Contoh Jaringan Sosial di Masyarakat

Diposting pada
Rate this post

Contoh Jaringan Sosial

Jaringan sosial bisa dikatakan sebagai proses yang menghubungkan manusia satu dengan yang lainnya untuk melakukan pemeliharaan hubungan baik, sehingga akhirnya mampu mengakomodir minat dan kepentingan individu maupun kelompoknya dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Disisi lain, jaringan sosial tidak terlepas daripada lingkungan sosial di masyarakat. Alasannya karena dengan adanya jaringan inilah setiap orang akan terbantu untuk mengatasi permasalahan yang dirasakan.

Jaringan Sosial

Jaringan sosial ialah hubungan yang menitikberatkan pada aktivitas untuk memenuhi segala arti kebutuhan hidup manusia yang sangat kompleks dalam menjalalin kerjasama antara satu sama lainnya demi terwujudnya keinginan serta kepentingan yang diharapkan.

Contoh Jaringan Sosial

Adapun untuk contoh adanya imlementasi atas jaringan sosial di masyarakat ini, misalnya saja;

  1. Penjual Batik

Setiap pedagang yang ingin menjual barang atau jasa yang dibutuhkan senantisa memerlukan jaringan sosial di dalamnya. Fungsi jaringan ini agar produk yang diperjual belikan bisa segara memeperoleh keuntungan.

Dalam impelemntasinya sendiri misalnya adalah penjual batik di Kota Surakarta mendapatkan batik yang murah dengan langsung datang ke tempat perusahaaan. Datangnya penjual batik tersebut tentusaja ada kenalanan atau dipercaya dari perusahaan, kepercayaan itulah dimaksud dengan jaringan.

  1. Terpilih sebagai Gubernur

Terpilihnya salah salah satu calon kepala daerah tidak terlepas daripada jaringan yang dimilkinya. Alasannya karena suara politik pemilik tertinggi ada masyarakat, sehingga dalam hal ini setiap calon kepala daerah senantisa memberkan kampanye dan sosialisasi sebagai salah satu upaya dalam membetuk jaringan.

  1. Berhasilnya Melakukan Kegiatan Sosial

Adanya jaringan sosial yang terjadi antar masyarakat ini ternyata membuka kesempatan yang sangat lebar mengenai suksesi dalam melangsungkan kegiatan sosial. Dimana hal ini diwujudkan dalam kebiasaan seseorang yang dapat melakukan berbagai hal dalam kehidupannya dengan cara saling membantu antar individu agar segala pekerjaan menjadi lebih ringan.

Pekerjaan tersebut pada akhirnya membertuk relasi yang kuat, jikalau proses sosial dan interakasi sosial ini berhasil untuk dilakukan manakala saling membutuhkan bisa suport satu sama lainnya.

  1. Kerjasama Antara Link Aja dan Gojek

Hubungan kerjasama yang terjalin antara link aja dan golek merupakan salah satu bentuk jaringan sosial. Alasannya karena keduanya merupakan usaha yang bergerak di bidang online, disisi lain dengan mempertimbangkan sikap nasionalisme akhirnya mampu menimbulkan kecenderungan sesuatu yang sama sehingga munculah bentuk kerjasama antar perusahaan ini.

  1. Mendapatkan Pekerjaan dari Relasi Pertemanan

Hubungan sosial yang terjalin dengan baik lambat laun akan menimbulkan jaringan sosial yang semakin kuat. Hal inilah yang pada akhirnya memicu terciptanya rasa tolong menolong antar pertemanan ketika mendapatkan pekerjaaan.

Jalinan ini juga secara tidak langsung mampu membuktikan bahwa setiap manusia yang tidak bisa hidup secara mandiri, diperlukan individu lainnya dalam mencipatakan relasi.

Itulah tadi artikel yang bisa dikemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan berbagai contoh jaringan sosial yang ada di masyarakat. Semoga saja mampu memberikan wawasan serta menambah referensi yang mendalam bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *