5 Contoh Profesi Angkatan Bersenjata di Masyarakat

Diposting pada

Profesi Angkatan Bersenjata

Profesi dalam angkatan bersenjata adalah bagian dari adanya bentuk pengabdian yang mulia kepada negara dan masyarakat.  Alasannya karena angkatan bersenjata adalah komponen penting dari setiap bentuk negara yang bertugas untuk melindungi kedaulatan, keamanan, dan kepentingan negara yang bersangkutan, termasuk Indonesia.

Oleh karena demikianlah di dalam angkatan bersenjata meskipun menjadi saluran mobilitas namun yang pastinya profesi ini membutuhkan pelatihan yang intensif, dedikasi yang tinggi, dan komitmen untuk menjalankan tugas-tugas yang berat demi melindungi negara.

Angkatan Bersenjata

Angkatan bersenjata diakui ataupun tidak menjadi profesi mendedikasikan diri untuk melindungi negara dan warganya. Setiap anggota dalam organisasi profesi ini siap untuk mengorbankan nyawa mereka demi keamanan nasional. Maka tak khayal bahwa pelatihan yang sangat ketat dan disiplin segala bentuk tindakan sosialnya senantiasa mencakup pelatihan fisik, mental dan teknis yang ekstensif.

Contoh Profesi Angkatan Bersenjata

Adapun untuk jenis profesi angkatan bersenjata di Indonesia, antara lain;

  1. Tentara Darat (TNI AD)

Tentara angkatan darat bisa terbagi atas beberapa tingkatan. Antara lain seperti infanteri, dimana tentara infanteri adalah prajurit yang berperan sebagai pasukan darat, bergerak secara berjalan kaki, dan berada di garis depan dalam operasi militer.

Selanjutnya ialah kavaleri yang menjadi pasukan kavaleri menggunakan kendaraan lapis baja seperti tank untuk mendukung operasi darat. Dan yang terakhir ialah artileri yaitu profesi artileri melibatkan penggunaan senjata berat seperti meriam dan mortir untuk memberikan dukungan tembakan.

  1. Tentara Laut (TNI AL)

Dalam kajian selanjutan angkatan bersenjata ialah TNI AL yang bertanggung jawab untuk mengoperasikan dan merawat kapal-kapal perang, serta menjaga wilayah perairan Indonesia. Termasuk terlibat dalam operasi udara angkatan laut.

  1. Tentara Udara (TNI AU)

TNI AU bertugas untuk menjaga keamanan udara dan mengoperasikan pesawat tempur seperti jet tempur. Dalam hal ini setidaknya untuk profesi ini senantisa melibatkan perawatan dan perbaikan pesawat terbang yang dilakukan untuk memberikan rasa keamanan.

  1. Kepolisian Militer (POM)

Prihal ini adanya investigator militer bertugas untuk melakukan penyelidikan dalam kasus pelanggaran hukum di dalam angkatan bersenjata. Sehingga tugasnya sendiri ialah menangani masalah yang melanggar norma hukum dengan melibatkan personel militer, seperti kasus disiplin dan tindak pidana militer.

  1. Korps Marinir

Marinir adalah penyebutan angtakan bersenjata yang dimana semua pasukan amfibi yang dilatih untuk bertempur di darat dan di laut. Oleh karena itulah dalam kajiannya agenda yang dijalankan sering dianggap sebagai pasukan elit yang sangat terlatih.

Nah, demikinalah penjelasan yang bisa dibagikan kepada kalian semuanya tentang adanya contoh profesi di dalam angkatan bersenjata yang ada di masyarakat Indonesia dan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja memberikan wawasan dan menambah pengetahuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *