Pengertian Paradigma Fakta Sosial, Teori, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Paradigma Fakta Sosial

Paradigma fakta sosial menjadi salah satu bahasan penting dalam berbagai ilmu sosial, khususnya untuk objek kajian Sosiologi. Alasannya karena fakta sosial dilakukan kajian dalam rangka menelisik lebih dalam persoalan fenomana sosial dan dinamika kelompok sosial.

Dimana, untuk setiap kelompok masyrakat memiliki aturan untuk mengatur kehidupan anggotanya meski ada yang setujua ataupun tidak dalam realitasnya banyak memberikan perbedaan. Perbendaan inilah kemudian menjadi pandangan dalam paradigma.

Paradigma Fakta Sosial

Paradigma fakta sosial merupakan sistilah yang dipergunakan untuk menjelaskan tentang cara pendang seseorang atau ahli dalam ilmu sosial di dalam melihat fakta sosial, yang meliputi dinamika sosial, konflik sosial, interaksi sosial, kelompok sosial, dan lain sebaginya.

Sejarah terkait dengan munculnya istilah paradigma fakta sosial ini dilatarbelakangi oleh teori sosiologi dan tokohnya, Thomas Kuhn Pada Tahun 1962 yang secara sepsifik paradigma berarati pandangan-pandangan pokok yang dipelajari dalam menelaah ilmu pengetahuan. Sedangkan sosial adalah kajian yang mengenai masyarakat dan timbal balik yang diciptakan dalam kehidupan masyarakat.

Pengertian Paradigma Fakta Sosial

Paradigma fakta sosial adalah cara pandang yang dilakukan dengan kajian ilmu sosial melalui fakta-fakta atau realitas yang terjadi di dalam kehidupan bermasyarakat. Jenis paradigma fakta sosial ini terdiri dari  pokok dalam bentuknya, yaitu struktur sosial dan institusi sosial dalam masyarakat.

Pengertian Paradigma Fakta Sosial Menurut Para Ahli

Adapun definisi paradigma fakta sosial menurut para ahli, antara lain;

  1. George Ritzer (1992), Pengertian paradigma fakta sosial adalah cara pandang yang dilakukan berdasarkan ilmu sosial (sosiologi) sebagai upaya menjadikan fungsi dan manfaat sosiologi sebagai pengetahuan. Dengan melakukan kajian fakta sosial, definisi sosial dan prilaku sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
  2. Thomas Kuhn (1962), Definisi paradigma fakta sosial adalah pandangan pokok yang dilakukan oleh seseorang dalam memahami ilmu pengetahuan dengan sistematis, lantaran dilakukan secara objektif dan juga berdasarkan pada realistis kehidupan dalam masyarakat.
  3. Emil Durkheim, Arti paradigma fakta sosial adalah pandangan pokok yang menjadikan salah satu alasan dalam sosiologi, untuk bisa berdiri sendiri dan membedakan dengan disiplin ilmu lainnya. Yakni ilmu filsafat dan psikologi. Pengertian inilah sampai saat ini menjadi pembeda ilmu sosiologi dengan ilmu pengetahuan sosial lainnya, melalui fakta sosial.

Teori dalam Paradigma Fakta Sosial

Teori yang seringkali dipergunakan dalam paradigma fakta sosial, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Teori konflik
  2. Teori sistem
  3. Teori fungsionalisme struktural
  4. Teori sosiologi makro

Contoh Paradigma Fakta Sosial

Contoh Paradigma fakta sosial
Contoh paradigma fakta sosial

Contoh mengenai paradigma fakta sosial misalnya saja;

  1. Pekerjaan

Adanya upaya untuk menjadikan seseorang diterima dalam pekerjaan. Upaya yang dilakukan ini seperti adanya penyogokan, atau adanya orang dalam (anggota perusahaan) yang mementingkan rasa primodialisme dalam kelompok tertentu untuk diterima dalam perusahaan.

Mengapa hai ini menjadi salah satu contoh kasus paradigma fakta sosial, lantaran secara tegas pihak yang melakukan kegiatan tersebut sadar bahwa apa yang dilakukannya adalah salah, akan tetapi tetap memaksakan kehendak demi terwujudnya keinginan untuk bekerja.

  1. Korupsi

Contoh lainnya, yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari mengenai paradigma fakta sosial. Misalnya ialah korupsi, korupsi dalam bentuk apapaun, bukan hanya korupsi uang akan tetapi korupsi waktu. Tindakan korupsi berupa prilaku yang menyimpang, secara sedar sebenarnya sudah diketahu bahwa hal ini adalah salah, akan tetapi demi terwujudkan impian dan apapun seseorang akan melakukannya.

Tindakan yang dialkukan secara sadar, meskipun kita bisa membendakan bahwa hal itu salah adalah wujud contoh paradigma fakta sosial yang mana paradigma ini bersumber dari Durkheim yang menggunakan struktur makro masyarakat serta teori fungsionalisme struktural dan teori konflik melalui metode inteview.

Kesimpulan

Dari penjelasan dapat dikatakan bahwa paradigma fakta sosial dapat dikatakan fakta sosial dalam paradigma sosiologi ialah cara pandang yang dilakukan oleh para ahli sebagai upaya mengungkap realitas kehidupan melalui intaraksi sosial dan kelompok sosial.

Demikianlah bahasan dan pemahaman mengenai pengertian dan contoh paradigma fakta sosial. Semoga dengan adanya bahasan ini bisa menambah wawasan dan juga menambah refrensi.

Rating: 3.0/5. From 2 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *