Contoh Diskriminasi di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Diskriminasi di masyarakat

Istilah diskriminasi biasanya digunakan untuk melukiskan, suatu arti tindakan sosial dari pihak mayoritas yang sifatnya dominan dalam hubungannya dengan minoritas yang lemah. Sehingga diskriminasi terjadi seringkali diawali dengan prasangka. Alasannya karena prasangka sosial inilah setidaknya membuat pembedaan antara kita dengan orang lain.

Pembedaan ini terjadi karena kita adalah makhluk sosial yang secara alami ingin berkumpul dengan orang yang memiliki kemiripan dengan kita. Disisi lainnya, diskriminasi dapat dengan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Baik dalam ras, etnis, gender, maupun dalam agama.

Diskriminasi

Diskriminasi adalah bentuk tindakan sosial dengan berprilakuan tidak adil dan tidak seimban yang  biasanya dilakukan untuk membedakan dan memetakan individu dan kelompok, berdasarkan sesuatu yang berupa atribut-atribut khas, seperti berdasarkan agama, ras, kesukubangsaan, atau keanggotaan dalam jenis kelas sosial tertentu.

Contoh Diskriminasi

Diskriminasi di Indonesia
Contih Diskriminasi

Adapun bentuk daripada contoh-contoh diskriminasi di masyarakat secara umum antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Masyarakat Papua di Indonesia

Prihal ini untuk contohnya saja diskriminasi yang diterima masyarakat Papua pedalaman di negerinya sendiri, orang Indonesia masih seringkali melakukan diskriminasi secara langsung maupun tidak langsung kepada mereka. Alasannya karena perbedaan warna kulit maupun sifat yang berbeda.

  1. Ras Tionghoa di Indonesia

Diskriminasi kepada keturunan ras Tionghoa di Indonesia masih sangat tinggi, terlihat dari banyaknya caci maki yang diterima Basuki Tjahaja Purnama/Ahok sebagai tokoh publik yang pada waktu itu menjadi Gubernur DKI Jakarta bahkan saat ini menjadi salah satu pejabat di Pertamina.

  1. Agama

Prihal agama ada banyak contoh diskriminasi kepada kelompok minoritas yang terdiri dari suatu agama tertentu, di daerah yang mayoritasnya berbeda keyakinan. Hal ini misalnya saja ketika melihat kasus yang ada Negara Myanmar kepada Rohingya.

  1. Gender

Dalam kesetaraan gender kandakala masih terlihat diskriminasi yang diterima perempuan dalam lingkungan sosial yang masih menekankan bahwa perempuan hanya boleh mengurusi urusan domestik.

Sehingga hal ini memuculkan sikap ketidaksukaan individu maupun kelompok sosial akibat adanya perbedaan terhadap individu maupun kelompok lain, yang akhirnya memunculkan kesenjangan sosial dari keadilan yang tidak merata kepada kaum wanita.

Contoh kasusnya misalnya di daerah tertentu yang ketika ada pemilihan Gubernur maupun Walikota kadangkala ada yang mengatakan bahwa pimpinan perempuan tidak semistinya untuk dipilih.

  1. Pekerjaan

Dalam hal pekerjaan yang bisa dilakukan sebagai diskriminasi tidak langsung. Misalnya saja ketika perusahaan membuat kriteria seleksi masuk pegawai sangat ketat dengan hal-hal fisik, tidak mengutamakan pada kompetensi. Hingga akhirnya hal ini menyingkirkan kesempatan untuk seseorang yang tidak memiliki fisik menarik.

  1. Keluarga

Dalam arti keluarga deskriminasi juga bisa ditemukan. Misalnya saja diskriminasi yang ditujukan pada kaum pria dalam hubungan sosial untuk berpacaran, konstruksinya pria yang akan berselingkuh, pria yang akan bermain kasar.

Sehingga persepsi ini menimbulkan adanya perilaku yang menunjukkan penolakan terhadap pria pada individu atau kelompok semata-mata karena keanggotaan seseorang di dalam kelompok.

  1. Pendidikan

Diskriminasi tidak langsung dirasakan oleh penyandang cacat dengan tidak tersedianya layanan dengan standar yang seharusnya disediakan di kampus atau lembaga pendidikan lainnya. Hal ini tentusaja tidak memberikan ruang bagi seseorang yang memiliki kekurangan dalam fisik.

  1. Kehidupan Sehari-Hari

Dalam adanya hubungan sosial pertemanan kadangkala ada sikap diskriminasi berupa pembully-an yang diakui maupun tidak seringkali didapatkan oleh penyandang cacat dimanapun berada karena perbedaanya. Prihal ini tentusaja memunculkan persepsi bahwa adanya perlakuan yang tidak adil dan tidak seimbang yang dilakukan untuk membedakan perorangan, atau kelompok berdasarkan sesuatu yang bersifat kategorikal.

  1. Lingkungan Pekerjaan

Dalam lingkungan pekerjaan untuk contoh diskriminasi juga seringkali dirasakan para penyandang cacat yang tidak diterima dalam lowongan-lowongan kerja. Padahal adanya perlakuan yang tidak seimbang terhadap seseorang yang memiliki kekurangan dalam hal fisik secara nilai sosial dan norma sosial tidaklah layak.

  1. Hukum

Diskriminasi hukum yang seringkali berkedok sebagai sanksi sosial dirasakan oleh para penderita penyakit HIV/AIDS, dianggap sebagai pembawa kesialan dan kehancuran. Hal ini tentusaja sama saja dengan mengcilkan mereka dari peragulan.

  1. Kehidupan Masyarakat

Diskriminasi berupa tindakan ini bisanya terjadi terhadap penderita HIV/AIDS dengan menakut-nakuti bahwa tidak akan harapan untuk sembuh, pada dasarnya kematian hanya diketahui oleh Yang Maha Esa. Sehingga hal ini bukan hanya mengculkan namun juga memberi dorongan seseorang untuk mengakhiri hidupnya.

  1. Kesehatan

Dalam prihal kesehatan diskriminasi juga terjadi terhadap penderita HIV/AIDS yang secara signifikan dijauhkan dari pergaulan karena dianggap memiliki penyakit mematikan, alasannya kongritnya apabila menular akan merugikan orang banyak.

  1. Sekolah

Contoh lainnya. dalam tindakan diskriminasi yang dilakukan di lingkungan sekolah. Misalnya saja saja salah satu organisasi di lingkungan sekolah yang mengharushkan seorang senior mengatur junior dengan disertai ancaman, cacian, bahwa pembulian.

  1. Pimpinan Perusahaan Otoriter

Tindakan deskriminasi juga bisa terjadinya dengan melihat pimpinan perusahaan kepada bawahannya yang bersifat otoriter dengan memberikan pekerjaan di luar batas kewajaran. Alasan seorang pimpinan perusahaan otoriter bisanya karena telah memberi gaji.

  1. Kepada Masyarakat Miskin

Diskriminasi yang dilakukan orang-orang yang menempati kelas sosial atas terhadap orang-orang yang berada di kelas sosial bawah. Prihal ini tentusaja dapat dengan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja tidak diberikannya kesempatan bicara untuk pada seseorang yang memiliki kekurangan keuangan (miskin).

Kasus Diskriminasi yang Pernah Terjadi

Kasus Diskriminasi yang Pernah Terjadi
Kasus Diskriminasi yang Pernah Terjadi

Adapun sebagai pelengkap. Untuk contoh kasus deskriminasi yang pernah terjadi di Indonesia. Misalnya saja;

  1. Penyegelan pintu Masjid Al Furqon

Di Kabupaten Sukabumi baru-baru ini terjadi deskriminasi yang kepada Jemaah Ahmadiyah. Tepatnya pada Tanggal 2 Maret 2020 dengan penyegelan pintu Masjid Al Furqon. Tentusaja hal ini bisa menjadi pemicu ketidakharmonisan dalam bergama, adapun jikalau tidak setuju dengan aliran tertentu bisa mengajukan maupun melaporkan kepada pihak yang berwenang. Misalnya saja lembaga agama ini ialah MUI (Majelis Ulama Indonesia).

  1. Pengusiran Terhadap Perempuan Bercadar Pelihara 70 Anjing

Baru-baru ini kasus terjadinya deskriminasi tahun 2021 terjadi antara seseorang perempuan bercadar yang memilihara anjing dengan salah satu ormas. Padahal jikalau tidak setuju lantaran dilarang bisa dilakukan dengan memberikan penjelasan dengan baik-baik maupun dengan melaporkan pada pihak yang berwajib, tanpa melakukan persekusi bahkan pengusiran.

Jenis Diskriminasi

Di luar dari pada contoh diskriminasi yang telah disebutkan. Pada dasarnya prilaku mendiskriminasi ini dibagi dalam dua golongan. Yakni;

  1. Diskriminasi secara langsung

Bentuk diskriminasi langsung dapat terlihat dari tindakan-tindakan pembatasan sesuatu misalnya, pembatasan wilayah tertentu, seperti pemukiman, jenis pekerjaan, fasilitas umum dan semacamnya, yang terjadi apabila pengambil keputusan diarahkan oleh prasangka terhadap individu atau kelompok tertentu.

  1. Diskriminasi secara tidak langsung

Bentuk diskriminasi tidak langsung dapat terlihat melalui pembentukan kebijakan-kebijakan yang menghalangi ras/etnik tertentu untuk berhubungan secara bebas dengan kelompok ras/etnik lainnya yang mana biasanya aturan dan prosedur yang harus dijalani mengandung bias diskriminasi yang akan mengakibatkan kerugian sistematis bagi komunitas atau kelompok masyarakat tertentu.

Dari serangkaian penjelasan tersebut, setidaknya terdapat beberapa dampak yang akan ditimbulkan akibat terjadinya diskriminasi, diantaranya;

  1. Mekanisme pertahanan psikologi (projection)
  2. Kekecewaan, rasa kecewa dan duka yang mendalam
  3. Mengalami rasa tidak selamat dan rendah diri
  4. Persaingan dan eksploitasi

Demikianlah penjelasan mengenai contoh kasus diskriminasi di masyarakat yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa menambah wawasan, juga menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian.

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *