Contoh Demokrasi Formal di Masyarakat

Diposting pada

Demokrasi Formal di Masyarakat

Demokrasi dalam pembahasaaan sejatinya berasal dari kata “demokratia” yang itu semuanya dari Bahasa Yunani. Sehingga makna demokrasi adalah kekuasaan rakyat. Adapun secara umum, demokrasi terbagi menjadi dua kata, pertama adalah kata Demos yang maknanya adalah rakyat. Dan kedua adalah kratos yang maknanya adalah kekuatan atau kekuasaan. Salah satu jenis dari ciri demokrasi adalah demokrasi formal.

Demokrasi Formal

Demokrasi formal adalah sebagai bentuk demokrasi yang dirancang tidak hanya sebagai formalitas, tetapi keberadaannya dilakukan serta berjalan dengan legal (sah) secara formal dalam aspek-aspek tertentu terutama berdasarkan pada nilai sosial dan norma sosial, serta sifatnya juga berada sepenuhnya untuk kepentingan masyarakat luas.

Contoh Demokrasi Formal

Di bawah ini akan tertulis tentang bahasan lengkap pada contoh-contoh demokrasi formal khususnya yang terdapat pada masyarakat di Indonesia. Antara lain;

  • Undang-undang

Undang-undang sejatinya tidak hanya menjadi landasan tertulis tapi betul-betul menjadi pegangan atas segala perilaku manusia khususnya di negara hukum seperti di Indonesia. Semua diatur secara penuh dalam Undang-undang.

  • Lembaga perwakilan rakyat

Lembaga perwakilan rakyat memiliki fungsi dan peran yang tidak hanya bersifat formalitas tapi betul-betul menjadi wadah aspirasi bagi setiap rakyat. Untuk lembaga ini sendiri secara nyatanya di Indonesia terdapat DPR, DPRD, ataupun MPR yang kesemua itu diberikan amanah oleh rakyat berdasarkan pada tingkat daerah yang di wakilinya.

  • Badan Eksekutif Mahasiswa

Badan Eksekutif Mahasiswa menjadi satu contoh demokrasi formal yang ada di lingkungan akademik pendidikan tinggi. BEM akan menjadi penyambung lidah mahasiswa dengan siapa saja, pihak kampus maupun pihak-pihak di luar kampus.

  • Awig-awig

Keberadaan awig-awig khususnya di Bali bersifat demokrasi formal karena, bersifat tertulis, mengikat, dibuat dengan tujuan dari rakyat, untuk rakyat, dan oleh rakyat yang berfokus pada penanaman nilai-nilai dan norma di wilayah tertentu.

  • Sistem Pemilu

Sistem kerja pemilihan umum khususnya di Indonesia dapat dikatakan yang terbaik di dunia, dengan sistem demokrasi formal, semua orang melakukan pemilihan langsung yang sifatnya jujur dan adil. Sistem pemilu ini juga dalam kaitannya dengan contoh lembaga hukum di Indonesia terdapat Bawaslu, ataupun KPU (Komisi Pemilihan Umum).

  • Dinas Kesehatan

Lembaga pusat seperti dinas-dinas terkait seperti contohnya dinas kesehatan menjadi contoh ruang demokrasi formal, karena mengatur hal-hal terkait kesehatan secara serius, tertulis, dan tertuju bagi masyarakat umum.

  • Dinas Pendidikan

Lembaga pusat seperti dinas-dinas terkait seperti contohnya dinas pendidikan menjadi contoh ruang demokrasi formal, alasannya karena mengatur hal-hal terkait pendidikan secara serius, tertulis, dan tertuju bagi masyarakat umum.

  • Dinas Sosial

Lembaga pusat seperti dinas-dinas terkait seperti contohnya dinas pendidikan menjadi contoh ruang demokrasi formal, karena sejatinya telah mengatur hal-hal terkait persoalan sosial secara serius, tertulis, dan tertuju bagi masyarakat umum.

  • Lembaga Ekonomi

Lembaga pusat seperti dinas-dinas terkait seperti contohnya lembaga ekonomi menjadi salah satu bentuk ruang demokrasi formal, karena mengatur hal-hal terkait pendidikan secara serius, tertulis, dan tertuju bagi masyarakat umum.

  • Partai politik

Partai politik menjadi ruang demokrasi formal yang terbuka bagi masyarakat umum, tempat untuk mengembangkan potensi dalam bidang politik, mengembangkan visi misi serta tujuan bersama yang dilandasi keinginan baik untuk memajukan negri.

Nah, itulah tadi serangkain artikel yang sudah bisa kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan beragam contoh-contoh demokrasi formal di masyarakat khususnya yang ada di Indonesia. Semoga saja bisa memberikan wawasan dan referensi mendalam. Trimakasih,

No votes yet.
Please wait...
Voting is currently disabled, data maintenance in progress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *