Contoh Sugesti dalam Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Sugesti Dalam Keseharian

Sugesti merupakan salah satu bentuk fenomena sosial yang memiliki peranan penting dalam mendorong masyarakat untuk melakukan perubahan secara signifikan ataupun tidak. Biasanya sugesti lahir atas dasar ketidaksengajaan yang di dapatkan seseorang dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itulah sebagai penjelasan lebih lanjut, artikel ini mengulas tentang beragam contoh sugesti dalam kehidupan masyarakat.

Sugesti

Pengertian sugesti adalah dorongan yang dilakukan individu untuk melakukan perubahan-perubahan atas dirinya sendiri, dengan pengaruh dari orang lain yang menyampaikan secara terbuka dan tertutup. Pengaruh ini bisa berdampak negative bisa juga berdampak positif.

Dengan demikinalah setidaknya, beragam macam sugesti dalam kehidupan masyarakat akan senantiasanya dikenal lebih dalam, antara lain;

Positif

Sugesti positif yang lebih dikenal dalam Bahasa Inggris “prestive suggestion” merupakan bentuk-bentuk dorongan yang terjadi pada seseorang agar melakukan perubahan lebih baik lagi, implementasi atas sugesti ini lebih dekat pada kegiatan yang dilakukan setelah memperoleh masukan.

Misalnya saja untuk contoh sugesti positif dalam kehidupan masyarakat, adalah printah yang dilakukan oleh kepala daerah untuk membersihkan lingkungan dengan cara setiap hari Jum’at Gotong Royong. Selain memberikan dorongan, kepada desa biasanya memberi Bumbu-bumbu pemanis, dengan lingkungan bersih akan sehat ataupun pada Hari Jum’at dalam Islam disunahkan untuk bersih-bersih.

Negatif

Sugesti dalam bentuk yang kedua ialah bersifat negatif, dalam Bahasa Inggris dikenal dengan istilah negative suggestion. Intisari dari dorongan ini akan menimbulkan contoh konflik sosial dalam masyarakat, bakan bila dilestarikan akan mengancam keutuhan bangsa dan negara (disintegrasi).

Contohnya dalam bentuk sugesti negatif ini misalnya saja ialah prilaku orang tua yang mengaharuskan anaknya untuk kuliah di Jurusan Teknik Sipil. Padahal secara minat dan bakat anaknya lebih condong pada Jurusan Sosiologi. Jika dipaksakan bukan mustahil semua itu tidak akan membuat anak berkembang lebih baik lagi, malah gagal dalam dunia perkualiahannya.

Kerumunan

Jenis-jenis sugesti yang ada dalam kehidupan masyarakat, terkhir adalah kerumunan. Dalam Bahasa Inggrisnya dikenal dengan sitilah “crowd suggestin” yang artinya dijalankan secara kelompok untuk melakukan tindakan-tindakan sosial baik yang positif ataupun negatif.

Contoh sugesti kerumunan ini misalnya saja dalam pola prilaku seseorang pelajar yang bergaul dengan lingkungan tidak baik. Pada proses lingkuanya ia mendapatkan tekanan untuk melakukan kegiatan yang dilarang, mislanya saja ialah tindakan tawuran pelajar.

Contoh Sugesti

Sebagai penjelasan lebih lanjut, dari uraian tentang sugesti sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi syarat interaksi sosial antara lain adalah sebagai berikut;

Masyarakat

Contoh prilaku sugesti dalam kehidupan masyarakat misalnya saja adanya dorongan untuk membangun bangsa dan negara Indonesia, dalam upaya ini memberikan penghargaan untuk memasang Bendera Merah Putih pada acara 17 agustusan. Tindakan ini dijalakan karena adanya sugesti yang diberikan pemerintah dalam menengenang jasa para pahlawan. Selengkapnya, baca; Pengertian Masyarakat, Unsur, Syarat, dan Bentuknya

Pendidikan

Contoh kasus tentang sugesti pendidikan yang bisa diambil misalnya saja prilaku seorang anak untuk mendapatkan prestasi terbaik dengan cara menajdi juara 1. Proses dorongan ini bisa dilakukan orang tua untuk memberikan kata-kata penyemangat yang bisa menjadi motivasi. Misalnya saja kata tentang “Masa Depan Cerah Bila Kamu Mendapatkan Juara Satu”.

Keluarga

Dalam lingkungan keluarga yang bisa dicontohkan untuk sugesti ini misalnya saja takala melihat turis asing asing yang berwisata di Indonesia. Prilaku dengan mengganakan pakain terlalu fulgar dan bergon ganti pasangan, tidak patut dicontoh.

Apalabila tindakan ini di impelemntasikan oleh keluarga dengan menerapkan kembali fungsi keluarga maka anak akan mendapatkan gambaran untuk tidak mengimentasikan prilaku turis tersebut dalam kehidupannya. Akan tetapi jikalau gagal maka seorang anak bukan mustahil akan menjadi penyebab disorganisasi keluarga. Selengkapnya, baca; Pengertian Disorganisasi Keluarga dan Contohnya

Pemasaran

Contoh prilaku yang dapat dikatakan sebagai salah satu sugesti dalam pemasaran (bisnis) misalnya saja tindakan karyawan tokoh setelah diberi pelatihan mampu menjelaskan keunggulan produk-produk yang tawarkan daripada produk dari perusahaan lain.

Prilaku Kariawan tersebut dijalankan sebagai akibat mendapatkan sugesti dalam pimpinan perusahaan tentang pentingnya menjalankan komunikasi dan kontak sosial. Sehingga secara tidak langsung melakat dalam kinerjanya dikemudian hari.

Politik

Contoh lainnya tentang prilaku sugesti dunia politik bisa dilihat dari beragam kasus-kasus saat terjadi Pemilukada (Pemilihan Kepala Daerah). Prilaku calon tokoh politik biasanya memberikan padangan atas visi dan misi yang akan dijalankan ketika ia terpilih.

Proses penyampaian yang dijalankan secara berurutan dan teratur tersebut menjadi salah satu bagian daripada sugesti politik, dengan menitikberakan pada kehidupan masyarakat. Oleh karena itulah setiap kegiatan kampaye tidak terlepas daripada sugesti ini.

Agama

Agama memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Beberapa sugesti agama pula dijalankan keeharian seseorang. Contohnya saja prilaku ntuk tidak meninggalkan kwajiban sholat pada umat Muslim (Islam), prilaku ini bagian daripada keberhasilan sugesti dengan memberikan ancaman bahwa ia akan mendapatkan hukuman kelak di neraka jika meninggalkan sembahyang.

Sosial

Contoh lainnya, yang menjadi salah satu bentuk sugesti dalam kehidupan sosial misalnya saja prilaku untuk berinteraksi dengan menjalankan kontak sosial kepada orang lain. Tindakan ini dilakukan dengan alasan bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri. Atas dasar itulah ia akan terdorong melakukan tindkan sugesti untuk melakukan proses interaksi sosial dalam pemenuhan kebutuhannya.

Dari serangkaian penjelasan tentang contoh sugesti dalam kehidupan masyarakat diatas, dapatlah dikatakan bahwa peranan tindakan ini akan senantiasa muncul dengan sendirinya baik disadari ataupun tidak, sehingga menajd pengaruh pada proses indetifikasi, imitasi, serta simpati pada diri individu itu sendiri.

Baca Juga;

  1. Pengertian Identifikasi dan Contohnya
  2. Pengertian Simpati dan Contohnya
  3. Pengertian Identifikasi dan Contohnya

Contoh Tindakan Prilaku Sugesti

Berikut ini, penjelasan tentang contoh sugesti dalam keseharian yang sangat mudah ditemukan. Mislanya saja;

  • Anak belajar dengan tersugesti untuk menjadi yang terbaik di kelasnya
  • Masyarakat melakukan tindakan goting royong untuk menjaga kebersihan lingkungan
  • Seseorang melakukan olahraga sebagai akibat dari adanya wujud sugesti bahwa dapat menjaga kesehatan tubuhnya
  • Pemerintah melakukan penekanan dalam jumlah pendudukan, lantaran tersugesti bahwa penduduk banyak akan menganggu pembangunan serta peingkatkan pengangguran
  • Keluarga memberikan dorongan kepada anaknya untuk belajar agama, lantaran tersugesti bahwa agama akan membawa prilaku yang lebih baik lagi

Demikianlah penjelasan tentang beragam contoh sugesti dalam keseharian yang bisa berdampak positif ataupun negatif dalamkehidupan masyarakat. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan pencerahan kepada segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

1 (20%) 4 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *