Pengertian Dukungan Sosial, Jenis, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Dukungan Sosial Adalah

Dukungan sosial pada hakekatnya senantiasa mengacu pada berbagai teknik individu dan kelompok dalam membantu orang lain. Sehingga, dukungan sosial ini sendiri telah memainkan peran penting dan memberikan manfaat positif dalam kesehatan dan kesejahteraan individu. Hal ini lantaran untuk menerima dukungan dari orang lain, seseorang harus berpartisipasi setidaknya dalam satu hubungan penting.

Meski demikian, dukungan sosial sering kali diringkas sebagai jaringan individu di mana seseorang dapat mengandalkan dukungan psikologis atau material untuk mengatasi stres secara efektif. Terdapat beragam jenis dukungan sosial yang dapat ditawarkan kepada orang lain, bisa dalam bentuk dukungan instrumental (yaitu, bantuan material), dukungan penilaian/informasional (yaitu, nasihat, bimbingan, umpan balik), atau dukungan emosional (yaitu, jaminan nilai, empati, kasih sayang).

Dukungan Sosial

Istilah “dukungan sosial” sering muncul dalam diskusi tentang hubungan sosial yang terbentuk secara naluriah. Itulah sebabnya, dukungan sosial sering di identifikasikan sebagai komponen kunci dari hubungan yang kokoh dan kesehatan psikologis yang kuat. Pada dasarnya, dukungan sosial melibatkan jaringan keluarga dan teman yang dapat kita hubungi pada saat dibutuhkan.

Pengertian Dukungan Sosial

Dukungan sosial adalah jaringan sosial yang suportif yang terbentuk atas persepsi dan aktualitas bahwa seseorang dirawat untuk kemudian mendapat bantuan dari orang lain. Atas makna inilah dukungan sosial dapat diukur sebagai persepsi bahwa seseorang memiliki bantuan yang tersedia, bantuan yang sebenarnya diterima, atau sejauh mana seseorang terintegrasi dalam jaringan sosial.

Dukungan bisa datang dari banyak sumber, seperti arti keluarga, teman, hewan peliharaan, tetangga, rekan kerja, organisasi, dan lain-lain. Dukungan sosial yang diberikan oleh pemerintah dapat disebut sebagai bantuan publik di beberapa negara.

Dukungan sosial dipelajari di berbagai disiplin ilmu termasuk psikologi, kedokteran, sosiologi, keperawatan, kesehatan masyarakat, pendidikan, rehabilitasi, dan pekerjaan sosial. Dukungan sosial telah dikaitkan dengan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental, tetapi “dukungan sosial” (misalnya, bergosip tentang teman) tidak selalu bermanfaat.

Pengertian Dukungan Sosial Menurut Para Ahli

Adapun definisi dukungan sosial menurut para ahli, antara lain:

  1. Johnson (1994), Pengertian dukungan sosial adalah sebagai keberadaan orang lain yang bisa diandalkan untuk memberikan bantuan, semangat, penerimaan dan perhatian, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan sosial hidup bagi individu yang bersangkutan.
  2. Apollo dan Cahyadi (2012), Makna dukungan sosial ialah bentuk tindakan sosial yang bersifat membantu yang melibatkan emosi, pemberian informasi, bantuan instrumen, dan penilaian positif pada individu dalam menghadapi permasalahannya

Jenis Dukungan Sosial

Dukungan sosial bisa diwujudkan dalam berbagai bentuk:

  1. Dukungan Emosional

Dukungan emosional inilah yang paling sering dipikirkan orang ketika mereka berbicara tentang dukungan sosial. Orang-orang mendukung secara emosional ketika mereka memberi tahu kita bahwa mereka peduli tentang kita dan berpikir baik tentang kita.

Misalnya, jika Anda berpisah dari pasangan atau kehilangan pekerjaan, teman dekat mungkin menelepon setiap hari selama beberapa minggu pertama setelahnya hanya untuk melihat keadaan kita dan memberi tahu kita bahwa dia peduli.

  1. Dukungan Instrumental

Dukungan instrumental bisa berupa dukungan orang lain yang diberikan kepada kita dengan mengurus kebutuhan fisik kita dan menawarkan bantuan saat kita membutuhkannya.

Hal ini mungkin melibatkan membawakan kita makanan hangat saat kita sakit atau memberi tumpangan saat mobil kita ada di bengkel. Dukungan semacam itu penting ketika masyarakat memiliki kebutuhan mendesak yang harus ditangani.

  1. Bantuan Praktis

Orang-orang yang peduli pada kita memberi kita bantuan praktis seperti hadiah uang atau makanan, bantuan memasak, perawatan anak, atau bantuan pindah rumah. Jenis dukungan ini membantu kita menyelesaikan tugas dasar kehidupan sehari-hari.

  1. Berbagi Sudut Pandang

Cara lain bagi orang untuk membantu adalah dengan menawarkan pendapat mereka tentang bagaimana mereka memandang situasi tertentu, atau bagaimana mereka akan memilih untuk menanganinya. Dalam hal ini, kita dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang situasi kita dan cara terbaik untuk menanganinya.

  1. Berbagi Informasi

Dukungan sosial ini dapat melibatkan pemberian bimbingan, nasihat, informasi, dan pendampingan. Dukungan semacam itu bisa menjadi penting saat membuat keputusan atau perubahan besar dalam hidup seseorang. Akan sangat membantu jika keluarga, teman, atau bahkan pakar memberi kita informasi faktual tentang peristiwa stres tertentu.

Misalnya, seorang teman yang baru saja menikah mungkin memberikan informasi tentang biaya berbagai komponen pernikahan mereka, atau seorang penderita kanker mungkin memberikan informasi tentang apa yang diharapkan dari berbagai jenis pengobatan kanker.

Macam Dukungan Sosial Menurut Para Ahli

Adapun disisi lainnya, untuk bentuk dukungan sosial menurut para ahli, antara lain;

Rook dan Dootey

Rook dan Dootey membedakan bentuk dukungan sosial menjadi dua (Kuntjoro, 2012), yaitu:

  1. Dukungan sosial artifisial: Merupakan dukungan sosial yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan primer seseorang, misalnya yaitu dukungan sosial akibat bencana alam melalui berbagai sumbangan sosial.
  2. Dukungan sosial natural: Merupakan dukungan yang secara natural diterima seseorang melalui interaksi sosial dalam kehidupannya secara spontan dengan orang-orang yang berada di sekitarnya, misalnya yaitu anggota keluarga (anak, istri, suami dan kerabat), teman dekat atau relasi. Dukungan sosial ini bersifat non-formal.
Cohen dan Hoberman

Sedangkan Cohen dan Hoberman, membedakan bentuk dukungan sosial menjadi empat, (Isnawati dkk, 2013:3), yaitu:

  1. Appraisal Support: Merupakan bantuan yang berupa nasihat yang berkaitan dengan pemecahan suatu masalah untuk membantu mengurangi stressor.
  2. Tangiable support: Merupakan bantuan yang berupa tindakan atau bantuan fisik dalam menyelesaikan tugas.
  3. Self esteem support: Merupakan dukungan sosial terhadap perasaan kompeten atau harga diri yang dimiliki oleh individu atau perasaan seseorang sebagai bagian dari suatu kelompok yang para anggotanya memiliki dukungan yang berkaitan dengan self-esteem seseorang.
  4. Belonging support: Merupakan dukungan yang menunjukkan perasaan diterima menjadi bagian dari suatu kelompok dan rasa kebersamaan.

Tujuan Dukungan Sosial

Psikolog dan ahli kesehatan mental lainnya sering berbicara tentang pentingnya memiliki jaringan dukungan sosial yang kuat. Ketika seseorang mencoba untuk mencapai tujuan atau menghadapi krisis, para ahli sering kali meminta seseorang tersebut untuk bersandar pada teman dan keluarga untuk mendapatkan dukungan.

Berdasarkan hasil suatu penelitian, diketahui bahwa terdapat kaitan antara hubungan sosial dan beragam aspek kesehatan dan kesejahteraan. Dukungan sosial yang buruk dikaitkan dengan depresi dan kesepian dan telah terbukti mengubah fungsi otak dan meningkatkan risiko hal-hal berikut: Penggunaan alkohol, Penyakit kardiovaskular, Depresi, Bunuh diri.

Oleh sebab itu, dukungan sosial menjadi hal yang penting dalam kehidupan seseorang dengan tujuan untuk menghindari terjadinya risiko-risiko seperti yang telah disebutkan di atas.

Dalam sebuah penelitian sosial terhadap pria paruh baya selama periode tujuh tahun, mereka yang memiliki dukungan sosial dan emosional yang kuat lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal dibandingkan mereka yang tidak memiliki hubungan seperti itu.

Manfaat Dukungan Sosial

Dukungan sosial memberikan manfaat penting bagi kesehatan fisik dan emosional kita. Stres mungkin terkait dengan sejumlah masalah kesehatan, mulai dari masalah kesehatan mental hingga masalah kesehatan kronis seperti penyakit jantung dan migrain.

Namun, dukungan sosial dapat membantu melindungi orang dari efek stres yang berbahaya. Saat menghadapi situasi stres, orang-orang cenderung tidak melaporkan masalah kesehatan terkait stres ketika mereka merasa mendapat dukungan dari orang lain.

Secara rinci, berikut ini penjelasan tentang bagaimana faktor hubungan sosial ini mempengaruhi kesehatan fisik dan mental:

  1. Pilihan dan Perilaku Sehat

Partisipasi dalam kelompok sosial memiliki pengaruh normatif pada perilaku, seringkali mempengaruhi apakah orang makan makanan yang sehat, olahraga, merokok, minum, atau menggunakan zat ilegal.

Jelas, kelompok sosial terkadang dapat memiliki pengaruh negatif dalam hal ini ketika tekanan dan pengaruh teman mengarah pada pilihan kesehatan yang buruk atau bahkan berbahaya. Namun, tekanan dan dukungan kelompok juga dapat mengarahkan orang untuk berperilaku sehat juga.

  1. Mengatasi Stres

Dukungan sosial juga membantu orang untuk mengatasi stres. Stres telah terbukti mempunyai konsekuensi terhadap kondisi kesehatan yang serius, mulai dari penurunan kekebalan tubuh hingga terjadinya peningkatan risiko penyakit jantung.

Penelitian juga menunjukkan bahwa memiliki dukungan sosial yang kuat pada saat krisis dapat membantu mengurangi konsekuensi dari gangguan yang disebabkan trauma termasuk PTSD.

  1. Meningkatkan Motivasi

Hubungan sosial juga dapat membantu orang untuk tetap termotivasi ketika berusaha mencapai tujuan mereka. Orang yang mencoba menurunkan berat badan atau berhenti merokok, misalnya, sering kali merasa terbantu untuk berhubungan dengan orang yang secara aktif berusaha mencapai tujuan yang sama.

Contoh Dukungan Sosial

Dukungan sosial mengacu pada sumber daya psikologis dan material yang disediakan oleh jaringan sosial untuk membantu individu mengatasi stres. Dukungan sosial semacam itu mungkin datang dalam berbagai bentuk, dan mungkin melibatkan tindakan misalnya:

  1. Membantu seseorang dengan berbagai tugas sehari-hari saat sakit atau menawarkan bantuan keuangan saat membutuhkan
  2. Memberi nasehat kepada teman saat menghadapi situasi sulit
  3. Memberikan kepedulian, empati, dan kepedulian kepada orang-orang tersayang yang membutuhkan
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan. Dapatlah dikatakan bahwa dukungan sosial berarti memiliki teman dan orang lain, termasuk keluarga, untuk berpaling pada saat dibutuhkan atau krisis untuk memberi Anda fokus yang lebih luas dan citra diri yang positif. Dukungan sosial meningkatkan kualitas hidup dan menyediakan penyangga terhadap kejadian buruk kehidupan.

Sehingga bisa dikatakan bahwa, dukungan sosial adalah kenyamanan fisik dan emosional yang diberikan kepada kita oleh keluarga, teman, rekan kerja, dan lainnya. Itu menunjukkan bahwa kita adalah bagian dari komunitas orang-orang yang mencintai dan peduli kepada kita, dan menghargai serta memikirkan kita dengan baik.

Kita semua membutuhkan orang yang dapat kita andalkan baik pada saat baik maupun buruk. Mempertahankan jaringan dukungan sosial yang sehat adalah kerja keras dan sesuatu yang membutuhkan upaya terus menerus dari waktu ke waktu.

Itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada semua pembaca. Berkenaan dengan pengertian dukungan sosial menurut para ahli, macam, tujuan, manfaat, dan contohnya yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *