Contoh Identitas Nasional Indonesia di Berbagai Bidang

Diposting pada

Identitas Nasional Indonesia

Menyoalkan identitas nasional Indonesia tentunya mengacu pada sifat khas yang menerangkan kesadaran diri ataupun dalam contoh kelompok sosial di Indonesia. Setiap individu dengan penuh kesadaran bangga akan identitas nasional yang disandangnya.

Identitas nasional berada tidak lagi pada tataran individu semata, namun membentang dari individu, kelompok sampai negara-bangsa. Identitas berasal dari kata identitu yang memiliki makna, ciri-ciri, simbol-simbol atau jati diri yang melekat pada seseorang atau sesuatu sehingga menjadi pembeda dengan lainnya. Identitas nasional diperlukan sebagai jati diri, karakteristik, sifat khas yang tumbuh dan berkembang di suatu negara bangsa; hal tersebutlah yang menjadi pembeda dengan negara bangsa lainnya.

Identitas Nasional

Sejatinya, setiap negara bangsa tumbuh dengan konsep sosio-politik yang dinamis, demikian pula dengan Indonesia yang tumbuh dengan kemajemukannya. Indonesia sebagai bangsa yang majemuk memiliki kumpulan identitas yang beragam, kaya akan etnisitas, bahasa, agama, ras, dan sebagainya.

Oleh karenanya identitas nasional Indonesia merupakan kumpulan dari identitas yang majemuk dari keadaan masyarakat Indonesia yang heterogen. Identitas nasional Indonesia menunjukkan jati diri bangsa Indonesia. Diantaranya, yakni;

  1. Bahasa Indonesia
  2. Bendera negara yaitu Sang Merah Putih
  3. Lagu kebangsaan yaitu Indonesia Raya
  4. Lambang negara yaitu Pancasila
  5. Semboyan negara yaitu Bhinneka Tunggal Ika
  6. Dasar falsafah negara yaitu Pancasila
  7. Konstitusi (hukum dasar) negara yaitu UUD 1945.

Sekali lagi perlu ditekankan bahwa identitas nasional setiap negara bangsa menunjukkan kepribadian suatu negara bangsa tersebut. Kekhasan atau kepribadian tersebut dipertahankan sebagai pembeda setiap negara bangsa, demikian pula dengan Indonesia.

Oleh karenanya sebagai bentuk mempertahankan identitas nasional Indonesia, mari menanamkan cinta akan tanah air Indonesia. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan menaati dan patuh terhadap aturan-aturan yang telah ditetapkan serta mengamalkan nilai-nilai sosial sebagaimana yang tertera dalam Pancasila. Berikut akan dijelaskan beberapa contoh serta beberapa hal yang dapat dilakukan guna menumbuhkan identitas nasional Indonesia di berbagai bidang dalam kehidupan masyarakat.

Contoh Identitas Nasional

Adapun untuk beragam contoh-contoh yang menjadi identitas nasional Indonesia di berbagai bidang, antara lain sebagai berikut;

  1. Pada bidang ekonomi, identitas nasional Indonesia yang bisa ditumbuhkan adalah dengan ikut mendukung program perekonomian lokal Indonesia, turut mendukung pengembangan produk lokal yang mencirikan keanekaragaman Indonesia.
  2. Pada bidang teknologi, identitas nasional Indonesia yang dapat diupayakan memiliki keterkaitan dengan bidang ekonomi. Melalui bidang teknologi, seseorang dapat menggunakan akses teknologi yang dimilikinya untuk menunjukkan setiap keunikan yang dimiliki Indonesia, hal tersebut dapat disampaikan melalui media sosial berupa konten yang mendukung nilai lokal Indonesia. Tidak saja sebagai cara mempromosikan produk lokal daerah di Indonesia, namun juga dapat digunakan untuk mempromosikan cerita-cerita lokal yang dimiliki bangsa Indonesia sebagai bentuk Negara yang heterogen.
  3. Pada bidang pengetahuan, identitas nasional Indonesia yang dapat dicontohkan pada bidang pengetahuan adalah melestarikan pengetahuan lokal daerah yang umumnya masih kental dengan alam lingkungan. Sebagai contoh; pada masyarakat di Suku Baduy, larangan menggunakan bahan kimia untuk hidup sehari-hari guna menjaga ekosistem alam- sangat patut dilestarikan guna menghindari pengrusakan alam akibat ulah manusia.
  4. Pada bidang pendidikan, contoh identitas nasional Indonesia yakni dapat dilihat melalui pendidikan yang mengajarkan anak didik atau masyarakat untuk menjaga sikap gotong-royong serta melakukan musyawarah mufakat dalam pengambilan keputusan.
  5. Pada bidang transportasi, contoh identitas nasional Indonesia yakni masih terdapatnya moda transportasi tradisional seperti cikar, dokar, becak, sampan dan lainnya yang mencirikan terdapat sumbangsih alam dalam transportasi masyarakat Indonesia. Nilai keramahtamahan melalui percapakan dalam cikar ataupun jenis transportasi lainnya juga diwakilkan melalui penggunaan moda transportasi tersebut.
  6. Pada bidang sosial, contoh identitas nasional Indonesia dapat dilihat dari aktivitas ronda yang dilakukan sekelompok dari anggota masyarakat dalam sebuah desa sebagai bentuk upaya solidaritas juga bentuk tanggung-jawab sosial antar masyarakat.
  7. Pada bidang perdagangan, contoh identitas nasional Indonesia dapat dilihat dari masih membudayanya perdagangan minuman tradisional yang dikenal dengan nama jamu atau loloh sebagai bentuk kearifan lokal masyarakat Indonesia.
  8. Pada bidang industri, identitas nasional Indonesia dapat dilihat dari munculnya gerakan glokalisasi untuk mendukung serta membeli produk lokal. Melalui gerakan tersebut diharapkan identitas nasional Indonesia pada bidang industri turut mengembangkan dan meningkatkan produktifitas produk lokal.
  9. Pada bidang ideologi, identitas nasional Indonesia dapat dilihat membudayanya sifat dan sikap toleransi antar masyarakat. Hal tersebut dikarenakan Indonesia merupakan Negara heterogen yang terdiri dari beraneka suku, ras, agama, bahasa dan beraneka kebudayaan serta tradisi yang patut dijaga bersama-sama.
  10. Pada bidang pariwisata, identitas nasional Indonesia dapat dilihat berkembangnya jenis pariwisata yang menyoroti desa tradisional dan menjadikan desa tersebut sebagai tempat pariwisata. Tidak hanya desa tradisional yang kaya akan kearifan lokal daerah yang menjadi tempat pariwisata, namun kebudayaan lokal pun banyak diminati oleh para wisata sehingga sebuah tradisi lokal masyarakat juga kerap dijadikan sebagai obyek wisata.
  11. Pada bidang agama, identitas nasional Indonesia dapat dilihat semakin membudayanya konsep dalam toleransi beragama yang digerakkan melalui ciri khas bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai agama dan kepercayaan lokal.
  12. Pada bidang hukum, identitas nasional Indonesia dapat dilihat ditetapkannya UUD 1945 sebagai landasan hukum di Indonesia yang diberlakukan untuk seluruh masyarakat Indonesia.
  13. Pada bidang budaya, identitas nasional Indonesia dapat dilihat masih dapat diterimanya kearifan lokal disetiap daerah di Indonesia sebagai keanekagaraman masyarakat Indonesia.
  14. Pada bidang sejarah, identitas nasional Indonesia dapat dilihat nilai kesatuan yang ditimbulkan dari perasaan senasib dan seperjuangan oleh masyarakat Indonesia sebagai bagian dari persatuan atas dasar sejarah Indonesia.
  15. Pada bidang politik, identitas nasional Indonesia dapat dilihat dari upaya mengajegkan nilai luhur musyarawah mufakat sebagai bentuk kearifan budaya Indonesia di biang politik, hal tersebut dimaksudkan adalah menentukan sebuah keputusan berdasarkan keputusan dengan mengutamakan kepentingan bersama.
  16. Pada bidang kesenian, identitas nasional Indonesia dapat dilihat dari beraneka motif atau ukiran di setiap daerah di Indonesia yang menggambarkan kekayaan nilai kesenian pada Negara Indonesia. Setiap motif ataupun ukiran tersebut berdiri bersama dengan filosopi lokal yang diadopsi pada daerah tersebut. Hal ini mencitrakan keunikan yang terpancar di setiap daerah Indonesia yang masih awet hingga zaman modern ini.
  17. Pada bidang modernisasi, identitas nasional Indonesia dapat dilihat diterimanya perkembangan modern guna mendukung penguatan identitas nasional Indonesia secara menyeluruh. Contohnya melalui program HAKI (Hak kekayaan intelektual), sebuah seni, usaha, produk dan lainnya dapat dijaga asal mula serta citranya yang adalah khas Indonesia.
  18. Pada bidang globalisasi, identitas nasional Indonesia dapat dilihat dari dimanfaatkannya globalisasi untuk mempromosikan produk lokal Indonesia sampai ke mancanegara (luar negeri). Hal tersebut sekaligus menjadi upaya Negara menambah devisa Negara serta menggiring masyarakat asing mengunjungi Negara Indonesia guna mengetahui lebih lanjut terkait produk Ekspor oleh Indonesia yang diminatinya.
  19. Pada bidang bahasa, identitas nasional Indonesia dapat dilihat dari bahasa Indonesia sebagai bahasa kesatuan untuk masyarakat Indonesia.
  20. Pada bidang partai politik, identitas nasional Indonesia dapat dilihat upaya partai politik menjalankan fungsinya yang tidak saja menyoalkan perpolitikan namun turut memperhatikan fungsi nilai sosial dalam contoh kearifan lokal pada suatu wilayah agar dapat menyesuaikan dengan tempat di mana partai politik tersebut akan berdiri. Hal ini dimaksudkan agar kader politik dari partai politik tersebut tidak saja berorientasi pada pusat atau ibukota namun peduli dan memperhatikan lingkungan serta nilai luhur yang berkembang didalamnya.

Demikianlah serangkain artikel yang sudah kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan beragam contoh-contoh identitas nasional masyarakat Indonesia dalam berbagai bidang kehidupannya. Semoga melalui artikel ini memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi semuanya. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *