Jenis Penelitian Sosial dan Contohnya

Diposting pada
4.7/4 - (37 votes)

Jenis Penelitian Sosial

Hakikat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan tentusaja banyak menghasilkan beragam penelitian. Dimana untuk metode penelitian yang dilakukan dalam sosiologi ini lebih dikenal dengan penelitian sosial. Seperti halnya dengan topik penelitian terkait dengan bentuk perubahan sosial, gejala sosial, fakta sosial, realitas sosial, dan berbagai fenomena sosial lainnya.

Oleh karena itulah terdapat jenis riset sosial yang setidaknya bisa ditinjau berdasarkan manfaat atau penerapannya, tempat penelitiannya, tujuannya, dan pendekatan yang dilakukan.

Penelitian Sosial

Penelitian sosial adalah riset yang dilakukan oleh para ahli dalam menemukan beragam bentuk gejala sosial dan dinamika kelompok sosial. Dimana keberadaan penelitian sosial ini begitu penting lantaran latar belakang sosiologi terpisah menjadi ilmu pengetahuan karena hasil yang menentukan objek kajian sosiologi dalam penelitian berbeda dengan ilmu sosial lainnya.

Perbedaan yang ada dalam penelitian sosial sosioogi karena ada banyak instrumen penelitian yang diperlukan. Selain itu dalam sosiologi juga penelitian bisa dilakukan dengan metode kualitatif dan kuantitatif (menggunakan hitungan statistika).

Jenis Penelitian Sosial

Dalam sosiologi ada beragam bentuk penelitian sosial, antara lain;

Berdasarkan Manfaat atau Penerapannya

Dalam manfaat dan penerapannya, jenis penelitian dalam sosiologi dapat diberdakan menjadi dua. Antara lain;

  1. Penelitian Dasar (basic research)

Penelitian dasar yaitu metode penelitian sosial yang bersifat murni untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan kajian dalam sosiologi. Meski demikian, riset dasar ini membutuhkan studi literatur atau studi pustaka sebagai pijakan dalam pemikiran.

  1. Penelitian Terapan (applied research)

Penelitian terapan yaitu langkah penelitian sosial yang didesain untuk dapat memecahkan beragam masaiah secara praktis dengan langsung menuju pada contoh topik penelitian dan judul penelitian yang diperlukan dalam upaya memecahkan permasalahan yang ada di lingkungan sosial bermasyarakat.

Berdasarkan Tempat Penelitiannya

Berdasarkan tempat penelitiannya, jenis penelitian sosial dapat dibedakan menjadi 3 jenis. Antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Field Research

Field research adalah jenis peneltian yang dilakukan secara langsung di lapangan. Jenis metode dalam penelitian ini bisa menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan syarat penyusunan studi pustaka dilakukan sebagai langkah awal dalam menyiapkan kerangka penelitian atau proposal agar mendapatkan informasi penelitain sejenis, memperdalam kajian teoritis atau mempertajam metodologi.

  1. Library Research

Library research adalah penelitian yang dilakukan menggunakan literatur/kepustakaan dalam pembahasan dan penerapannya. Sehingga yang setidaknya perlu dipahami disini bahwa telaah pustaka bukan hanya sekedar malayani fungsi- fungsi seperti dalam penelitian lapangan.

Penelitian kepustakaan sekaligus memanfaatkan sumber perpustakaan untuk mendapatkan data penelitian, tanpa terjun langsung ke lapangan. Berdasarkan fungsi tersebut, dapat ditegaskan bahwa penelitian kepustakaan, kegiatannya hanya terbatas pada  bahan-bahan koleksi pustaka saja tanpa membutuhkan penelitian lapangan.

  1. Laborato Research

Labarato rasearch yaitu jenis penelitian sosial yang dilakukan di tempat tertentu seperti laboratorium penelitian sosial. Dimana untuk tujuan, fungsi dan kedudukan metode ini lebih susah untuk ditentukan lantaran hakekatnya lebih dekat dengan penelitian dengan mengedepankan ilmu statistika.

Berdasarkan Tujuannya

Berdasarkan tujuannya untuk macam penelitian sosial dapat dibedakan menjadi 5. Antara lain;

  1. Penelitian Eksploratif

Penelitian eksploratif yaitu riset atas nama penelitian sosial yang bertujuan untuk dapat menemukan fakta dan ilmu pengetahuan baru secara menyeluruh berdasarkan pada tema yan telah ditentukan. Sehingga untuk tinjauan pustaka yang dibuat tentusaja harus disesuaikan lantaran bersifat pembaharuan.

  1. Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian sosial yang bertujuan memberikan gambaran mengenai fenomena tertentu dalam kehidupan bermasyarakat, dimana untuk penggunaannya sendiri khususnya pada instrumen penelitian diperlukan teknik wawancara.

  1. Penelitian Verifikatif

Penelitian verifikatif yaitu jenis riset sosial yang bertujuan menguji teori daripada penelitian sebelumnya yang sudah ada. Sehingga verifikasi ini kadangkala penggulangan dari riset sebelumnya, bahkan bisa juga dengan mengalisis temuan terbaru yang telah dilakukan pada pra penelitian.

  1. Penelitian Tindakan

Penelitian tindakan adalah jenis metode penelitian sosial yang bertujuan untuk menemukan cara baru yang Iebih efisien atau efektif. Tindakan ini kadangkalah ranahnya lebih pada arti pendidikan yang umumnya dilakukan dengan mengkaji informan dari siswa maupun pelajar di pendidikan formal, pendidikan informal, maupun dalam pendidikan non formal.

  1. Penelitian Pengembangan atau Development

Penelitian pengembangan yag juga dikenal dengan development research yaitu jenis penelitian sosial yang bertujuan mengembangkan, memperluas, dan memperdalam suatu landasaran teori atau pengetahuan dalam masyarakat dalam memperleh hasil yang lebih baik lagi.

Berdasakan Pendekatan

Penelitian sosial jikalau dilihat berdasakan pada pendekatannya terbagi menjadi dua bentuk. Yaitu;

  1. Kualitatif

Penelitian kualitatif adalah salah satu jenis penelitian sosial yang memberikan penggamabaran mengenai masalah sosial secara deskripsi atau penjelasan dalam membangun ilmu pengetahuan sosial yang di dapatkan. Karakteristik  penelitian kualitatif ini lebih memperkaya teori-teori dan studi literatur, dengan durasi waktu dibutuhkan bisa dibilang relatif lama.

  1. Kuantitatif

Jenis penelitian sosial yang terkhir adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan banyak data-data dalam masyarakat. Data yang dibutuhkan dalam ciri metode kuantitatif di penelitian sosial ini bisanya dihitung menggunakan nomor-nomor dalam statistika.

Contoh Penelitian Sosial

Contoh Jenis Penelitian Sosial

Contoh yang dapat dilakukan pembahasan dalam penelitian sosial, misalnya saja;

  1. Anak Jalanan

Topik penelitian sosial ini misalnya mengenai judul penelitian tentang “Pandangan Anak Jalanan tentang Penerapan Pendidikan Nonformal” dengan tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mendapatkan informasi mengenal pandangan anak jalanan terhadap penerapan pendidikan nonformal, selain itu tujuan yang di dapatkan adalah untuk mengetahuj persentase keikutsertaan anak jalanan dalam penerapan pendidikan nonformal.

Maka jenis penelitian sosial yang dipergunakan haruslah penelitian survei, alasan menggunakan jenis penelitian survai karena penelitian ini tidak bertujuan menjelaskan peristiwa masa lalu secara knonologis melinkan penelitian dilakukan untuk mendapatkan data-data yang valid.

Demikinalah pembahasan mengnai jenis penelitian sosial dan contohnya. Semoga dengan adanya pembahasan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pemahaman kepada setiap pembaca yang sedang mencari refrensinya.

Rating: 3.7/5. From 11 votes.
Please wait...

2 thoughts on “Jenis Penelitian Sosial dan Contohnya

  1. Sangat bermanfaat sekali. Terima kasih

    Rating: 4.2/5. From 5 votes.
    Please wait...
    1. Iya kak, trimakasih atas kunjungannya. 🙂

      Rating: 3.2/5. From 5 votes.
      Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *