dan dasi.

  1. Mengikuti kegiatan belajar-mengajar

Salah satu bentuk kewajiban di sekolah yang pernah kamu lakukan tentusaja dengan mengikuti kegiatan belajar-mengajar dari jam pertama hingga jam terakhir sesuai jadwal yang telah ditentukan. Artinya dalam hal ini terdapat larangan untuk membolos pada jam pelajaran.

  1. Jika berhalangan hadir harus izin

Ketika tidak dapat mengikuti pelajaran atau berhalangan hadir karena sakit atau urusan lainnya, maka kewajinan seorang siswa melalui orang tua/wali wajib meminta izin pada pihak sekolah. Hal ini bisa dilakukan misalnya dengan menulis surat izin.

  1. Membayar administrasi sekolah

Semua siswa memiliki kewajiban untuk administrasi sekolah sesuai dengan jumlah yang ditentukan. Hal ini wajar karena siswa belum mempunyai penghasilan, maka kewajiban tersebut harus dipenuhi oleh orang tua atau wali dari siswa.

Meskipun demikian, jiakalau seorang siswa tersebut memiliki prestasi yang baik. Misalnya dengan memenangkan olimpiade internasional maka siswa memiliki hak untuk mendapatkan beasiswa.

  1. Bersikap baik, sopan, dan santun

Semua warga sekolah memiliki kewajiban untuk menjunjung tinggi nilai sopan, santun, salam, senyum, dan sapa di lingkungan sekolah. Bentuk tindakan sosial seperti ini sangat baik lantaran mampu membentuk kepekaan dan kepenulian sosial yang tinggi.

  1. Memeliharan keamanan, ketertiban, keindahan dan keasrian lingkungan di sekolah

Seluruh warga sekolah diwajibkan untuk mewujudkan serta memelihara keamanan, ketertiban, keindahan dan keasrian lingkungan di sekolah. Tindakan ini misalnya turut ikut mendukung kegiatan penghijauan yang diadakan oleh sekolah.

  1. Membuang sampah pada tempatnya

Pada dasarnya kewajiban yang satu ini bukan hanya berlaku di sekolah, tapi di lingkungan rumah maupun di lingkungan sosial bermasyarakat, yakni kita harus menjaga kebersihan salah satunya dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

  1. Datang tepat waktu

Siswa memiliki kewajiban untuk hadir di sekolah sebelum bel sekolah dibunyikan. Bukan hanya siswa, guru pun juga harus datang tepat waktu. Misalnya apabila pembelajaran dimlai pukul 07.00, maka siswa maupun guru harus datang sebelum pukul 07.00 agar tidak terlambat dalam mengikuti atau memberikan pembelajaran.

  1. Mengikuti upacara dan kegiatan sekolah

Semua siswa diwajibkan untuk mengikuti upacara bendera yang biasanya dilaksanakan pada hari Senin hingga selesai, kecuali sedang berhalangan, misalnya sedang sakit, maka siswa bisa meminta izin untuk tidak mengikuti upacara dan beristirahat di UKS.

  1. Tidak meninggalkan kelas (bolos)

Siwa tidak diperbolehkan untuk meninggalkan kelas ketika pelajaran sedang berlangsung maupun meninggalkan lingkungan sekolah ketika bel pulang sekolah belum berbunyi. Alasannya karena prilaku ini akan mengakibatkan ketidakpahaman dalam menerima pelajaran.

  1. Mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru

Semua siswa wajib untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan kepada mereka untuk memenuhi kewajiban akademis. Baik itu berupa PR (Pekerjaan Rumuh) ataupun berkaitan dengan penulisan untuk membuat laporan penelitian.

  1. Mematuhi Aturan Kelas

Setiap kelas yang ada di sekolah pada dasanya memiliki aturan khusus untuk setiap siswa. Dalam hal ini misalnya saja dengan mabayar uang kas yang berkaitan dengan iuran wajib dan ketika sudah di akhir akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan bersama, seperti halnya dengan membeli spidol atau dibuat untuk liburan sebagai upaya menciptakan keakraban.

  1. Tidak mengolok-olok teman yang berkebutuhan khusus

Ada sekolah-sekolah tertentu yang bersedia menerima siswa dengan kebutuhan khusus. Sebagai sesama siswa, maka tidak boleh mengolok-olok atau menghina siswa yang berkebutuhan khusus tersebut atas kekurangan yang dimiliki, tapi justru harus tetap bersedia berteman dengannya dan memberinya semangat untuk tetap belajar.

  1. Berpenampilan sewajarnya ketika di sekolah

Ketika berada di lingkungan sekolah maka semua warga sekolah harus berpenampilan secara wajar, misalnya rambut harus rapi dan tidak gondrong, serta tidak boleh di cat bagi siswa laki-laki; tidak menggunakan make up yang terlalu berlebihan bagi siswa perempuan.

  1. Tidak meminjam barang milik teman tanpa izin

Kita tidak diperbolehkan untuk meminjam barang milik teman, misalnya buku, pensil, penghapus, dan lain-lain, tanpa sepengetahuan pemiliknya. Jadi ketika meminjam kita harus minta izin terlebih dahulu dan mengembalikannya apabila sudah selesai kita gunakan.

  1. Memberikan pengajaran kepada siswa

Kewajiban yang satu ini merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh guru. Guru memiliki kewajiban untuk memberikan pengajaran sesuai kurikulum yang berlaku, baik memberikan pengajaran secara akademis, maupun mengajarkan kepada siswa cara bersikap dan bertingkah laku yang baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Seperti halnya siswa, ketika guru berhalangan hadir maka juga harus izin kepada guru piket.

Dari berbagai contoh tersebut, dapat dikatakan bahwa kehidupan siswa adalah fase di mana seseorang memperoleh nilai-nilai kerja keras untuk nilai yang lebih baik, disiplin, ketepatan waktu, kerja tim, persatuan, dan banyak lagi, dan berusaha untuk menjadi manusia yang sukses dan baik. Oleh sebab itu, mereka harus diajarkan tentang kewajiban apa saja yang mereka lakukan.

Nah, demikinalah tadi artikel yang bisa kami selesaikan pada semua pembaca berkenaan dengan contoh kewajiban yang ada di lingkungan sekolah dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan untuk semuanya yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *