Contoh Hedonisme di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Hedonisme Adalah

Dalam memenuhi arti kebutuhan hidupnya setiap individu dan kelompok harus bekerja. Alasannya dengan bekerja itulah ia akan mendapatkan penghasilan yang dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari oleh pribadi maupun dalam arti keluarga. Adapun pekerjaan yang memberikan penghasilan yang tinggi tidak jarang membuat manusia hidup secara kosumtif berlebihan yang kemudian istilah ini dikenal dengan hedomnisme.

Perilaku hidup pada arti konsumerisme yang berlebihan ini selalu membeli sesuatu barang yang tidak berhubungan dengan kebutuhan melainkan hanya menuruti keinginan saja. Oleh sebab itulah gaya hidup dalam hedonisme kadangkala bukan hanya terjadi pada remaja melaikan setiap orang yang telah berkeluarga sekalipun.

Hedonisme

Hedonisme adalah bagian daripada pola gaya hidup yang dilakukan oleh seseorang atau dalam kehidupan masyarakat dengan lebih suka menghambur-hamburkan uang secara berlebihan, namun hal tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Contoh Hedonisme

Perilaku Hedonisme

Beberapa contoh kasus dalam hedonisme di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Memiliki Mobil Mewah

Memiliki mobil adalah kebutuhan setiap orang. Mobil mempunyai banyak fungsi yang penerapannya digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Namun mobil mewah bukan suatu kebutuhan, alasannya karena mobil mewah hanya melengkapi keinginan pribadi saja. Apalagi dengan penggunaan mobil mewah selain harga yang ditawarkan mahal, pajaknya juga tinggi sehingga hal ini diperlulan pengeluaran ekstra berlebih untuk memelihara mobil mewah tersebut.

Pengeluaran ekstra yang dikeluarkan untuk membeli, merawat, serta membayar mobil mewah tidak menggunakan biaya yang sedikit. Penggunaan mobil mewah juga dapat meningkatkan nilai tukar dollar terhadap rupiah. Hal ini dikarenakan mobil mewah merupakan mobil yang diekspor dari luar negeri. Alat tukar untuk transaksi internasional adalah mata uang dollar. Sebagai mana hukum ekonomi jika permintaan naik maka harga akan semakin naik.

Begitu pula mobil mewah. Jika permintaan terhadap mobil mewah naik, yang naik bukan hanya harga mobil mewah tersebut tetapi juga nilai tukar rupiah terhadap dollar juga akan semakin naik sering dengan naiknya permintaan pasar.

  1. Memiliki Smartphone yang Canggih

Pada zaman sekarang smartphone bisa dikatakan menjadi kebutuhan primer masyarakat ataupun dalam lembaga pendidikan (sekolah). Hal ini dikarenakan smartphone sudah bisa dijajarkan dengan sandang, pangan, dan papan. Semua orang tidak dapat terlepas dari smartphone, apalagi saat proses belajar dalam pendidikan formal saat terkena bencana Covid semuanya serba online.

Tapi yang perlu setidaknya dipahami bahwa sesuai dengan pendapatan tentunya pemilihan smartphone tidak dapat dipilih secara sembarangan. Namun jika memakai smartphone canggih dengan harga yang mahal merupakan suatu bentuk sikap hedonisme.

Sifat hedonisme dapat dihindari dengan jika ada yang murah kenapa harus memilih yang mahal. Termasuk dalam pemilihan smartphone kita harus pintar-pintar memilah secara kebutuhan personal dan pemakaian. Terkecuali jikalau membutuhkan barang ini untuk menunjang pekerjaan hal tersebut bukanlah masalah besar.

  1. Sifat Gemar Shopping

Gemar shopping biasanya dimiliki oleh kaum wanita maupun ibu-ibu rumah tanggal. Sebagai contoh jika perempuan berkunjung ke mall untuk membeli barang A, maka yang terbeli adalah barang A,B,C,D, dan lain-lain. Sehingga akibatnya gemar shopping ini merupakan suatu bentuk hedonisme karena lebih mementingan keinginan dari pada kebutuhan.

Disisi lainnya juga hal seperti gemar shoping ini menjadi kasus hedonisme di kalangan remaja, alasannya karena ia memiliki smartphone yang canggih. Sehingga mudah dalam mengakses papun yang dibibutuhkan termasuk membeli barang yang dibutuhkan. Bahkan banyak diantaranya berhutang dahulu dengan menggunakan uang digital.

  1. Makan Makanan yang Enak Setiap Waktu

Makan makanan bergizi merupakan suatu kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh. Namun jika terus-terusan makan makanan yang enak yang terjadi adalah pemborosan. Makanan yang enak tentunya tidak membutuhkan biaya yang sedikit. Andai kata uang Rp. 10.000,- kita bisa makan makanan ala kadarnya namun bergizi, jika ingin memakan makanan enak kita harus merogoh kocek yang lebih dalam dari itu.

Maka dari itu pemilihan makan makanan yang enak setiap waktu adalah sifat hedonisme yang harus kita hindari. Makan makanan enak itu perlu namun tidak boleh sering-sering. Lebih baik memilih makanan yang sederhana namun mengandung gizi yang kompleks.

  1. Mengadakan Acara Hajatan dalam Setiap Syukuran

Mengadakan hajatan memang tradisi orang Jawa dalam kehidupan bermasyarakat. Kegiatan hajatan biasanya digunakan untuk acara syukuran merayakan atau memperingati sesuatu. Namun, pada beberapa orang kegiatan hajatan ini disalahgunakan menjadi suatu sikap hedonisme demi mendapatna status sosial dan peran sosial di masyarakat.

Sikap hedonisme yang dilakukan dalam hajatan adalah mengadakan hajatan pada setiap syukuran. Seperti mempunyai motor baru syukuran, mempunyai televisi baru syukuran, memiliki HP baru syukuran, memiliki apapun yang dinilai sebagai kegiatan tersebut termasuk dalam sikap hedonisme yang harus kita hindari. Namun yang perlu setidaknya dicatat selama mampu hal tersebut sejatinya tidak menjadi permasalahan, karena tujuannya ialah berbagi atas nikmat yang diberi oleh Tuhan.

  1. Perawatan Tubuh

Perawatan tubuh memang perlu untuk dilakukan. Tubuh adalah anugrah dari sang pencipta yang harus dirawat sebagaimana mestinya. Namun yang terjadi pada beberapa perilaku hedonisme di kalangan remaja, mereka rela merogoh kocek yang cukup dalam untuk memberikan perawatan bagi tubuhnya.

Hal ini dapat kita ambil contoh gejala sosial pada beberapa artis yang melakukan operasi plastik. Operasi plastik dilarang oleh agama karena sama saja dengan menentang kodrat. Selain ditentang oleh agama, operasi plastik juga membutuhkan biaya yang tinggi dalam pelaksanaannya sehingga dapat memicu sifat hedonisme.

  1. Mengoleksi Sesuatu

Kolektor yang mengoleksi sesuatu merupakan perilaku hedonisme. Sebagai contoh seorang kolektor mainan miniatur superhero rela merogoh kocek yang cukup dalam untuk membeli mainan miniatur super hero yang langka. Mainan tersebut tidak memenuhi kebutuhan namun hanya untuk memenuhi hasrat keinginan.

Maka dari itu sebaiknya tidak perlu untuk mengoleksi sesuatu yang harganya mahal karena kegiatan tersebut merupakan suatu hedonisme.

  1. Merusak Barang

Merusak barang selain disebut sebagai arti vandalisme pada hakekatnya juga dapat disebut sebagai hedonisme. Dengan merusak barang maka kita perlu untuk membeli lagi barang yang baru. Sifat membeli lagi yang mana dalam hal ini terus-terusan menunjukkan sifat konsumtif adalah suatu bentuk hedonsime yang harus dihindari.

  1. Menghias Hewan Peliharaan

Hewan perliharaan memang sudah seharusnya untuk dirawat. Perawatan hewan peliharaan semata-mata agar hewan tersebut bersih dan terhindar dari segala macam penyakit.

Namun yang terjadi pada sebagian pemilik hewan peliharaan akan menghias atau mempercantik hewan peliharaan mereka. Sifat tersebut merupakan sikap hedonisme yang mana hewan pun sebenarnya tidak perlu untuk diberkan perawatan yang berlebihan.

  1. Terlalu Memanjakan Anak

Anak adalah titipan Yang Maha Esa yang mana harus kita didik dan dipenuhi kebutuhannya. Namun apabila terlalu memanjakan anak maka akan berdampak tidak baik pada psikologi anak itu sendiri. Anak akan mudah menjadi pribadi yang malas dan sifat memanjakan anak merupakan sifat hedonisme yang tidak perlu dilakukan.

  1. Perilaku Membelikan Hadiah Ulang Tahun Pada Pacar dengan Harga Mahal

Gaya hidup hedonisme dalam hal ini bisanya lebih terlihat pada arti remaja dengan membelikan pacar saat ulang tahun dengan harga-harga fantastis di luar kemampuannya. Padahal prihal ini setatusnya hanyalah pacar bukan pasangan hidup, artinya ketika sudah pisah barang tersebuat tidak akan dikebalikan.

  1. Mentraktir Teman Setiap Waktu dengan Uang Hasil Hutang

hedonisme di kalangan remaja

Memberikan traktiran pada teman-temen sejawat yang ada dalam bentuk kelompok sosial tertentu bisanya dilakukan setiap orang.

Misalnya dalam pekerjaan maupun dalam organisasi sosial tertentu. Hal tersebut memanglah baik, namun lebih baik lagi jikalau hanya dilakukan sesekali sehingga uang yang dimiliki nantinya ditabung demi masa depan yang lebih baik lagi.

Nah, itulah saja contoh hedonisme di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itulah sebagai manusia sebaiknya menghindari perilaku konsumtif seperti paparan diatas agar terhindar dari sikap atas prilaku yang hedonisme. Semoga dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca.

Rating: 2.0/5. From 8 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *