Tujuan dari Gotong Royong

Diposting pada

Tujuan Dari Gotong Royong

Gotong royong menjadi salah satu istilah yang sangat penting untuk dipahami, alasannya karena istilah ini memiliki tujuan dan manfaat dalam mempererat kerjasama antar anggota. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari tak terlepas daripada kegiatan gotong royong, baik dalam lingkungan sekolah, arti keluarga, ataupun masyarakat.

Disisi lain, setidaknya uraian gotong royong yang terjadi mencerminkan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri sehingga memerlukan keberadaan yang lainnya.

Gotong Royong

Gotong royong dalam pembahasannya berasal dari dua kata. Yakni gotong dalam bahwa jawa “mengangkat” dan royong “bersama”. Sehingga secara arti menjukan bentuk tindakan sosial yang dilakukan oleh individu dan kelompok dalam menyelesaikan pekerjaan dengan bersama-sama,

Tujuan Gotong Royong

Sedangkan beberapa tujuan melakukan kegiatan gotong royong, antara lain;

  1. Mempererat Kerukunan

Kerukunan menjadi aspek penting yang didapatkan masyarakat ketika memilih hidup bersama-sama, kerukunan ini sendiri bisa tercipta setelah terbiasanya untuk hidup saling membantu satu sama lainnya. Contoh hidup rukun misalnya saja antar masyarakat saling membantu ketika ada yang mengalami masalah tertentu.

  1. Memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan

Perasaan untuk saling menjaga satu sama lain ini timbul apabila seseorang sadar akan pentingnya persatuan dan kesatuan.

Aspek ini biasanya didapatkan setelah dilakukan kegiatan gotong royong dalam jangka waktu tertentu. Sehingga pada akhirnya setiap  individu sudah mengetahui cara-cara berinteraksi dan bersikap, sehingga setiap tindakannya dijaga dengan baik.

  1. Mempererat tali persaudaraan (silaturrahmi)

Tujuan melakukan kegiatan gotong royong juga dapat meningkatkan ikatan silahturahmi agar lebih kuat, hal ini terjadi karena adanya komunikasi yang dilakukan secara intens antar masyarakat dalam kurun waktu tertentu sehingga memberikan akibat yang positif.

  1. Menciptakan Hubungan Sosial yang Harmonis

Tujuan lainnya dalam melakukan gotong royong ialah mampu menjadi faktor penentu hubungan sosial yang harmonis. Alasannya karena hubungan yang terjalin setiap individu maupun kelompok dengan dinamis dan menciptakan hubungan-hubungan sosial yang lainnya dapat terjadi jika saling membantu satu sama lainnya.

Contoh Kegiatan Gotong Royong

Adapun untuk contoh kegiatan yang termasuk dalam gotong royong ini, misalnya saja;

  1. Masyarakat

Dalam kehidupan masyarakat kegiatan gotong royong dilakukan untuk berbagai kepentingan, salah satunya seperti membangun rumah ataupun memindahkan rumah dari tempat satu ke tempat yang diinginkan. Masyarakat bisanya senantisa memberikan bantuan kepada pihak yang membutuhkan, sehingga akibatnya dalam hal ini memberikan manfaat dalam angggaran pengeluaran.

  1. Sekolah

Dalam ranah lembaga pendidikan, seperti sekolah. Kegiatan gotong royong juga kerapkali dilakukan, misalnya saja seperti bersih-bersih lingkungan sekolah dengan terlebih dahulu setiap siswa membawa peralatan pertanian seperti sabit, gergaji, ataupun cangkul.

Kegiatan ini selain memberikan manfaat untuk kebersihakan lingkungan sendiri juga mampu menigkatkan solidaritas sosial antara siswa/i yang melakukannya.

Itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada semua pembaca berkenaan dengan tujuan gotong royong dan contohnya. Semoga menambah pengetahuan.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *