Contoh Budaya Nusantara

Diposting pada

Contoh Budaya Nusantara

Kebudayaan bisa dikatakan sebagai hasil cipta rasa dan karsa manusia yang berupa hukum dalam arti adat istiadat, norma sosial, kesusilaan, kesenian, ilmu pengetahuan, dan religi. Tak terkeculi dengan budaya nusantara dalam khas Indonesia yang sampai saat ini masih bisa ditemukan unsur budaya tersebut.

Oleh sebab itulah, berbagai fungsi seni budaya nusantara beserta contohnya bernilai penting untuk dipertahankan lantaran menjadi corak yang membedakan dengan negara lainnya.

Budaya Nusantara

Budaya busantara adalah kelakuan yang luhur dari masyarakat Indonesia yang diwariskan secara turun-temurun sehingga terakumulasi dalam kehidupan sampai saat ini. Akumulasi tersebut kemudian tumbuh menjadi ciri khas bangsa Indonesia yang akhirnya mampu untuk menjelaskan beraneka aspek non-jasmaniah dan jasmaniah.

Contoh Budaya Nusantara

Sebagai penjelasan lebih lanjut, untuk beberapa contoh budaya nusantara. Antara lain;

  1. Subak di Bali

Subak adalah salah satu bentuk organisasi sosial kemasyarakatan yang terletak di Provinsi Bali. Subak difungsikan untuk mengatur sistem pengairan (irigasi) sawah yang digunakan dalam bercocok tanam padi di Bali. Sistem pengairan ini  mempengaruhi lanskap kultur Provinsi Bali dalam bidang pertanian dan telah diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia.

  1. Rumah Gadang

Rumah tradisional adalah bentuk kebudyaan yang tercipta di setiap daerah sebagai tempat tinggal ataupun tempat dilakukannya ritual adat tertentu dalam masyarakat. Contohnya rumah gadang sebagai rumah adat suku minangkabau di Provinsi Sumatra Barat, Indonesia.

Rumah tersebut dibangun sebagai tempat tinggal bersama dan disesuaikan dengan jumlah perempuan yang tinggal di dalamnya.

  1. Pakaian Adat Ulee Balang di Provinsi Nangroe Aceh

Pakaian tradisional merupakan lambang kebudayaan yang digunakan sebagai ciri khas dari masing-masing provinsi yang tersebar di Indonesia. Corak kebudayaan pada daerah tertentu dapat dilihat dari bervariasinya motif atau warna pada pakaian adat yang dikenakan.

Contohnya pakaian adat Ulee Balang di Provinsi Nangroe Aceh. Posisi Aceh yang berasa di ujung paling barat Indonesia berbatasan langsung dengan Malaysia dan Samudera Hindia mempengaruhi gaya berbusana pada masyarakat Aceh.

Aceh yang kerap disebut sebagai serambi mekah merupakan bentuk akulturasi masyarakat nusantara dengan nuansa Islam yang terasa sangat kental.

  1. Tari Asyeik bagi Suku Kerinci di Jambi

Sistem nilai adalah bentuk kebudayaan yang juga berhubungan dengan sesuatu yang dianggap baik dalam masyarakat. Hal ini masih berkembang di Indonesia dan menjadi pijakan serta pedoman dalam hidup bermasyarakat.

Contoh dari sistem nilai ini dapat diamati pada tari Asyeik bagi Suku Kerinci di Jambi. Tarian tersebut memuat kondisi magis tertentu yang dianggap sebagai penghubung komunikasi alam terlihat dan alam tidak terlihat meliputi alam para dewata ataupun roh leluhur.

  1. Keris

Senjata tradisional merupakan senjata khas daerah tertentu yang diyakini mengandung kekuatan magis atau supranatural. Keris sebagai misalnya, keris diyakini telah digunakan di Indonesia sejak abas ke-9. Pada abad tersebut keris terbuat dari logam berkualitas bahkan tidak sedikit yang mengandung unsur logam titanium.

Gagang keris umumnya terbuat dari tulang belulang, kayu ataupun tanduk binatang yang semakin menambah kompleksitas filosopi di dalamnya. Pada 25 November 2005, Keris telah diakui UNESCO sebagai “Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity”.

  1. Ukiran Kayu Jepara

Seni umumnya diartikan sebagai ekspresi hasrat manusia terhadap suatu keindahan tertentu. Bentuk keindahan tersebut mewujud dalam bentuk seni yang imajinatif pun kreatif guna memberikan kepuasan batin bagi manusia. Dalam hubungannya dengan kebudayaan, kesenina merupakan luapan imajinasi kreatif dari masyarakat yang mewujud pada karya tertentu.

Karya tersebut dapat digunakan sebagai ciri khas sosial tertentu atau sebagai pemenuhan kebutuhan dari unsur estetika hidup. Salah satu contoh bentuk seni budaya ukir di Indonesia yakni di Jawa Timur yang terkenal dengan ukiran unik khas Jepara. Ukiran tersebut tidak semata sebuah karya seni ukir dari luapan kreatifitas manusia namun juga memuat filosopi tentang sebuah cerita di setiap bagian ukirannya.

  1. Kepercayaan Kejawen

Kepercayaan Kejawen merupakan sistem religi yang berkembang dalam pengaruh nilai-nilai lokal daerah. Kepercayaan ini telah dianut oleh masyarakat Jawa sejak lama tidak terlepas dari spiritualitas suku Jawa yang dikenal dengan “Sangkan Paraning Dumadhi” atau memiliki arti dari mana datang dan kembalinya hamba Tuhan.

  1. Wayang

Salah satu bentuk budaya nusantara yang bercorak Islam adalah wayang, dimana pertunjukan wayang ini ditekankan untuk memberikan ajakan kepada para penontonnya agar senantisa mengingat Allah S.W.T yang dilakukan sejak adanya Walisongo, khususnya Sunan Kalijaga.

  1. Sekaa Teruna pada Masyarakat Adat di Bali

Organisasi sosial yang dibentuk tersebut, anggota antar masyarakat baik yang tergabung sebagai muda-mudi desa ataupun kelompok tertentu dapat berkumpul menjaga serta mewariskan kebudayaan yang ada di desa tersebut kepada generasi penerusnya. Contohnya ST atau sekaa teruna pada masyarakat adat di Bali.

  1. Becak

Transportasi tradisional merupakan bentuk kebudayaan nusantara yang tercipta sebagai pemenuhan kebutuhan masyarakat. Pemenuhan berupa tuntutan hidup dalam memudahkan perpindahan barang ataupun akses menuju tempat tertentu. Contohnya becak di Daerah Istimewa Jogjakarta.

  1. Kalender Saka Bali

Sistem pengetahuan berikutnya berkaitan dengan waktu yakni kalender. Kalender merupakan sebuah sistem untuk menamai sebuah periode waktu berdasarkan suatu perhitungan tertentu. Kalender Saka Bali sebagai misalnya, kalender jenis ini telah dimodifikasi oleh budaya Bali.

Penanggalan kalender tersebut dihitung berdasarkan posisi Matahari sekaligus Bulan, beberapa istilah daerah yang juga menjadi pertimbangan dalam penanggalan kalender tersebut adalah sasih, wuku dan wara.

Itulah saja rangkaian penjelasan yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan berbagai contoh kebudayaan yang ada di Nusantara. Semoga saja memberikan wawasan serta pengetahuan bagi kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *