Contoh Apresiasi Seni di Masyarakat

Diposting pada

Apresiasi Seni

Seni identik dengan unsur keindahan. Unsur budaya dalam seni saling terkait satu sama lain. Tiap seni memiliki nilai sejarah yang  berbeda-beda. Penikmat seni seringkali rela melakukan apapun sebagai wujud apresiasi terhadap suatu seni.

Bahkan dengan adanya apresiasi seni menjadi sarana untuk meningkatkan kecintaan terhadap suatu karya, sebagai sarana untuk melakukan evaluasi serta interpretasi terhadap suatu seni. Selain itu, apresiasi seni juga sebagai sara pengembangan kemampuan dalam berbagai aspek, sekalipun diluar aspek seni.

Apresiasi Seni

Seni budaya merupakan hasil keindahan dari sebuah karya yang bermutu sebagai bentuk pengungkapan yang memiliki tujuan positif. Dalam hal ini, seni menuangkan imajinasi dalam menciptakan karya visual untuk dihargai keindahan dan kekuatan emosi dalam proses pembuatan. Bentuk seni budaya bermacam-macam, seperti seni rupa, seni music, seni lukis, seni teater, seni sastra, dan lain sebagainya.

Oleh karena itulah keindahan seni patut diapresiasi sebagai wujud pengakuan terhadap hasil karya cipta orang lain. Apresiasi seni adalah sebuah cara untuk mneghargai keberadaan dan eksistensi sebuah karya yang ditunjukan dengan berbagai bentuk. Mengapresiasi berarti menyadari seluh beluk daru suatu karya untuk dinikmati sebagai unsure yang estetis.

Contoh Apresiasi Seni

Adapun untuk contoh apresiasi seni yang ada di masyarakat, antara lain;

  1. Mengunjungi pameran seni

Untuk mempromosikan hasil karya seninya, seringkali para seniman melakukan suatu pameran karya seni untuk dilihat dan dinikmati orang banyak.

Salah satu bentuk apresiasi seni adalah dengan mengunjungi pameran seni. Pameran seni yang sering diadakan biasanya karya seni yang berupa produk seperti lukisan, desain, seni ukir dan lain sebagainya. Mengunjungi suatu pameran seni menunjukan ketertarikan kita terhadap suatu karya seni.

  1. Membeli produk karya seni

Banyak sekali produk-produk hasil karya seni diperjualbelikan untuk dimanfaatkan ataunpun sekedar untuk dinikmati nilai estetiknya saja. Dengan membeli produk seni yang bisa digunakan menunjukan bahwa kita telah mengapresiasi seni.

Harga yang dibandrol tiap karya seni berbeda-beda. pennentuan harga biasanya disesuaikan dengna tingkat kerumitan dan nilai yang terkandung dalam suatu karya seni. Beberapa orang rela membeli suatu karya seni seperti lukisan dengan harga yang fantastis.

Namun hal terserbut tetap dilakukan karena karya seni tersebut memiliki nilai keunikan dan makna tersendiri bagi pembuat seni maupun penikmat seni itu sendiri.

  1. Menonton pertunjukan seni

Pertunjukan seni diadakan dengan tujuan untuk memberikan hiburan serta mempromosikan suatu karya seni. Jenis karya seni yang seing diadakan pertunjukan adalah seni teater, dan seni tari. Salah satu bentuk apresiasi kita terhadap karya seni tersebut adalah dengan menonton pertunjukan seni yang diadakan.

pertunjukan seni menjadi hiburan tersendiri bagi penikmat seni untuk menghilangkan rasa penat maupun sekedar menikmati keindahan seni yang dibawakan oleh para pemeran seni.

Untuk mengadakan suatu pertunjukan, para pemeran seni yang terlibat dalam kegiatan tersebut melakukan persiapan yang cukup lama. Rasa lelah dan pengorbanan untuk berlatih akan terbayar lunas jika pertunjukan yang disajikan banyak yang menikmati, banyak yang mengapresiasi dan menonton.

  1. Memberikan saran

Salah satu wujud kepedulian kita terhadap suatu karya seni adalah dengan memberikan saran terhadap suatu karya seni. Pemberian saran bukan berarti menjatuhkan tetapi sebagai bentuk apresiasi seni. Memberikan saran berarti kita telah mengikuti secara keseluruhan proses penciptaan seni tersebut.

Memberikan saran bukan berarti memaksakan kehendak. Saran dan masukan yang diberikan entah akan digunakan atua tidak tergantung pada seniman. Kita sebagai penikmat seni hanya bisa menikmati dan memberikan masukan baik bukan merubah suatu karya seni.

  1. Mendirikan sanggar

Wujud apresiasi seni adalah dengan mendirikan sangar sebi. Dengan mendirikan saanggar kita telah berupaya untuk melestarikan karya seni. Sanggar ini biasanya didirikan untuk menarik dan mengumpulkan orang-orang yang memiliki ketertarikan dan kemampuan seni yang sama dalam satu wadah untuk belajar yaitu sanggar seni.

Sanggar juga dapat dijadikan sebagai tempat promosi suatu karya seni. Sanggar seni yang sering kita temui adalah sanggar tari, sanggar teater, sanggar karawitan, sanggar dalam arti budaya Jawa, dan lain sebagainya.

  1. Mempelajari seni

Bantuk apresiasi seni dapat dilakukan dengan belajar dan mempelajari seni mulai dari asal-usul seni tersebut serta mempelajari proses pembuatan ataupun penciptaan suatu karya seni. Belajar seni bisa dilakukan melalui sanggar-sanggar seni, mencari tahu informasi kepada para seniman, serta bisa dilakukan dengan belajar mandiri melalui internet.

  1. Mencari tahu asal usul satu karya seni

Mencari tahu tentang asal-usul suatu seni juga menjadi salah satu bentuk apresiasi karya seni. Hal ini muncl karena rasa ketertaikan dan kepedulian terhadap suatu karya seni. Rasa peduli ini membuat seseorang memiliki rasa keingintahuan yang tinggi terhadap suatu karya seni. Mengetahui asal-usul suatu karya seni membuat seseorang lebih menghargai seni.

Setelah rasa keingintahuan muncul besar kemungkinan timbul keinginan untuk belajar tentang seni. Bahkan tak jarang seseorang yang ingin terjun langsung terlibat dalam proses pembuatan dan penciptaan suatu karya seni.

  1. Mengadakan pertunjukan seni

Lain halnya dengan pameran yang biasanya dilakukan untuk karya seni yang memiliki bentuk, mengadakan pertunjukan seni biasanya dilakukan untuk karya seni yang dinimkati keindahannya seperti tarian, seni peran, dan lain sbegaianya.

Mengadakan pertunjukan seni tidak hanya dilakukan oleh seniman saja. Masa sekarang ini banyak pihak-pihak yang mengadakan pertunjukan seni dengan tujuan-tujuan tertentu. Hal ini menunjukan bahwa apresiasi seni di masyarakat masih cukup tinggi. Banyak nilai-nilai positifyang dapat diamil dari suatu pertunjukan seni.

  1. Memberikan bantuan secara materi

Bagi beberapa orang yang peduli dan senang terahadap suatu karya seni, kemajuan dan perkembngan karya seni sangat dipertahankan dan diperhatikan. Memberikan bantuan berupa materi kepada para seniman untuk mengembangkan karya sneinya menjadi wujud budaya berupa apresiasi seni yang luar biasa.

  1. Mengikuti seminar tentang Seni

Tidak jarang, seminar-seminar bertemakan tentang sproses penciptaan seni. Mengikuti seminar seni akan menambah pengetahuan dan wawasan kita dalam bidang seni. Berpartisipasi dengan mengikuti seminar seni memberikan kesempatan kepada para seniman untuk memperkenalkan karya seni.

Kegiatan seminar yang mengangkat tema seni menjadi langkah awal bagi para pecinta seni untuk belajar tentang seni

  1. Mengajarkan seni

Salah satu upaya yang bisa dilakukan sebagai wujud apresiasi seni adalah dengna mengajarkan seni kepada generasi muda. Sebelum member pengajaran tentang seni, terlebih dahulu kita harus belajar tentang seni. Mengajarakan seni tidak hanya kepada orang-orang yang mencintai seni tetapi juga sebagai ajang untuk mengajak masyarakat untuk mulai menghargai seni.

Keindahan seni menjadi daya tarik tersendiri untuk belajar tentang seni. Mengajarkan seni tidak hanya tentang teori tetapi juga praktik dan memberikan contoh dengan tujuan untuk menarik perhatian agar tertarik untuk belajar.

  1. Ikut memperomosikan karya seni

Mempromosikan karya seni dapat dilakukan dengan berbagai cara. Promosi karya seni tidak hanya dilakukan oleh para seniman saja. Sebagai bentuk apresiasi seni, penikmat dan penggemar seni seringkali ikut serta dalam mempromosikann suatu karya seni. Kegiatan ini bisa dilakuakn secara langsung maupun melalui sosial media.

  1. Mengadakan pameran seni

Pameran seni bertujuan untuk memperkenalkan karya seni kepada masyarakat luas. Kegiatan pameran seni tidak hanya dilakukan oleh seniman, sebagai wujud apresiasi terhadao seni, para penggemar seni seringkali mengadakan pameran seni. Kegitan ini dilakukan karena kecintaan dan kepedulian terhadap suatu karya seni dan seniman.

  1. Membuka khursus

Membuka khursus seni menjadi salah satu bentuk apresiasi seni. Kegiatan khursus ini tidak dilakuakn oleh sembarang orang. Hanya orang yang memiliki keahlian khusus di bidang seni yang bisa melatih untuk membuat dan menciptakan karya  seni.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa nilai sosial dari estetik satu karya seni membuat penikmat seni merasa memberikan apresiasi seni sangat penting untuk mendukung perkembangan karya seni.

Hal ini lantaran dalam mengapresiasi terhadap suatu karya seni memiliki tujuan untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan karya seni agar dapat dinikmati olek masyarakat luas. Apresiasi seni juga memberikan dorongan dan dukungan kepada para seniman untuk berkarya lebih baik lagi. Berbagai upaya bisa dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan bagi karya seni dan bagi para seniman.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada segenap pembaca berkenaan dengan contoh apresiasi seni di masyarakat yang mudah untuk dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan pemahaman untuk kalian yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *