Contoh Social Awareness

Diposting pada

Social Awareness

Social awareness yang ditelaah dalam Bahasa Indonesia sebagai kesadaran sosial merupakan upaya untuk menyimbangkan antara pikiran dan prilaku yang dilakukan penuh dengan penghayatan serta kemampuan diri untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

Prihal kaidah sosial ini tentusaja tidak terlepas daripada prasyarat kehidupan, khususnya untuk menjawab pertanyaan tentang cara di mana kesan kita terhadap orang lain terbentuk, dan apa prinsip-prinsip yang mengatur pembentukan kesan-kesan tersebut.

Social Awareness

Kesadaran sosial atau social awareness merupakan serangkaian representasi atas bentuk tindakan sosial terhadap prilaku seseorang akan dirinya sendiri yang memberikan makna nilai terhadap peran sosial dan status sosial orang lainnya.

Contoh Social Awareness

Adapun untuk beberapa prilaku yang mencerminkan atas kesadaran sosial. Misalnya saja;

  1. Memelihara Sumber Daya Alam demi Keberlangsungan Hidup Bersama

Sumber daya alam adalah segala keanekaragam atau kekayaan yang berada di alam dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh semua orang guna untuk memenuhi berbagai kebutuhannya. Disisi lain, atas peran yang begitu penting diperlukan kesadaran sosial untuk memeliharanya.

Tindakan seperti ini bisa dilakukan misalnya saja dengan melakukan reboisasi pada hutan atau memanam hutan magrove agar lingkungan tetap terjaga.

  1. Membeli Produk Lokal untuk Penumbuhkembangkan Kreatifitas

Tindakan dengan membeli produk lokal bukan hanya bagian daripada arti nasionalisme melainkan mampu menumbuhkan social awareness terhadap usaha yang ada di masyarakat.

Disisi lainnya, prihal ini tidak terlepas daripada makna ekonomi pada dasarnya berasal dari bahasa Yunani yaitu oikonomia dan memiliki arti rumah tangga. Dilihat secara etimologi, kata ekonomi ini di bagi menjadi dua hal yaitu oikos dan nomos. Arti dari oikos adalah rumah, sedangkan nomos artinya aturan. Sehingga aturan dalam membeli produk lokal mencerminkan kepedulian terhadap rumah tangga (lingkungannya).

  1. Melestarikan Budaya Lokal Agar Tidak Hilang

Dengan melalui seni sejatinya seseorang dapat melihat berbagai hal dengan nilai-nilai keindahan yang mampu menyalurkan gejolak perasan. Selain itu dunia seni juga bermacam-macam diantaranya yaitu seni musik, seni teater, seni rupa, dan lain sebagainya.

Tindakan dengan menjaganya termasuk daripada bagian kepedulian terhadap arti budaya yang mana unsur ini sendiri sejatinya mampu membentuk karakter yang baik.

  1. Menubuhkan Sikap Menghargai Atas Perbedaan

Kodrat manusia adalah seluruh sifat yang melekat pada diri manusia yang meliputi kemampuan serta bakat asli yang dimiliki. Kodrat manusia dalam berbagai hal dipengaruhi besar atas arti ras dan makna suku dimana ia berada. Dengan perbedaan tersebutlah setidaknya dalam menumbuhkan kesadaran sosial diperlukan sikap untuk menghargai atas perbedaan yang ada. Sehingga hal ini berdampak pada kedamaian dan keteraturan sosial di masyarakat.

  1. Melakukan Sedekah untuk Yang Terkena Musibah

Dalam keseharian tak jarang masyarakat Indonesia saling berbondong-bondong melakukan tarikan dana secara sukarela untuk masyarakat lain yang terkena musibah. Tindakan ini sejatinya mampu mendorong manusia memiliki rasa simpati dan empati dengan manusia lain.

Yang mana semua itu kemudian mampu menciptakan rasa peduli yanga tinggi akan kesadarannya sebagai satu tanah air.

  1. Bergaul dengan Lingkungan Masyarakat dengan Tidak Memandang Status Sosialnya

Kesadaran sosial bisa saja muncul dari interaksi dan hubungan sosial dengam manusia lainnya tanpa melihat status sosial berupa kaya dan miskin. Dengan adanya perilaku dalam kehiduapn sehari-hari, seperti: suka bergaul, hidup berkelompok, saling membantu, saling mempengaruhi, memiliki rasa peduli yang tinggi, dan tidak bisa untuk hidup sendiri pada akhirnya akan memunculkan persepsi bahwa manusia sejatinya saling membutuhkan.

Nah, itulah saja artikel yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan berbagai contoh social awareness (kesadaran sosial) yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Rating: 4.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *