Pengertian Kuesioner Terbuka dan Contohnya

Diposting pada

Contoh Kuesioner Terbuka

Setiap mahasiswa yang sudah memasuki pada periode akhir tentusaja memiliki tugas menyusun skripsi agar dapat lulus dan meraih gelar sarjana. Skripsi adalah tugas akhir mahasiswa dengan tingkat strata 1 untuk disusun agar dapat di katakan lulus.

Pada saat proses penyusunan skripsi yang pertama dilakukan oleh mahasiswa adalah menemukan suatu topik penelitian yang dapat diselesaikan dengan teori yang mana itu semuanya didapatkan pada saat duduk di bangku kuliah. Judul skripsi yang ditentukan harus memperhatikan subjek, objek, variabel, dan lokasi dengan memenuhi kaidah metode penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Untuk proses metode penelitian kualitatif membutuhkan pedoman wawancara sedangkan dalam proses penelitian kuantitatif membutuhkan kuesioner. Yang dalam pembagiannya kuesioner dibagi menjadi tiga, yakni terbuka, kuesioner tertutup, dan campuran.

Kuesioner Terbuka

Pengertian kuesioner terbuka adalah serangkaian pertanyaan yang diberikan kepada informan dengan terbuka. Kuesioner dengan jenis pertanyaan terbuka ini mengandung arti bahwa peneliti memberikan kebebasan pada setiap jawaban yang hendak diberikan oleh responden tanpa batasan apapun yang masih sejalan dengan permasalahan penelitian, terutama disesuikan dengan rumusan masalahnya.

Syarat Pembuatan Kuesioner Terbuka

Sebelum membuat kuesioner untuk penelitian kuantitatif, seorang peneliti harus memperhatikan beberapa syarat yang harus dipelajari dengan seksama sebelum membuat pertanyaan yang akan diberikan kepada informan.

Hal ini lantaran mengandung maksud agar pada saat pembuatan kuesioner, responden mampu menjawab dengan baik dan nyaman.

Kuesioner harus memperhatikan beberapa hal, antara lain;

  1. Bahasa yang dipergunakan dalam kuesioner terbuka dapat dipahami oleh responden,
  2. Kalimat yang terdapat dalam kuesioner harus sederhana
  3. Kalimat yang dipilih dalam pembuatan kuesioner untuk pertanyaan terbuka harus spesifik pada permasalahan penelitian yang akan dikaji agar tidak karuan kemana-mana.

Sebagai penjelasan lengkapnya misalnya ketika di sebuah lapangan dalam penelitian tentusaja pembahasaan dalam kuesioner terbuka ini haruslah memiliki serangkaian kriteria yang mampu diapahmi oleh informan.

Contohnya saja ketika memberikan pertanyaan terkait indeks sebuah produk dalam usaha perdagangan. Proses pembuatan kuesioner haruslah dengan bahasa yang sehari-hari dipergunakan masyarakat.

Contohnya;

Pertanyaan terkait produk henphone dari China, tentusaja pertanyaan yang diberikan bukan “Apakah bapak puas dengan representasi henphone ini, baik kwalitas ataupun harganya?”.

Makna representasi disini tentusaja hanya dipahami oleh sebagian orang terutama yang memahami kajian ilmu sosial. Seharusnya pertanyaan diberikan ialah “Apakah bapak sebagai pengguna henphon dari China ini merasa puas dengan kwalitas barangnya?.

Contoh Kuesioner Terbuka

Sedangkan untuk memperjelas daripada contoh dalam pertanyaan untuk kuesioner terbuka dalam ciri penelitian kuantitatif, antara lain adalah sebagai berikut;

Bagimana saran bapak terkait dengan pelayanan yang diberikan rumah sakit ini?

Jawaban yang diberikan misalnya saja “Saya merasa pelayanan yang ada di rumah sakit ini sudah baik semua hal dilayani dengan baik, hanya saja terkadang masih banyak antrian karena petugas yang ada disini saya nilai masih kurang”.

Apakah bapak masih melihat adanya KKN di lingkungan Pemerintah Daerah Jayapura ini?

Jawaban yang diberikan atas pertanyaan dalam kuesioner terbuka ini misalnya saja “KKN kalau di lingkungan pemerintah disini sudah tidak ada, dulu ada sedikit-sedikit tapi pada saat sekarang sepertinya pelayanan yang diberikan sudah cukup baik, semuanya kalau mengrus sesuatu harus sesuai dengan prosedur, menurut saya sih tidak ada ya”.

Menurut pendapat sudara apakah fasilitas di yang ada di Rumah Sakit dalam pengurusan BPJS disini cukup baik?

Jawaban yang diberikan dalam pertanyaan ini misalnya saja “Menurut pendapat saya sih pengurusan BPJS di rumah sakit ini sudah lumayan baik, tapi ya itu antriannya panjang belum lagi ya, kalau misalnya mau rujuk ke rumah sakit yang lebih tinggi kadang masih dipersulit sih“.

Nah, itulah tadi penjelasan serta pengulasan yang bisa kami berikan kepada segenap pembaca terkait dengan pengeratian kuesioner terbuka, syarat pembuatan, contoh dan jawaban singkatanya. Semoga bisa membantu ya bagi kalian yang sedang melakukan penelitian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *