Pengertian Kapabilitas, Macam, dan Contohnya

Diposting pada

Kapabilitas Adalah

Kapabilitas kerapkali menjadi istilah yang sangat lekat dalam kehidupan masyarakat. Perwujutan akan arti pemaknaan ini menjadi penting takalan dihubungkan dengan syarat interaksi sosial antara individu dengan individu lainnya. Alasannya karena dengan bentuk interaksi sosial tersebut kapabilitas seserang bisa secara nyata terlihat, artinya semakin ia mampu mengendelikan lawan pembicaraannya maka semakin terlihat kemampuannya dalam mendominalisinya.

Oleh karena itulah kapabilitas sangatlah diperlukan. Terutama berhubungan dengan kekuasaan dalam sistem sosial perpolitikan, pendominasian dalam bentuk kelompok sosial tertentu, dan lain sebagainya. Bahkan dengan kapabilitas juga seseorang sangatlah mudah mendapatkan status sosial dan peran sosial di lingkungannya.

Kapabilitas

Kapabilitas ialah konsep pengukuran yang digunakan setiap masyarakat untuk melihat kemampuan berbagai bidang sisi kehidupan. Prihal ini misalnya saja dalam organisasi sosial, departemen, indivudu, ataupun sistem. Proses ini dilihat dari cara meraih vidi (tujuan-tujuannya) dengan tingkat keberhasilannya.

Pengertian Kapabilitas

Kapabilitas adalah prosesi yang dipergunakan oleh khalayak umum untuk menilai akan kemampuan dalam kelompok sosial ataupun individu, yang bisa dilihat dari tujuan, cara kerja, hasil, serta laporan akhirnya sehingga diaggap berguna untuk menentukan nilai sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

Pengertian Kapabilitas Menurut Para Ahli

Adapun definisi kapabilitas menurut para ahli, antara lain;

  1. Baker dan Sinkula (2005), Kapabilitas adalah adanya keterampilan yang lebih spesifik yang diperoleh individu dan kelompok tertentu sebagai proses sosial dan interaksi sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber daya ke keunggulan kompetitif.
  2. KBBI (2014), Definisi kapabilitas ialah perwujutan yang menggambarkan kemampuan yang tidak sebatas memiliki arti keterampilan (skill) akan tetapi secara nyata paham secara mendetail sehingga benar benar menguasai kemampuannya dari titik kelemahan hingga cara mengatasinya.
  3. Nusbaum

Sebagai salah satu ahli dalam ilmu sosial ia mengemukakan bahwa untuk tahapan dalam pengukuran dimensi kapabilitas, diperlukan beberapa istilah. Yang diantaranya adalah sebagai berikut;

  1. Kemampuan kesehatan
  2. Kemampuan integritas
  3. Kemampuan emosi
  4. Kemampuan alasan praktis
  5. Kemampuan afiliasi
  6. Kemampuan bermain
  7. Kemampuan lingkungan seseorang

Sehingga pada intinya, Nusbaum menjelaskan bahwa kapabilitas seseorang dapat dilihat dalam berbagai aspek ia melakukan proses interkasi sosial serta mampu survaif dengan kehidupan yang telah berjalan.

Macam Kapabilitas

Adapun jikalau dilihat dari jenis-jenis kapabilitas, antara lain;

  1. Kapabilitas Bisnis

Kapabilitas ini berisi tentang rancangan dalam proses mengerakan roda perekonomian yang menguntungkan. Sehingga diakui ataupun tidak dalam bisnis di perusahaan mengedepannya kapabilitas yang menyakut tentang perfeksionalitas.

  1. Kapabilitas Kepemimpinan

Berhubungan dengan kapabilitas pemimpin dimaknai sebagai tahapan dalam menggerakan setiap bawahan didalamnya. Melalui jalan inilah banyak pihak yang mengemukakan setiap individu memiliki beragam berbedaan satu sama lainnya. Adapun biasanya untuk hal kapabilitas ini berada dalam sistem politik

  1. Kapabilitas Sosial

Dalam klasifikasi kapabilitas ditemukan untuk kehidupan yang berkaitan erat dengan hubungan sosial antara manusia. Maka dengan jalanan inilah kerapkali kapabilitas sosial diartikan sebagai gambaran abtrak yang mampu menghubungkan masyarakat dengan masyarakat lainnya, baik secara individu ataupun kelompok.

Contoh Kapabilitas

Contoh Kapabilitas
Contoh Kapabilitas

Adapun untuk contoh kapabilitas di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Sistem Pemerintahan

Tentang bentuk sistem pemerintahan di Indonesia, yang termasuk dalam pengertian demokrasi. Dalam tahapan ini melihat proses pemilu yang dilakukan oleh penduduk di Indonesia, yang biasanya mengutamakan tentang hasil kinerja daripada janji-janji yang diutarakan.

Maka tak khayal, bagi masyarakat yang merasakan hidup di orde baru pada masa kepemimpinan Presiden Soharto banyak ditemukan tentang sosok yang menciptakan berbagai pembangunan di Indonesia, bahkan berkat jasa-jasa yang beliau lakukan sematan “Bapak Pembangunan” melakat pada Orde Baru “Soeharto”.

Meskipun, pendapat ini menuai pro dan kontra dalam kehidupan masyarakat, akan tetapi telah sebagai gambaran kapabilitas beliau mampu membangun Indonesia dari berbagai segemen, terutama pengentakan masalah kependudukan serta berbagai bidang di sektor pertanian. Hal inilah dimaksukan sebagai salah satu bentuk kapabilitas kepemimpinan.

  1. Perusahaan

Prihal pekerjaan adanya kapabilitas juga sangatlah diperlukan. Misalnya saja diperusahaan yang sedang kita pimpin kedatangan beberapa karyawan mutasi yang berasal dari daerah yang memiliki unsur budaya yang lumayan berbeda dengan budaya dari mayoritas karyawan di perusahaan anda.

Sehingga beberapa karyawan terlihat menjauhi karywan baru tersebut. Maka, sikap seseorang yang memiliki kapabilitas sudah seharusnya membuat acara dengan tujuan meningkatkan keakraban para karyawan dengan
memasukkan kegiatan edukasi antar arti budaya agar karyawan dapat berfikir positif terhadap perbedaan yang ada sehingga pekerjaan nantinya bisa berjalan sebagimana mestinya.

Demikianlah uraian atas penjelasan tentang pengertian kapabilitas menurut para ahli, macam, dan contohnya dalam kehidupan masyarakat. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta pengetahuan bagi pembaca. Trimakasih,

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *