Pengertian Tradisi, Ciri, Jenis, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Tradisi

Tradisi seringkali dipergunakan dalam literatur untuk mendefinisikan faktor hubungan sosial atas serangkaian bentuk pemikiran ilmuan dengan bidangnya.  Tentusaja, tradisi dalam hal ini adalah subjek studi di beberapa bidang akademis dalam ilmu sosial, terutama antropologi, arkeologi, dan biologi, sosiaologi, dengan makna yang agak berbeda di bidang yang berbeda.

Ilmuwan sosial dan yang lainnya telah bekerja untuk menyempurnakan konsep akal sehat dari tradisi agar menjadi konsep yang berguna untuk analisis ilmiah. Salah satu ciri tradisi yaitu tradisi dapat berupa kepercayaan, benda atau adanya arti adat istiadat yang ditransmisikan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Hal itu berfungsi sebagai penyedia fragmen warisan yang historis suatu masyarakat. Indonesia sendiri memiliki beragam tradisi yang masih berkembang hingga saat ini, misalnya tradisi Kasada dari Jawa Timur yang merupakan ritual persembahan panen.

Tradisi

Asal muasal kata tradisi itu sendiri berasal dari bahasa Latin tradere yang secara harfiah berarti mentransmisikan, menyerahkan, memberi untuk disimpan. Meskipun secara umum diasumsikan bahwa tradisi memiliki sejarah kuno, banyak tradisi telah diciptakan dengan sengaja, baik itu politik atau budaya, dalam periode waktu yang singkat.

Ungkapan “menurut tradisi “, biasanya berarti bahwa informasi apa pun yang mengikuti hanya diketahui oleh tradisi lisan, tetapi tidak didukung (dan mungkin dapat disangkal) oleh dokumentasi fisik, oleh artefak fisik, atau kualitas lainnya bukti.

Pengertian Tradisi

Tradisi adalah kepercayaan atau perilaku (adat rakyat) yang diturunkan terus menerus dalam suatu contoh kelompok sosial atau masyarakat dengan makna simbolis atau makna khusus yang berasal dari masa lalu. Tradisi dalam kondisi ini dapat bertahan dan berkembang selama ribuan tahun.

Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli

Adapun definisi tradisi menurut para ahli, antara lain:

  1. WJS Poerwadaminto , Pengertian tradisi adalah sebagai segala sesuatu yang menyangkut kehidupan dalam masyarakat yang dilakukan secara terus menerus, seperti adat, budaya, kebiasaan dan juga kepercayaan.
  2. Soerjono Soekamto, Tradisi ialah sebagai kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat dengan secara langgeng (berulang-ulang).
  3. Van Reusen, Tradisi artinya sebagai warisan atau norma adat istiadat, kaidah-kaidah, harta-harta, tapi tapi tradisi bukan suatu yang tidak dapat diubah. Tradisi justru merupakan perpaduan dengan beragam perbuatan manusia dan diangkat dalam keseluruhannya.

Tradisi Menurut Disiplin Ilmu Pengetahuan

Tradisi sebagai konsep yang didefinisikan secara beragam dalam disiplin ilmu yang berbeda tidak boleh disamakan dengan berbagai tradisi (perspektif, pendekatan) dalam disiplin ilmu tersebut, diantaranya yaitu:

  1. Antropologi

Tradisi adalah salah satu konsep kunci dalam antropologi; dapat dikatakan bahwa antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang “tradisi dalam masyarakat tradisional”. Namun tidak ada “teori tradisi”, karena bagi sebagian besar antropolog kebutuhan untuk mendiskusikan apa tradisi itu tampaknya tidak diperlukan.

Hal itu disebabkan karena mendefinisikan tradisi tidaklah diperlukan (setiap orang dapat diharapkan untuk mengetahui apa itu) dan tidak penting (karena perbedaan kecil dalam definisi akan menjadi teknis). Namun ada pandangan yang berbeda pendapat; sarjana seperti Pascal Boyer berpendapat bahwa mendefinisikan tradisi dan mengembangkan teori tentang itu penting untuk disiplin ilmu.

  1. Arkeologi

Dalam arkeologi, istilah tradisi adalah sekumpulan budaya atau industri yang tampaknya berkembang dari satu sama lain selama periode waktu tertentu. Istilah ini sangat umum dalam studi arkeologi Amerika.

  1. Biologi

Dalam biologi, tradisi didefinisikan sebagai praktik perilaku yang relatif bertahan (yaitu, dilakukan berulang kali selama periode waktu tertentu), yang dibagikan di antara dua atau lebih anggota kelompok, yang sebagian bergantung pada pembelajaran yang dibantu secara sosial untuk generasinya dalam praktisi baru.

  1. Musikologi dan etnomusikologi

Dalam bidang musikologi dan etnomusikologi tradisi mengacu pada sistem kepercayaan, perbendaharaan, teknik, gaya dan budaya yang diturunkan dari generasi ke generasi. Tradisi dalam musik menunjukkan konteks historis yang dengannya seseorang dapat melihat pola yang dapat dibedakan.

  1. Sosiologi

Konsep tradisi, dalam penelitian sosiologis awal (sekitar pergantian abad ke-19 dan ke-20), mengacu pada masyarakat tradisional, yang dibedakan dengan masyarakat industri yang lebih modern. Pendekatan ini paling menonjol digambarkan dalam konsep Max Weber tentang otoritas tradisional dan otoritas legal-rasional modern.

Dalam karya yang lebih modern, sosiologi melihat tradisi sebagai konstruksi sosial yang digunakan untuk membedakan masa lalu dengan masa kini dan sebagai bentuk rasionalitas yang digunakan untuk membenarkan tindakan tertentu.

  1. Filsafat

Ide tradisi penting dalam filsafat. Filsafat abad kedua puluh sering terbagi antara tradisi ‘analitik’, dominan di negara Anglophone dan Skandinavia, dan tradisi ‘kontinental‘ yang dominan di Eropa berbahasa Jerman dan Roman.

Hal yang semakin penting bagi filsafat kontinental ialah proyek dekonstruksi apa yang oleh para pendukungnya, dengan mengikuti Martin Heidegger, dinamakan ‘the tradition’, yang dimulai dengan Plato dan Aristoteles.

Sebaliknya, beberapa filsuf kontinental – terutama, Hans-Georg Gadamer – mencoba merehabilitasi tradisi Aristotelianisme. Langkah ini telah direplikasi dalam filosofi analitik oleh Alasdair MacIntyre. Namun, MacIntyre sendiri mendekonstruksi gagasan ‘tradisi’, alih-alih menempatkan Aristotelianisme sebagai satu tradisi filosofis dalam persaingan dengan yang lain.

Ciri Tradisi

Beberapa hal yang perlu kita ketahui sebagai karakteristik dari sebuah tradisi, antara lain:

  1. Tradisi mengacu pada kepercayaan, benda atau adat istiadat yang dilakukan atau diyakini di masa lalu, ditransmisikan melalui waktu dengan diajarkan oleh satu generasi ke generasi berikutnya, dan dilakukan atau diyakini di masa kini.
  2. Awalnya, tradisi diwariskan secara lisan, tanpa membutuhkan sistem penulisan. Alat untuk membantu proses ini termasuk alat puitis seperti rima dan aliterasi. Kisah-kisah yang dilestarikan dengan demikian juga disebut sebagai tradisi, atau sebagai bagian dari tradisi lisan.
  3. Tradisi sering dianggap kuno, tidak dapat diubah, dan sangat penting, meskipun terkadang tradisi tersebut kurang “alami” daripada yang diperkirakan. Diasumsikan bahwa setidaknya dua transmisi selama tiga generasi diperlukan agar praktik, keyakinan, atau objek dipandang sebagai tradisional.
  4. Beberapa tradisi sengaja diciptakan karena satu dan lain alasan, seringkali untuk menyoroti atau meningkatkan pentingnya lembaga tertentu.
  5. Tradisi juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan hari ini, dan perubahan tersebut dapat diterima sebagai bagian dari tradisi kuno. Tradisi berubah perlahan, dengan perubahan dari satu generasi ke generasi berikutnya dianggap signifikan.

Dengan demikian, mereka yang menjalankan tradisi tidak akan secara sadar menyadari perubahan tersebut, dan bahkan jika sebuah tradisi mengalami perubahan besar selama beberapa generasi, hal itu akan dianggap tidak berubah.

Jenis Tradisi

Koenjaraningrat (1985) mengemukakan bermacam-macam tradisi yang hingga kini masih ada dan berkembang di tengah masyarakat, yaitu sebagai berikut:

  1. Ritual Agama

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang majemuk, termasuk kaitannya dengan agama. Seperti yang kita tahu bahwa ada lebih dari satu agama yang berkembang dan di sahkan di Indonesia. Hal itu tentunya akan berakibat pada beraneka ragamnya ritual keagamaan yang dilakukan dan dilestarikan oleh masing-masing pemeluknya.

Bentuk dan cara melakukan ritual keagamaan tersebut juga berbeda satu sama lain. Perbedaan tersebut disebabkan adanya lingkungan tempat tinggal, adat, serta tradisi yang diwariskan secara turun temurun.

  1. Ritual Budaya

Selain kemajemukan agama, Indonesia juga kaya akan keragaman unsur budaya. Misalnya keragaman budaya Jawa yang tercermin dari banyaknya upacara yang bekaitan dengan lingkaran kehidupan manusia mulai saat berada di dalam kandungan, saat lahir, saat masa anak-anak, remaja, hingga saat meninggal dunia.

Atau banyak pula upacara-upacara adat yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari dalam mencari nafkah. Selain itu, ada pula upacara yang berkaitan dengan tempat tinggal, seperti membangun gedung untuk berbagai keperluan, membangun, dan meresmikan rumah tinggal, pindah rumah, dan sebagainya.

Tujuan Tradisi

Tradisi mewakili bagian penting dari budaya kita. Tradisi membantu membentuk struktur dan fondasi keluarga dan masyarakat kita. Hal itu mengingatkan kita bahwa kita adalah bagian dari sejarah yang mendefinisikan masa lalu kita, membentuk siapa kita hari ini dan akan menjadi siapa kita nantinya. Begitu kita mengabaikan makna tradisi kita, kita berada dalam bahaya merusak penyangga identitas kita.

Berikut ini beberapa hal yang menunjukkan pentingnya tradisi untuk beragam hal, diantaranya yaitu:

  1. Tradisi memberikan rasa nyaman dan memiliki. Ini menyatukan keluarga dan memungkinkan orang untuk terhubung kembali dengan teman.
  2. Tradisi memperkuat nilai-nilai seperti kebebasan, iman, integritas, pendidikan yang baik, tanggung jawab pribadi, etos kerja yang kuat, dan nilai tidak mementingkan diri sendiri.
  3. Tradition menyediakan forum untuk menampilkan model peran dan merayakan hal-hal yang benar-benar penting dalam hidup.
  4. Tradisi menawarkan kesempatan untuk mengucapkan “terima kasih” atas kontribusi yang telah diberikan seseorang.
  5. Tradisi memungkinkan kita untuk menunjukkan prinsip-prinsip Bapak Pendiri kita, merayakan keberagaman, dan bersatu sebagai sebuah negara.
  6. Tradisi berfungsi sebagai jalan untuk menciptakan kenangan abadi bagi keluarga dan teman kita.
  7. Tradisi menawarkan konteks yang sangat baik untuk jeda dan refleksi yang bermakna.

Manfaat Tradisi

Tradisi memiliki beberapa fungsi atau manfaat, diantaranya yaitu:

  1. Sebagai penyedia fragmen warisan yang historis

Tradisi bermanfaat sebagai penyedia fragmen warisan yang historis. Tradisi tersebut bisa berupa gagasan dan bentuk material yang dapat digunakan manusia dalam berbagai tindakan di masa kini maupun di masa mendatang dengan pengalaman masa lalu sebagai dasarnya. Misalnya tradisi kepahlawanan dan lain sebagainya.

  1. Sebagai pemberi legitimasi dalam pandangan hidup

Tradisi bermanfaat sebagai pemberi legitimasi pada keyakinan dalam pandangan hidup, atau peraturan dan pranata yang sudah ada, yang semua hal tersebut membutuhkan pembenaran agar dapat mengikat para anggotanya. Misalnya wewenang raja yang telah sah dari tradisi seluruh dinasti yang terdahulu.

  1. Sebagai penyedia simbol dalam identitas kolektif

Tradisi dapat menjadi simbol identitas kolektif yang sangat meyakinkan, bisa memperkuat loyalitas pada bangsa atau komunitas. Misalnya tradisi nasional untuk bendera, lagu, mitologi, emblem, ritual umum, dan lain-lain.

Contoh Tradisi

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan tradisi. Berikut ini contoh-contoh tradisi yang berkembang di Indonesia, antara lain:

  1. Kasada (Jawa Timur): Ritual Persembahan Panen

Upacara Kasada selalu diadakan pada tanggal 14 Kasada (menurut kalender Jawa kuno) di Gunung Bromo. Tujuan dari Kasada adalah untuk memperingati pengorbanan Raden Kusuma (putra Jaka Seger dan Lara Anteng, orang yang dihormati oleh penduduk setempat).

Masyarakat Tengger akan mengangkat semua sesaji (hasil panen dan unggas) ke puncak dan membuangnya ke dalam kawah. Sedangkan beberapa pertunjukan seperti Jaranan diadakan di desa.

  1. Rambu Solo (Sulawesi Selatan): Upacara Pemakaman Toraja

Rambu Solo adalah upacara pemakaman tradisional yang diadakan oleh masyarakat Toraja. Tujuan dari upacara tersebut adalah untuk menyapa roh orang yang telah meninggal. Mereka percaya bahwa roh akan kembali ke surge bersama nenek moyang mereka.

Ritual dimulai dengan penyembelihan hewan (biasanya kerbau dan babi). Status sosial tergantung pada seberapa banyak hewan yang dikurbankan. Hal-hal yang harus kita lihat selama upacara adalah adu kerbau, nyanyian, dan tarian baris.

  1. Ngurek (Bali): Ritual Melukai Badan

Ngurek adalah tradisi Bali ekstrim yang diadakan untuk tujuan keagamaan. Para jamaah akan melukai diri sendiri dengan menusuk tubuh mereka dengan pisau tradisional yang disebut “keris”. Selama ritual ini, peserta dianggap kerasukan.

Tradisi Ngurek atau Nguying bertujuan untuk mengabdi pada “Sang Hyang Widi Wasa”, sang dewa. Tradisi unik ini bisa Anda saksikan hampir di seluruh desa di Bali.

  1. Pasola (Sumba): Pemeragaan Perang Dengan Kuda

Pasola merupakan salah satu upacara adat yang luar biasa masyarakat Sumba di Nusa Tenggara Timur. Itu selalu diadakan setiap tahun dari Februari hingga Maret. Tujuan dari tradisi ini adalah mendapatkan berkah Tuhan untuk panen yang lebih baik.

Pasola secara harfiah berarti “permainan perang”. Itu terjadi antara dua kelompok pria yang mengenakan kostum tradisional, memegang tombak kayu tumpul sambil menunggang kuda mereka. Kita bisa menikmati ritual ini bersama keramaian di ruang publik terbuka.

  1. Fahombo Batu (Pulau Nias): Melompati Batu-Batu Besar

Fahombo Batu (lompat batu) adalah ciri budaya Pulau Nias. Itu dilakukan oleh seorang pria muda yang berpakaian bagus dengan kostum tradisional. Dia harus melompati tumpukan batu-batu besar setinggi 2 meter (6,5 kaki).

Selama prosesi lompat, para pengunjung bisa menikmati sang pria yang menunjukkan keahliannya dari kejauhan. Jika pemuda setempat dapat menantang dirinya sendiri untuk melompati batu, itu berarti dia telah mencapai kedewasaan.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan pengertian tradisi menurut para ahli, ciri, macam, tujuan, manfaat, dan contohnya yang ada di masyarakat Indonesia. Semoga memberikan wawasan untuk semua kalangan yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *