Contoh Tindakan Berorientasi Nilai

Diposting pada

Tindakan Berorientasi Nilai

Tindakan sosial yang dikenal dalam objek kajian sosiologi sebagai social action hampir setiap hari dilakukan oleh semua orang di seluruh dunia, baik disadari maupun tidak menyadarinya. Namun yang pasti secara sederhana tindakan sosial termasuk berkumpul individu dan kelompok dalam membantu meningkatkan kehidupan dan memecahkan masalah yang penting.

Disisi lainnya, teori tindakan sosial menurut Max Weber membagi bentuk tindakan sosial dalam berbagai macam. Salah satunya ialah perilaku sosial berorientasi nilai. Adapun contohnya seperti pada penggunaan nilai etika, estetika, agama, dan lain-lain.

Tindakan Berorientasi Nilai

Tindakan rasional berorinetasi nilai ialah perilaku yang senantisa berkaitan dengan nilai-nilai dasar yang berkembang di masyarakat, dimana biasanya tindakan ini ditandai dengan prinsip-prinsip moral atau etika yang dilaksanakan secara kolektif untuk kebaikan masyarakat.

Oleh karena itulah maka tak khayal bahwa tindakan rasional berorientasi nilai dipandu oleh ideologi atau etika kolektif yang telah menjadi keteraturan sosial bersama.

Contoh Tindakan Berorientasi Nilai

Adapun untuk contoh tindakan sosial yang berorientasi nilai di masyarakat dalam keseharian. Misalnya saja;

  1. Seorang anak yang menghentikan permainannya untuk sementara waktu untuk melakukan ibadah terlebih dahulu. Tindakan ini didorong oleh nilai-nilai agama, yaitu dengan melakukan ibadah anak tersebut tentunya berharap untuk mendapatkan pahala daru Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Umat muslim laki-laki yang pergi ke masjid pada setiap hari Jumat untuk melakukan ibadah sholat Jumat. Begitu pula umat Kristen yang pergi ke gereja pada setiap hari Minggu yang juga untuk melakukan ibadah sesuai dengan keyakinannya.
  3. Seorang prajurit yang menyerahkan nyawanya untuk negara. Tindakannya tidak diarahkan untuk mencapai tujuan material tertentu seperti kekayaan. Realitas sosial atas perilaku ini demi nilai-nilai tertentu seperti kehormatan dan patriotisme.
  4. Kita lebih memiliki makan dan minum dengan menggunakan tangan kanan dibandingkan tangan kiri, karena kita merasa nilai-nilai itulah yang dianggap baik, lumrah, wajar atau benar dalam masyarakat.
  5. Kita lebih memiliki makan dengan menggunakan sendok ketika sedang dalam jamuan makan malam dengan pejabat. Seperti halnya contoh pada nomor tiga, tindakan inilah yang dianggap baik, lumrah, wajar atau benar dalam masyarakat.
  6. Menggunakan tangan kanan saat memberi atau menerima sesuatu sebab masyarakat menganggap penggunaan tangan kanan lebih sopan dibandingkan tangan kiri.
  7. Seorang pemuda yang memberikan tempat duduknya kepada orang tua atau wanita hamil ketika berada di dalam kendaraan umum. Hal itu berkaitan dengan nilai-nilai etika karena yang dilakukan pemuda tersebut mencerminkan perbuatan yang dianggap baik oleh masyarakat.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian tindakan sosial berorientasi nilai dan contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberikan pemahaman bagi kalian semuanya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *