Contoh Manfaat Penelitian dalam Karya Tulis/Skripsi/Makalah/Essai

Diposting pada

Contoh Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian menjadi salah satu bentuk tulisan yang perlu disampaikan dalam Bab 1 Pendahuluan. Manfaat penelitian ini erat hubungannya dengan tujuan penelitian bahkan saling terkait satu sama lainnya. Oleh karenannya hampir setiap jenis karya tulis, baik skripsi, tesis, makalah, karya ilmiah, proposal penelitian, dan lain sebaginya selalu menyertakannya.

Alasannya karena sebuah penelitian adalah studi yang cermat dan terperinci tentang suatu permasalahan atau fenomena dengan menggunakan metode penelitian yang terorganisir dan sistematis untuk menemukan jawaban atas pertanyaan yang muncul dari permasalahan atau fenomena tersebut, dimana dalam setiap penelitian dikatakan sebagai proses yang sistematis karena ini adalah proses yang dipecah menjadi langkah-langkah jelas yang mengarah pada kesimpulan yang sebelumnya dibuat berdasarkan manfaat penelitiannya.

Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian bisa dikatakan sebagai kelebihan dan keuntungan dalam proses pembuatan karya tulis melalui program-program yang akan atau telah diterapkan. Dalam tulisannya manfaat penelitian ini tidak lebih dari 3 paragraf, bahkan sebagai syarat utamanya penulisan manfaat penelitian haruslah lebih pendek daripada berbagai tinjauan pustaka dalam karya tulis.

Contoh Manfaat Penelitian

Contoh Penulisan Manfaat Penelitian
Contoh Manfaat Penelitian

Penjabaran di atas  tentusaja tidak akan menuai kepahaman jika setiap pembaca tidak diberikan contoh penulisan dalam manfaat penelitian. Oleh karena itulah beragam bentuk penulisan yang ditemukan dalam karya tulis terhadap manfaat penelitian ini, yakni;

  1. Makalah

Makalah adalah salah satu bagian karya tulis. Dalam bagian makalah ini seringkali manfaat penelitian memiliki nama lain, yaitu manfaat penulisan. Alasannya karena metode penelitian yan dipergunakan dalam penyusunan makalah lebih banyak mempergunakan metode kajian pustaka atau studi leterasi.

Manfaat Penulisan Makalah

Manfaat Penulisan

Adapun manfaat dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai referensi kebijakan bagi Kementerian Pendidikan Indonesia dan Malaysia untuk menciptakan sistem pendidikan yang kondisional dan terbarukan dalam pembentukan generasi emas di perbatasan.
  2. Sebagai referensi bagi semua pihak yang bernaung dibawah dunia Pendidikan untuk menciptakan dan menerapkan Sistem Pendidikan Kombinasi Indonesia-Malaysia sebagai salah sistem pendidikan yang aplikatif dan efektif bagi pendidikan di perbatasan.
  3. Sebagai sumber dan bahan masukan bagi penulis lain untuk menggali dan melakukan eksperimen tentang sistem pendidikan dalam proses pembelajaran di Indonesia.
  4. Sebagai bahan pertimbangan bagi pemerintah dalam mengembangkan dan meningkatkan sistem pendidikan berkarakter.

Contoh lainnya, misalnya saja penulisan dalam contoh tujuan dan manfaat dalam penulisan makalah. Yakni;

Tujuan dan Manfaat Penulisan Makalah

Tujuan Penulisan

Adapun tujuan dari penulisan karya tulis ilmiah ini antara lain:

  1. Menjelaskan peran pendidikan dalam membentuk generasi Indonesia yang
    berkualitas agar siap bersaing di dunia Internasional
  2. Menjelaskan konsep dari Sistem Sekolah BATIK
  3. Menguraikan karakteristik dari Generasi BATIK

Manfaat Penulisan

Manfaat penulisan karya tulis ilmiah ini adalah:

  1. Bagi penulis, sebagai wujud pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
  2. Bagi masyarakat, menyokong kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia dari segi pendidikan
  3. Bagi pemerintah, turut serta dalam mengembangkan inovasi pendidikan Indonesia dengan membentuk generasi unggul yang mampu bersaing di kancah Internasional
  1. Skripsi

Skripsi ialah karya tulis ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa tingkat Strata-1 (S1) berdasarkan hasil dari penelitian lapangan atau studi kepustakaan sesuai dengan bidang studinya masing-masing sebagai Tugas Akhir dalam studi formalnya (akademik) di Perguruan Tinggi.

Adapun untuk contoh lainnya dalam penyusunan manfaat penelitian skripsi ialah dengan memperkiarakan hasil penelitian dan dampak yang akan di timbulkan dalam masyarakat. Misalnya saja;

Manfaat Penelitian Skripsi

Manfaat penelitian ini adalah :

  1. Mengurangi ketergantungan pemakaian terhadap bahan bakar fosil.
  2. Meminimalisasi polusi dan pencemaran yang ditimbulkan akibat pemakaian bahan bakar fosil.
  3. Meningkatkan kebermanfaatan alang-alang di Indonesia.
  4. Memberikan pemecahan masalah akibat semakin menipisnya cadangan bahan bakar fosil dengan menghasilkan sumber energi alternatif

  1. Karya Tulis Ilmiah

Contoh lainnya yang bisa dipergunakan dalam susunan manfaat penilian ialah pada karya tulis, khususnya penyusunan karya ilmiah. Metode penulisan dalam manfaat penelitian ini misalnya saja dengan langkah sebagai berikut;

Manfaat Penelitian Karya Tulis Ilmiah

Manfaat Penulisan

  1. Dapat memberikan inovasi baru pembangkit listrik dalam menghadapi krisis energi
  2. Memanfaatkan limbah rumah tangga (septictank) menjadi sumber energi listrik yang berguna untuk kehidupan sehari – hari
  3. Memberikan pengetahuan lebih kepada masyarakat luas tentang manfaat septictank

  1. Proposal Penelitian

Pengunaan tulisan dalam pembuatan proposal selalu berhubungan erat dengan dampak yang kemukinan akan terjadi. Dimana setiap dampak ini sendiri hanya dugaan sementra, adapun penulisan yang bisa di contoh adalah sebagai berikut;

Manfaat Penelitian dalam Proposal

Adapun kegunaan program pengajuan proposal pengabdian masyarakat ini yaitu :

  1. Meningkatkan kreativitas dan kepedulian terhadap dunia pesantren sehingga mampu untuk menciptakan dunia pesantren yang sehat.
  2. Santri sebagai orang yang tinggal di pondok pesantren mendapatkan pengetahuan mengenai pembuatan obat tradisional tertama pemanfaatan daun sirih merah.
  3. Memperdayakan kegiatan pondok pesantren untuk mampelari pola hidup bersih dan memaksimalkan kekayaan alam sebagai obat tradisional.

  1. Essai

Essai sebagi bagian daripada karya tulis terkadang memelukan susunan penulisan manfaat. Oleh karena itulah contoh esai dalam penulisannya yang bisa dilakukan oleh para pembaca antara lain adalah sebagai berikut;

Manfaat Penulisan Essai

Manfaat dari kepenulisan essai ini adalah impelentasi kebijakan GABAH yang dapat dijadikan sebagai landasan dasar dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas bahasa inggris masyarakat Indonesia di wilayah pedesaan seingga nantinya diharapkan mampu bersaing di era pasar global dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

  1. Penulisan Laporan

Pembuatan dalam penulisan manfaat penelitian untuk serangkaian penulisan laporan ini bisa dikatakan sebagai program yang sudah dijalankan atau penelitian yang sudah dilakukan. Tahapannya memanglah hampir sama, hanya saja untuk kata manfaatnya sesuai format. Contohnya;

Manfaat Penulisan Laporan

Manfaat dari pelaksanaan program dari laporan penelitian ini adalah :

  1. Meningkatkan nilai seni dan sosial, serta ekonomi dari limbah daun bambu kering yang umumnya hanya terlihat sebagai sampah yang mencemari lingkungan menjadi suatu hasil kerajinan tangan yang bernilai jual tinggi.
  2. Mengurangi limbah yang disebabkan oleh daun bambu kering dengan cara mengelolanya kembali menjadi suatu kerajinan tangan.

Jenis Manfaat Penelitian

Beragam macam penulisan dalam manfaat penelitian yang seringkali ditemukan, diantaranya;

  1. Teoritis

Sebutan dalam penulisan kegunaan penelitian seringkali di dasari atas landasan teoriris. Landasan ini sendiri seiring pada keguanaan penelitian yaitu sebagai penambah wawasan dan rujukan dalam ilmu pengetahuan berdasarkan pada teori-teori yang ada.

  1. Akademis

Tujuan yang terdapat dalam manfaat penelitian berhubunga erat dalam akademis. Hubungan ini sendiri atas alasan dengan penelitian menjadi refrensi penulisan bagi segenap pembaca yang berasal dari banyak kalangan, misalnya masyarakat, mahasiswa, pelajar, ataubahkan dosen atau guru.

  1. Praktis

Penulisan manfaat penelitian bertujuan secara praktis yang lebih mendekatkan pada dampak yang ditimbulkan di dalam masyarakat. Penulisan manfaat ini sendiri seringkali menjadi di akhiri dengan memeprluas wawasan bagi pembaca atupun penulisanya.

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai pengertian manfaat penelitian dan jenis-jenisnya dapat disimpulkan bahwasanya kegunaan bagian ini berhubungan erat dengan kaitannya terhadap masalah-masalah sosial dan solusi yang ditawarkan. Jika bahasan masalah sosial berada dalam latar belakang maka solusi berada di dalam manfaat penelitian.

Disisi lain, penting untuk diketahi bahwa tata cara penulisan yang benar haruslah sesuai dengan latar belakang rumusan masalah yang dibuat, agar ada korelasi/hubungan antara manfaat dan tujuan dalam penelitian yang akan dibuat.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat penelitian atau sering juga disebut dengan manfaat penulisan. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan kepada setiap pembaca mengenai materi “contoh manfaat penelitian”. Trimakasih,

Rating: 4.7/5. From 7 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *