Contoh Kewajiban di Lingkungan Masyarakat

Diposting pada

Contoh Kewajiban di Lingkungan Masyarakat

Kewajiban pada hakekatnya dapat muncul sebagai arti komitmen yang hanya ditegakkan melalui hukum karena sifatnya yang kuat. Namun, disisi lain kewajiban moral juga ada dalam individu maupun masyarakat. Dalam lingkungan sosial bermasyarakat kita sendiri, ada sejumlah masalah etika yang dapat dianggap berbeda. Semua itu disebabkan oleh banyaknya moral yang dianut setiap individu sebagai warga masyarakat. Agar tetap berada di jalur moral yang benar, maka individu harus menjalankan kewajibannya.

Alasannya karena bukan hanya penting bagi dirinya sendiri tapi juga penting untuk orang lain di sekitarnya. Sebagai contoh misalnya ketika individu memenuhi kewajibannya untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas, maka itu bukan hanya bermanfaat untuk keselamatan dirinya sendiri ketika berkendara, tapi juga bermanfaat bagi orang lain untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan.

Kewajiban di Masyarakat

Kewajiban adalah serangkaian bentuk tindakan sosial yang harus diambil seseorang, baik legal maupun moral. Oleh karena itulah kadangkala kewajiban bisa dikatakan kendala, khususnya untuk mereka membatasi kebebasan. Alasannya karena seseorang yang berada di bawah kewajiban dapat memilih untuk bertindak bebas berdasarkan kewajiban.

Sehingga kewajiban ada dalam arti masyarakat ketika ada pilihan untuk melakukan apa yang baik secara moral dan apa yang tidak dapat diterima secara moral.

Contoh Kewajiban Di Masyarakat

Adapun untuk berbagai contoh kewajiban yang harus dilakukan sebagai masyarakat, antara lain:

  1. Ikut serta menjaga kebersihan lingkungan

Sebagai warga masyarakat kita harus turut serta menjaga kebersihan di lingkungan sekitar kita. Hal itu dapat dilakukan dengan cara membuang sampah pada tempat yang telah disediakan, mengikuti kerja bakti, dan membersihkan lingkungan sekitar bersama warga masyarakat lainnya.

  1. Ikut serta melestarikan lingkungan alam di sekitar tempat tinggal

Bukan hanya penting bagi kita untuk menjaga kebersihan lingkungan, tapi ikut serta dalam melestarikan sumber daya alam yang ada di lingkungan kita juga penting untuk dilakukan sebagai bagian daripada kewajiban bidang sosial.

Kasus ini misalnya dengan ikut serta menanam tumbuhan agar lingkungan lebih teduh dan mencegah polusi, mendukung program reboisasi, dan lain-lain.

  1. Tidak merusak fasilitas umum

Di sekitar kita pastinya banyak fasilitas umum yang juga harus kita jaga, misalnya fasililitas umum yang berupa taman kota, maka kita tidak boleh merusak tanamannya. Selain itu, kita juga tidak boleh mencoret-coretnya tembok fasilitas umum, apalagi dengan kata-kata yang tidak senonoh.

  1. Berbuat baik kepada tetangga

Tetangga adalah orang yang tempat tinggalnya berdekatan dengan tempat tinggal kita. Sebagai warga masyarakat yang baik kita harus berbuat baik kepada tetangga, misalnya dengan cara menolong tetangga yang kesulitan atau berbagi makanan yang berlebih di rumah.

  1. Mematuhi aturan atau norma yang berlaku di lingkungan masyarakat

Dalam masyarakat tertentu pastinya ada aturan-aturan tertentu yang harus dipatuhi oleh semua warganya agar dapat hidup tentram dan damai. Aturan ini menjadi kewajiban mutlak yang harus dipatahui untuk menciptakan keteraturan sosial bersama.

  1. Ikut menjaga keamanan lingkungan

Sebagai warga masyarakat yang baik, maka sudah sepantasnya kita juga harus turut serta dalam menjaga keamanan di lingkungan kita. Hal ini terutama dilakukan oleh para lelaki (bapak-bapak). Misalnya dengan melakukan ronda malam.

  1. Mengikuti kegiatan yang ada di lingkungan RT, RW, atau desa setempat

Sebagai bagian dari warga masyarakat sudah seharusnya sebisa mungkin kita juga ikut andil dalam mendukung kegiatan yang ada di lingkungan sekitar, misalnya kegiatan kerja bakti, gotong royong, dan musyawarah warga masyarakat setempat.

  1. Mengormati tetangga yang memiliki keyakinan (agama) yang berbeda

Apabila di lingkungan tempat tinggal kita tetangga kita memiliki keyakinan (agama) yang berbeda dengan kita, maka kita harus tetap menghormatinya. Hal itu juga sebagai pengamalan sila pertama Pancasila, agar tercipta kehidupan beragama yang tentram dan damai.

  1. Membantu tetangga yang terkena musibah

Selain menghormati keyakinan tetangga kita yang mungkin berbeda dengan kita, ketika ada tetangga yang sedang ditimpa musibah kita juga harus membantunya sesuai dengan kemampuan yang kita miliki, misalnya kita bisa melakukan penggalangan dana, dan lain-lain.

  1. Menjenguk tetangga yang sedang sakit

Ketika ada tetangga kita yang sedang sakit. Maka sudah selayaknya kita menjengkuknya sebagai bentuk kepedulian sosial kita kepada mereka. Langkah ini diyakini nantinya berdampak pada kerukunan dan sikap untuk mewujudkan ketentraman dalam hidup.

  1. Berlaku adil kepada tetangga

Dalam kehidupan bermasyarakat kita harus berusaha untuk bersikap adil kepada tetangga kita, tanpa membeda-bedakan status sosial, peran sosial yang dimiliki, ekonomi, pendidikan, maupun kedudukannya. Artinya keadilan haruslah sesuai dengan porsinya.

  1. Mematahui rambu-rambu lalu lintas

Kita harus mematuhi peraturan rambu-rambu lalu lintas demi menjaga keselamatan diri sendiri maupun orang lain, serta sebagai bentuk kepatuhan kita terhadap peraturan hukum yang berlaku di masyarakat. Prilaku nyata ini mencerminkan kewajiban bagi semua masyarakat.

  1. Ikut membantu penegak hukum dan tidak main hakim sendiri

Apabila di lingkungan tempat tinggal kita timbul permasalahan tertentu, misalnya ada kasus pencurian, maka ketika si pencuri berhasil ditangkap kita harus menyerahkannya kepada pihak yang berwajib dan tidak main haikm sendiri, misalnya dengan memukuli pencuri tersebut hingga meninggal dunia.

  1. Ikut memerangi segala bentuk kejahatan narkotika dan sejenisnya

Apabila sebagai warga negara biasa yang tidak memiliki kewenangan untuk menangkap pelaku pengguna dan pengedar obat-obatan terlarang, maka sebagai warga negara yang baik kita bisa mendukung peraturan hukum terkait larangan menggunakan atau mengedarkan narkotika dengan mengedalikan diri kita sendiri agar tidak terjerumus pada hal-hal terlarang tersebut.

  1. Mencegah dan mengobati timbulnya penyakit di lingkungan sekitar

Untuk melaksankan kewajiban yang satu ini, kita dapat melakukannya misal dengan cara rutin mengikuti kegiatan posyandu, khususnya bagi para ibu yang memiliki anak balita. Selain itu, kita juga bisa menjaga kebersihan lingkungan agar tidak mengundang penyakit tertentu, misalnya tumpukan sampah dapat menjadi sarang nyamuk penyebab deman berdarah.

  1. Menjauhi segala bentuk perpecahan antar warga

Sebagai warga negara kita wajib untuk menghindari segala bentuk tindakan yang dapat memicu timbulnya perpecahan. Hal itu dapat kita lakukan misalnya dengan saling berkomunikasi yang baik, saling bersilahturahmi, dan lain-lain.

  1. Mengikuti adat-istiadat yang berlaku di masyarakat

Sebagai bagian dari warga masyarakat kita harus mematuhi dan mengikuti adat-istiadat yang berlaku, misalnya dengan cara menghadiri acara adat yang dilaksanakan di lingkungan sekitar kita, bermusyawarah dalam memutuskan hal tertentu, dan lain-lain.

  1. Tidak mencemarkan nama baik orang lain

Kewajiban yang satu ini termasuk dalam kewajiban untuk menghormati hak warga masyarakat lainnya, karena setiap orang berhak untuk dihormati terlepas dari kedudukan atau jabatan mereka dalam masyarakat. Melakukan pencemaran nama baik bukan hanya merusak reputasi orang lain, tapi dapat merugikan diri sendiri apabila kasus tersebut di bawa ke ranah hukum.

  1. Tidak melakukan tindakan asusila

Kewajiban yang satu ini termasuk dalam kewajiban untuk mematuhi norma kesusilaan yang berlaku di masyarakat, yaitu aturan yang membantu tata kelakuan manusia dalam kehidupan masyarakat agar sesuai dengan tujuan dan keinginan yang diharapkan.

  1. Kewajiban membayar pajak

Kewajiban yang satu ini lebih mengacu pada kewajiban individu sebagai warga negara untuk mendukung proses pembangunan yang direncakan oleh pemerintah, yang nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat secara umum. Selain itu, kewajiban ini bersifat mengikat karena telah tercantum dalam pasal 23 A UUD 1945.

Itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada semua pembaca berkenaan dengan beragam contoh kewajiban di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan serta referensi yang mendalam bagi semua kalangan.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *