Contoh Diskriminasi di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Diskriminasi di masyarakat

Istilah diskriminasi biasanya digunakan untuk melukiskan, suatu pengertian tindakan sosial dari pihak mayoritas yang dominan dalam hubungannya dengan minoritas yang lemah. Diskriminasi terjadi seringkali diawali dengan prasangka. Dengan prasangka, kita membuat pembedaan antara kita dengan orang lain. Pembedaan ini terjadi karena kita adalah makhluk sosial yang secara alami ingin berkumpul dengan orang yang memiliki kemiripan dengan kita. Pembahasan lebih lanjut pada artikel ini contoh diskriminasi secara umum dan dampaknya.

Diskriminasi

Diskriminasi diartikan sebagai bentuk perlakuan tidak adil dan tidak seimbang, biasanya dilakukan untuk membedakan dan memetakan individu atau kelompok, berdasarkan sesuatu yang berupa atribut-atribut khas, seperti berdasarkan agama, ras, kesukubangsaan, atau keanggotaan dalam kelas-kelas sosial.

Pengertian Diskriminasi

Pengertrian diskriminasi adalah suatu sikap yang menunjukkan ketidaksukaan individu maupun kelompok sosial akibat adanya perbedaan terhadap individu maupun kelompok lain, sehingga hal ini memunculkan kesenjangan sosial dari keadilan yang tidak merata.

Pengertian DiskriminasiMenurut Para Ahli

Adapun pengertian diskriminasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  1. Fulthoni, Menurut Fulthoni, pengertian diskriminasi adalah perlakuan yang tidak adil dan tidak seimbang yang dilakukan untuk membedakan perorangan, atau kelompok, berdasarkan sesuatu, biasanya bersifat kategorikal, atau atribut-atribut khas, seperti berdasarkan ras, kesukubangsaan, agama, atau keanggotaan kelas-kelas sosial.
  2. Theodorson dan Theodorson, Menurut Theodorson dan Theodorson, diskriminasi adalah perlakuan yang tidak seimbang terhadap perorangan atau kelompok berdasarkan sesuatu, biasanya bersifat kategorikal atau atribut khas seperti ras, suku, agama atau keanggotaan kelas-kelas sosial.
  3. Sears, Freedman, dan Peplau, Menurut Sears, Freedman, dan Peplau,diskriminasi merupakan suatu perilaku yang menunjukkan penolakan terhadap individu atau kelompok semata-mata karena keanggotaan seseorang di dalam kelompok.

Tipe Diskriminasi

Adapuntipe-tipedaridiskriminasiadalahsebagaiberikut:

Diskriminasi secara langsung

Bentuk diskriminasi langsung dapat terlihat dari tindakan-tindakan pembatasan sesuatu misalnya, pembatasan wilayah tertentu, seperti pemukiman, jenis pekerjaan, fasilitas umum dan semacamnya, yang terjadi apabila pengambil keputusan diarahkan oleh prasangka terhadap individu atau kelompok tertentu.

Diskriminasi secara tidak langsung

Bentuk diskriminasi tidak langsung dapat terlihat melalui pembentukan kebijakan-kebijakan yang menghalangi ras/etnik tertentu untuk berhubungan secara bebas dengan kelompok ras/etnik lainnya yang mana biasanya aturan dan prosedur yang harus dijalani mengandung bias diskriminasi yang akan mengakibatkan kerugian sistematis bagi komunitas atau kelompok masyarakat tertentu.

Contoh Diskriminasi di Masyarakat

Adapun bentuk daripada contoh-contoh diskriminasi di masyarakat secara umum antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Diskriminasi yang diterima masyarakat Papua pedalaman di negerinya sendiri, orang Indonesia masih seringkali melakukan diskriminasi secara langsung maupun tidak langsung kepada mereka.
  2. Diskriminasi kepada keturunan ras Tionghoa di Indonesia masih sangat tinggi, terlihat dari banyaknya caci maki yang diterima Basuki Tjahaja Purnama/Ahok sebagai tokoh publik.
  3. Diskriminasi kepada kelompok minoritas yang terdiri dari suatu agama tertentu, di daerah yang mayoritasnya berbeda keyakinan.
  4. Diskriminasi yang diterima perempuan dalam lingkungan yang masih menekankan bahwa perempuan hanya boleh mengurusi urusan domestik.
  5. Diskriminasi tidak langsung yang perusahaan lakukan ketika membuat kriteria seleksi masuk pegawai sangat ketat dengan hal-hal fisik, tidak mengutamakan pada kompetensi.
  6. Diskriminasi yang ditujukan pada kaum pria dalam hubungan pacaran, konstruksinya pria yang akan berselingkuh, pria yang akan bermain kasar.
  7. Diskriminasi tidak langsung dirasakan oleh penyandang cacat dengan tidak tersedianya layanan dengan standar yang seharusnya disediakan di kampus, atau tempat-tempat umum lainnya.
  8. Diskriminasi berupa pembully-an seringkali didapatkan oleh penyandang cacat dimanapun berada karena perbedaanya.
  9. Diskriminasi juga seringkali dirasakan para penyandang cacat yang tidak diterima dalam lowongan-lowongan kerja.
  10. Diskriminasi yang seringkali berkedok sebagai sanksi sosial dirasakan oleh para penderita penyakit HIV/AIDS, dianggap sebagai pembawa kesialan dan kehancuran.
  11. Diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS dengan menakut-nakuti bahwa tidak akan harapan untuk sembuh, pada dasarnya kematian hanya diketahui oleh Yang Maha Esa.
  12. Diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS yang secara signifikan dijauhkan dari pergaulan karena dianggap memiliki penyakit mematikan yang apabila menular akan merugikan orang banyak.
  13. Diskriminasi yang dilakukan oleh senior kepada junior di kampus.
  14. Diskriminasi yang dilakukan pimpinan perusahaan kepada bawahannya.
  15. Diskriminasi yang dilakukan orang-orang yang menempati kelas sosial atas terhadap orang-orang yang berada di kelas sosial bawah.

Dampak Diskriminasi

Dari beberapa contoh yang dapat dilihat di atas, terdapat beberapa dampak yang akan ditimbulkan akibat terjadinya diskriminasi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mekanisme pertahanan psikologi (projection)
  2. Kekecewaan, rasa kecewa dan duka yang mendalam
  3. Mengalami rasa tidak selamat dan rendah diri
  4. Persaingan dan eksploitasi

Demikianlah penjelasan mengenai contoh-contoh diskriminasi secara umum dan dampaknya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah wawasan, juga menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mendalami serta mencari referensi mengenai ‘diskriminasi’. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *