Pengertian Kapabilitas, Macam, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Kapabilitas

Kapabilitas kerapkali menjadi istilah yang sangat lekat dalam kehidupan masyarakat. Perwujutan akan arti pemaknaan ini menjadi penting takalan dihubungkan dengan syarat interaksi sosial antara  individu dengan individu lainnya.

Oleh karena itulah pada bahasan ini akan menjelaskan tentang pengertian kapabilitas, macam, dan contohnya di masyarakat dalam keseharian.

Kapabilitas

Kapabilitas adalah pengukuran yang digunakan setiap masyarakat untuk melihat kemampuan berbagai bidang sisi kehidupan, misalnya saja dalam organisasi, departemen, indivudu, ataupun sistem. Proses ini dilihat dari cara meraih vidi (tujuan-tujuannya) dengan tingkat keberhasilannya.

Pengertian Kapabilitas

Pengertian kapabilitas adalah prosesi yang dipergunakan oleh khalayak umum untuk menilai akan kemampuan dalam kelompok sosial ataupun individu, yang bisa dilihat dari tujuan, cara kerja, hasil, serta lapran akhirnya sehingga diaggap berguna untuk menentukan nilai sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

Pengertian Kapabilitas Menurut Para Ahli

Adapun definisi kapabilitas menurut para ahli, antara lain;

  1. Nusbaum

Sebagai salah satu ahli dalam ilmu sosial ia mengemukakan bahwa untuk tahapan dalam pengukuran dimensi kapabilitas, diperlukan beberapa istilah. Yang diantaranya adalah sebagai berikut;

  1. Kemampuan Kesehatan
  2. Kemampuan integritas
  3. Kemampuan emosi
  4. Kemampuan alasan praktis
  5. Kemampuan Afiliasi
  6. Kemampuan bermain
  7. Kemampuan lingkungan seseorang

Sehingga pada intinya, Nusbaum menjelaskan bahwa kapabilitas seseorang dapat dilihat dalam berbagai aspek ia melakukan proses interkasi sosial serta mampu survaif dengan kehidupan yang telah berjalan.

Macam Kapabilitas

Adapun jikalau dilihat dari jenis-jenis kapabilitas, antara lain;

  1. Kapabilitas Bisnis

Kapabilitas ini berisi tentang rancangan dalam proses mengerakan roda perekonomian yang menguntungkan. Sehingga diakui ataupun tidak dalam bisnis di perusahaan mengedepannya kapabilitas yang menyakut tentang perfeksionalitas.

  1. Kapabilitas Kepemimpinan

Berhubungan dengan kapabilitas pemimpin dimaknai sebagai tahapan dalam menggerakan setiap bawahan didalamnya. Melalui jalan inilah banyak pihak yang mengemukakan setiap individu memiliki beragam berbedaan satu sama lainnya.

  1. Kapabilitas Sosial

Terakhir, dalam klasifikasi kapabilitas ditemukan untuk kehidupan yang berkaitan erat dengan hubungan sosial antara manusia. Maka dengan jalanan inilah kerapkali kapabilitas sosial diartikan sebagai gambaran abtrak yang mampu menghubungkan masyarakat dengan masyarakat lainnya, baik secara individu ataupun kelompok. Baca juga; Contoh Nilai Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

Contoh Kapabilitas

Adapun untuk contoh kapabilitas yang bisa ditemukan dalam kehidupan masyarakat pada saat ini misalnya saja tentang bentuk sistem pemerintahan di Indonesia, yang termasuk dalam pengertian demokrasi. Dalam tahapan ini melihat proses pemilu yang dilakukan oleh penduduk di Indonesia, yang biasanya mengutamakan tentang hasil kinerja daripada janji-janji yang diutarakan.

Maka tak khayal, bagi masyarakat yang merasakan hidup di orde baru pada masa kepemimpinan Presiden Soharto banyak ditemukan tentang sosok yang menciptakan berbagai pembangunan di Indonesia, bahkan berkat jasa-jasa yang beliau lakukan sematan “Bapak Pembangunan” melakat pada Orde Baru “Soeharto”.

Meskipun pendapat ini menuai pro dan kontra dalam kehidupan masyarakat, akan tetapi telah sebagai gambaran kapabilitas beliau mampu membangun Indonesia dari berbagai segemen, terutama pengentakan masalah kependudukan serta berbagai bidang di sektor pertanian. Hal inilah dimaksukan sebagai salah satu bentuk kapabilitas kepemimpinan.

Demikianlah uraian atas penjelasan tentang pengertian kapabilitas menurut para ahli, macam, dan contohnya dalam kehidupan masyarakat. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta pengetahuan bagi pembaca. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *