Contoh Komunitas yang Sering Ditemukan Dalam Keseharian

Diposting pada

contoh komunitas

Komunitas menjadi salah satu ciri khas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Setiap individu secara langsung ataupun tidak selalu ikut berpartisipasi aktif dalam komunitasnya. Hal ini seringkali di dasari pada hakaket manusia yang tidak bisa hidup sendiri. Oleh karena itulah, sebagai penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini akan mengungkapkan beberapa contoh komunitas.

Komunitas

Istilah komunitas berasal dari Bahasa Inggris “comunity” yang memiliki pandangan sebagai sekumpulan masyarakat untuk berintegrasi dan menyamakan persepsi satu sama lainnya. Padangan terhadap komunitas memiliki arti penting untuk mencipatakan tujuan kebersatuan.

Komunitas Menurut Para Ahli

Adapun definisi mengenai komunitas, diaungkapkan oleh para ahli. Antara lain;

  1. Fairi, Pengertian komunitas adalah sekumpulan masyarakat yang hidup dalam kesatuan dan kepahaman untuk menciptakan kebersamaan dalam pandangan-pandangan yang berbeda. Arti ini merujuk pada masyarakat yang ingin selalu hidup dalam kedamaian.
  2. World Health Organization (WHO, 1974), Komunitas adalah sebagai kelompok sosial yang ditentukan oleh batas-batas wilayah, nilai-nilai keyakinan dan minat yang sama, serta adanya saling mengenal dan interaksi antara anggota masyarakat yang satu dengan yang lainnya.
  3. Spradley (1985), Makna komunitas ialah sebagai sekumpulan orang yang saling bertukar pengalaman penting dalam hidupnya.
  4. Koentjaraningrat (1990), Definisi komunitas yaitu suatu kesatuan hidup manusia yang menempati suatu wilayah nyata dan yang berinteraksi menurut suatu sistem adat-istiadat serta terikat oleh suatu rasa identitas dalam komunitas.
  5. Wahit (2005), Pengertian komunitas ialah sebagai sekelompok individu yang tinggal pada wilayah tertentu, mempunyai nilai-nilai keyakinan dan minat yang relatif sama, serta adanya interaksi satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan.

Contoh Komunitas

Contoh komunitas yang akan disebutkan ini biasanya memiliki latar belakang yang sama, misalnya dalam daerah yang sama, hobi yang sama, ataupun dalam kesamaan yang berbeda. Contoh komunitas ini adalah sebagai berikut;

  1. Komunitas Sosial

Contoh yang bisa disebutkan dalam komunitas sosial misalnya saja adalah tentang bantuan yang diberikan kepada orang-orang yang tidak mampu. Untuk mengakomodirnya pada saat ini banyak masyarakat yang membentuk sikap kepulian bersama-sama, upaya ini dilakukan dengan memberikan pertolongan kepada masyarakat melalui saluran ditrubusi bantuan yang diberikan.

Contoh pengalan atas komunitas sosial ini misalnya saja adanya komunitas yang dibentuk oleh Cak Budi sebagai salah seorang yang peduli dengan kondisi sosial masyarakat. Dalam prosesnya cak budi kerapkali mendirikan membantu banyak orang, terutama yang kurang mampu secara finansial.

  1. Komunitas Ekosistem

Kependlian terhadap lingkungan mendorong berbagai pihak untuk menciptakan eksosistem yang baik, upaya ini dilakukan dengan malahirkan komunitas yang melakukan kajian serta kemudian menginformasikan kepada masyarakat.

Misalnya saja dalam hal ini adalah komunitas pencinta alam yang melalukan kajian terhadap kerusakan pegunungan. Hal ini bisa di implementasikan dalam ruang lingkup pendidikan, misalnya saja adanya Mapala (Mahasiswa Pencinta Alam).

  1. Komunitas Hewan

Contoh lainnya yang bisa disebutkan adalah komunitas berdasarkan hobi, lahir dari hekakat manusia yang memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut seringkali dapat dipertakan dengan adanya hobi, misalnya saja dalam hal ini adalah Komunitas Pencinta Kucing yang saat ini sedang beredar di internat.

  1. Komunitas di Sekolah

Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan di Indonesia juga ditemukan banyak komunitas, kondisi ini dilakukan guna menciptkakan kebersamaan antar masyarakat. Contoh nyata dalam komunitas di sekolah misalnya Komunitas Penulis Muda, bahkan ada juga yang mudah ditemukan adalah KIR (Karya Ilmiah Remaja).

  1. Komunitas Religius

Contoh terbentuknya komunitas juga seringkali dilakukan dalam Agama, setiap agama memiliki karakteristik tertentu dalam pengendalian penyimpangan sosial. Tindakan ini misalnya saja dengan adanya Komunitas Anti Pacaran, yang mana Pacaran dalam Islam itu dilarang.

  1. Komunitas Penelitian

Riset menjadi salah satu bagian penting dalam perkembangan ilmua pengetahuan, bahkan dalam proses penyusunan riset ini sendiri juga ditemukan komunitas yang menaungi bidang penelitian. Contohnya saja ialah adanya Ikatan Lembaga Penalaran dan Penelitian Mahasiswa Indonesia (ILP2MI).

  1. Komunitas Kearifan Lokal

Bentuk lain dari aanya komunitas yang mengurusi terkait dengan kearifan lokal di masyarakat, misalnya saja Lampung Say yang dibentuk oleh masyarakat asli Lampung. Tujuan pembentukan ini berawal dari hasil dari pertemuan masyarakat Lampung dalam jumlah kecil dan terlibat di tempat yang ditunjuk untuk sama-sama pedulu dengan budaya daerah.

  1. Komunitas Perkotaan

Bentuk komunitas yang ada di masyarakat perkotaan dapat kita jumpai misalnya saja masyarakat perkotaan yang sama-sama bekerja sebagai Ojek Online, pada saat ini ia membentuk komunitas untuk mempererat kehidupan di lingkungan sosialnya.

  1. Komunitas Penggemar Artis

Bentuk lain dari adanya komunitas yang ada di masyarakat adalah penggembar artis yang bisa disebut sebagai salah satu public figure, artis yang bekerja di bidang infotaiment senantiasanya memiliki penggemar yang mereka akan membentuk kesatuan yang sama.

  1. Komunitas Lokal

Penggunaan nama komunitas yang terdapat dalam masyarakat juga ada dengan kegori lokal. Dimana ini dapat diartikan sebagai orang-orang yang tinggal di suatu darah yang terbatas secara geografis, mereka berkomunikasi dengan satu sama lain dan mempunyai ikatan antara orang-orang yang tinggal di sana dan daerah tempat tinggal.

Contoh bentuknya misalnya saja komunitas masyarakat Sunda yang khusus ada di wilayah Jawa Berat, sebagai salah satu daerah dengan bersuku asli Sunda.

  1. Komunitas Yang Terlarang

Komunitas yang hekakatnya dilarang oleh berbagai pihak terutama di Indonesia adalah komunitas yang melanggar norma sosial dan hukum, bentuk komunitas ini misalnya tentang Komunitas LGBT yang tentusaja berdirinya persatuan ini tidak akan diterima oleh masyarakat sampai kapanpun.

Nama Komunitas yang Sering Ditemukan

Untuk nama-nama komunitas yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari misalnya saja;

  1. OI (Orang Indonesia) yang merupakan komunitas dari pencinta lagu-lagu Iawan Fals
  2. Slankers, yang merupakan komunitas yang terdiri dari sesama pencinta Group Band Slank
  3. Sahabat Noah, yang merupakan komunitas pencinta lagu Band Noah
  4. Komunitas Medan Asri Beradab KMAB
  5. SETIA (Solidaritas Tionghua Indonesia)
  6. Komunitas Onthel Marelan

Ciri Komunitas

Karakteristik yang terdapat dalam berbagai jenis komunitas tersebut diantaranya;

  1. Integrasi Sosial

Ciri yang ada dalam komunitas adalah integrasi sosial yang berhubungan erat dengan bersatunya masyarakat dalam sejumlah perbedaan. Pengertian integrasi sosial adalah lawan kata dari diinstegrasi yang berdampak pada terciptanya masyarakat tanpa kedamaian.

  1. Persamaan Tujuan

Karakter yang kedua, dalam komunitas ialah menciptakan persamaan dalam tujuan dan harapan yang diangginkan. Banyak komunitas di Indonesia yang berdiri untuk mempermudah mencapai tujuan yang diinginkan, misalnya saja dalam hal ini ialah Komunitas Masyarakat Antikorupsi yang berlatar belakang adanya masalah korupsi di Indonesia yang saat ini sedang meninggi.

Bahkan salahsatu seorang ahli Vanina Delobelle sebagai berkumpulnya orang-orang yang mempunyai kepentingan bersama, komunitas dibentuk oleh empat faktor:

  1. Keinginan untuk berbagi
  2. Berkomunikasi di antara anggota sesuai dengan kepentingan bersama
  3. Basecamp atau wilayah di mana mereka biasanya berkumpul
  4. Berdasarkan kebiasaan di antara anggota yang selalu hadir.

Demikianlah penjelasan dan pembahasan mengenai contoh komunitas. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan baru bagi segenap pembaca yang sedang mencarai literasi mengenai “komunitas”, trimakasih,

No votes yet.
Please wait...
Voting is currently disabled, data maintenance in progress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *