Contoh Nilai Material di Masyarakat

Diposting pada
Rate this post

Nilai Material

Nilai material pada hakekatnya senantisa mengacu pada segala hal yang bermanfaat bagi fisik manusia dan dapat diukur keberadaannya dengan arti kebutuhan yang diingkan. Adapun dalam objek kajian sosiologi pembagian nilai material ini senantisa merujuk pada Profesor Notonegoro yang membagi arti nilai dalam 3 hal. Yakni vital, material, dan rohani.

Akan tetapi khususnya pada nilai material sangat mudah ditemukan dalam kehidupan bermasyarakat. Misalnya ketika makanan, minuman, payung, obat, dan kebutuhan papan (rumah).

Nilai Material

Nilai material adalah nilai yang mencakup berbagai konsepsi terkait segala sesuatu yang berguna bagi jasmani dan fisik manusia itu sendiri, sehingga secara sederhana bisa dikatakan bahwa nilai material ialah segala sesuatu yang penting bagi kebutuhan secara fisik yang diperoleh manusia.

Contoh Nilai Material

Adapun untuk contoh nilai material di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya;

  1. Makanan ketika lapar

Makan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi mahluk hidup. Manusia membutuhkan makan untuk dapat bertahan hidup, karena makanan merupakan bahan bakar kalori (energi) bagi tubuh untuk bisa melakukan fungsinya dengan baik.

  1. Minum ketika haus

Disamping makan, manusia juga sangat butuh untuk minum. Ketika kita merasa tenggorokan kita kering saat itulah tubuh membutuhkan asupan cairan. Apabila kurang minum maka akan menimbulkan berbagai permasalahan bagi tubuh sehingga disamping makanan manusia juga sangat membutuhkan minum.

  1. Rumah untuk berlindung

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Rumah akan berguna sebagai tempat tinggal atau tempat beristirahat dan berkumpul bersama keluarga sehingga akan dapat merasakan kehidupan yang aman dan nyaman. Selain itu, rumah juga dapat menunjukkan status sosial dan jenis kelas sosial dalam suatu kehidupan bermasyarakat.

  1. Pakaian untuk menutupi tubuh

Selain makanan dan makann, serta tempat tinggal pakaian juga merupakan kebutuhan pokok utama manusia. Pakaian berguna untuk menutupi dan melindungi tubuh dari berbagai macam gangguan yang tidak nyaman dan berbahaya.

Pakaian akan melidungi tubuh dari cuaca dingin, gangguan serangga, terik matahari, gesekan dengan benda lain maupun kotoran dan debu.

  1. Payung/jas hujan ketika hujan 

Ketika terjadinya hujan dan kita hendak keluar rumah maka payung ataupun jas hujan merupakan barang yang sangat kita butuhkan guna melindungi dari air hujan secara langsung agar tubuh kita tidak basah, terutama sekali kebutuhan ini berkaitan dengan kelengkapan.

  1. Jembatan untuk menyebrang

Jembatan digunakan untuk menyebrangi suatu rintangan seperti misalnya sungai atau jurang dan lain sebagainya, sehingga jembatan merupakan bagian dari infrastruktur transportasi darat yang sangat vital dalam menunjang kelancaran perjalanan.

  1. Karya seni

Karya seni budaya adalah keindahan yang ada pada suatu benda yang dapat ditangkap oleh pancaindra. Karya seni juga merupakan nilai material karena sangat berguna bagi kebutuhan jasmani atau ragawi manusia. Karya seni secara khusus diciptakan untuk dinikmati nilai estetisnya yang dapat mempengaruhi perasaan manusia.

  1. Obat/vitamin

Obat sangat dibutuhkan manusia ketika sedang sakit, sedangkan vitamin dibutuhkan manusia untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi manusia agar snantiasa sehat. Ketika sakit kita tidak boleh menunda untuk minum obat segera pulih dan beraktivitas normal seperti biasnaya.

  1. Kerudung bagi wanita Muslimah

Bagi seorang muslimah kerudung digunakan untuk menutupi kepala dan rambut atau aurat (tubuh) dan sebagai ikhtiar untuk menghindari dari hal-hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri. Kerudung ini juga menjadi bagian daripada identitas dan representasi bagi wanita Islam yang taat dalam bergama.

Itulah tadi artikel yang bisa dikemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh nilai material di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Rating: 2.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *