Contoh Isolasi Sosial dan Geografis di Masyarakat

Diposting pada
Rate this post

Contoh Isolasi Sosial dan Isolasi Geografis

Diakui ataupun tidakn karakteristik manusia sebagai makhluk sosial pada dasarnya memperlihatkan bahwa dirinya tidak mampu melakukan kehidupan secara indivual saja, melainkan memerlukan bantuan orang lain. Oleh karena itu tidak heran, jika kehidupan manusia dilakukan secara berkelompok-kelompok. Alasannya melalui kehidupan yang berkelompok tersebut setiap orang akan menciptakan sebuah organisasi sosial yang akan mengatur segala kegiatan demi tercapainya tujuan secara bersama. Meskipun demikian, ada sebagai bentuk tindakan sosial menyediri yang dalam hal ini dinamakan dengan isolasi.

Isolasi memiliki kajian yang cukup panjang lantaran berhubungan dengan proses pemisahan antara individu dan kelompok sosial tertentu. Bahkan, untuk arti sosial dan geografisnya juga berbeda meskipun saling berkaitan satu sama lainnya.

Isolasi Sosial dan Geografis

Isolasi adalah bagian daripada proses sosial yang terjadi dalam bentuk pemisahan antara seseorang dengan kelompoknya sehingga hal ini mampu memberikan karakter khusus pada setiap orang yang melakukannya. Makna ini tentusaja ditinjau secara umum.

Adapun untuk secara khusus pengertian isolasi sosial dan isolasi geografis. Yaitu;

  1. Isolasi Sosial

Isolasi sosial adalah keadaan dimana seorang individu dalam hal ini bersifat peroarangan terjadi penurunan atau bahkan sama sekali tidak mampu untuk berinteraksi dengan orang lain. Sehingga hal ini dibutukan penanganan dalam pembentukan kesadaran, ketrampilan, dan pola perilaku yang postif terhadap lingkungan hidup yang tidak akan terpisahkan.

  1. Isolasi Geografis

Isolasi geografi adalah proses pembentukan spesies baru yang terjadi dengan memisahkan populasi spesies asal menjadi beberapa populasi yang tidak saling berinteraksi dan tidak terjadi pertukaran gen antar populasi yang bersangkutan, sehingga pemisahan ini dikatakan sebagai cara yang umum untuk proses spesiasi dimulai.

Prihal ini isolasi geografi sendiri dapat terjadi bila aliran sungai yang berubah, terbentuknya pegunungan, pemisahan benua akibat pergerakan lempeng tektonik, organisme yang bermigrasi, atau pembentukan pulau baru akibat aktivitas vulkanik. Biasanya isolasi geografi terjadi pada hewan dan tumbuhan.

Contoh Isolasi Sosial dan Geografis

Untuk contoh adanya perwujutan penggambaran dalam isolasi sosial dan isolasi geografis.

Isolasi Sosial
  1. Penanganan Terhadap ODGM

Prihal ini kasus adanya contoh isolasi sosial misalnya saja adanya penanganan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap ODGM (Orang Dengan Masalah Kejiwaan) atau Orang Dengan Skizofrenia (ODS).

Sehingga kadangkala seseorang yang mengalami haruslah diletakan dalam RSJ (Rumah Sakit Jiwa) tujuannya selain untuk memberikan obat agar bisa hidup sebagimana mestinya juga tidak menciptakan berbagai contoh permasalahan sosial. Misalnya saja terjadi bullying oleh anak-anak maupun kemudian ia melawan dan memkulnya.

Isolasi Geografis
  1. Kepulauan Indonesia dengan Masyarakat yang Majemuk

Adanya penggambaran atas kondisi geografis Indonesia yang terdiri atas pulau-pulau serta dipisahkan oleh
laut yang akhirnya banyak ditemukan sungai, gunung, serta kondisi alam lainnya yang membuat masyarakat akan hidup secara terpisah-pisah. Sehingga tak salah prihal ini akhirnya membuat banyak suku, bahasa, dan adat istiadat yang menjadi khasanah bangsa Indonesia sebagai penggambaran atas masyarakat majemuk.

Nah, demikinalah tadi artikel yang bisa diberikan pada semua kalangan berkaitan dengan contoh isolasi sosial dan isolasi geografis di masyarakat Indonesia. Semoga saja bisa memberikan edukasi serta referensi bagi kalian yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *