Metode Penelitian Sosial dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Jenis Metode Penelitian Sosial

DosenSosiologi.ComMetode penelitian sosial secara umum terdapat dua pendekatan utama yang sering digunakan, khususnya dalam disipilin ilmu sosial misalnya saja penelitian sosiologi, penelitian sejarah, dan penelitian ilmu sosial lainnya. Penjelasan lebih lanjut berikut inilah penjabaran tentang metode penelitian sosial dan contohnya.

 

Metode Penelitian Sosial

Metode penelitian sosial ialah cara yang dipergunakan dalam melakukan kegiatan penelitian yang terbagi menjadi metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Kedua pendekatan tersebut memiliki metode berbeda antara satu dengan yang lainnya. Akan tetapi yang pasti dalam proses penyusunannya menjelaskan tentang teknik dan prosedur penelitian yang dilakukan. Selengkapnya, baca; Contoh Metode Penelitian Kuantitatif/Kualitatif/Karya Ilmiah/Makalah

Sejarah Penelitian Sosial dalam Sosiologi

Metode yang dipergunakan dalam penelitian sosial, khususnya dalam penelitian sosiologi yang pertama kali dalam sejarahnya adalah Harriet Martineu yang hidup pada tahun 1802 sampai dengan tahun 1876. Ia sendiri merupakan seorang perintis yang menerapkan observasi sebagai teknik dalam mengkaji kebiasaan dan praktik sosial di lnggris dan Amerika Serikat.

Harriet Martineu menulis buku yang berjudul Society in America (1837). Buku tersebut berisi penelitian agama, politik, pengurusan anak, dan imigrasi di Amerika. Buku tersebut menitikberatkan pada perbedaan kelas sosial serta faktor-faktor seperti gender dan ras.

Selain itu juga Harriet Martineu dikenal sebagai seseorang yang pertama kali menulis buku mengenai metode penelitian dalam sosiologi

Pendekatan dan Metode Penelitian

Berikut inilah 2 bentuk metode penelitian, diantarnya sebagai berikut;

Pendekatan dan Metode Penelitian Kuantitatif

Metode penelitian sosial dengan jenis kuantitatif adalah metode yang memiliki sifat deduktif. Artinya, penelitian didahului dengan teori dan hipotesis yang matang baru diperoeh generalisasi empiris. OIeh karena itu, proposal penelitian sosial pada pendekatan kuantitatif harus disusun secara matang dan mantap.

Hipotesis pendekatan kuantitatif digunakan untuk membuktikan suatu asumsi atau pendapat awal penelitian yang diperoleh melalui kajian teori. Adapun metode yang dapat digunakan dalam penelitian kuantitatif sebagai berikut.

Metode Penelitian Kuanlitatif

Berikut inilah metode yang dipergunakan dalam penelitian kuanlitatif

  • Eksperimen, yaitu penelitian yang digunakan untuk menemukan hubungan baru atau hasil tertentu melalui serangkaian tindakan percobaan.
  • Survei, yaitu bentuk penelitian yang digunakan untuk memperoleh informasi tentang karateristik, tindakan, dan pendapat yang mewakili populasi melalui kuesioner ataupun wawancara.
  • Deskriptif kuantitatif, artinya angka-angka yang diperoleh atau yang telah diolah dijelaskan sesuai standardisasi tertentu.
  • Penelitian eksplanatif, bertujuan menjelaskan variabel-variabel yang memiliki kecenderungan tertentu yang muncul sebagai akibat adanya variabel bebas.
  • Komparatif (expost-facto), bertujuan membandingkan dua variabel atau lebih yang muncul karena adanya variabel bebas.
  • Eksploratif, bertujuan mengenali variabel tertentu dan suatu fenomena sosial yang ingin diketahui maknanya.
  • Korelasional, bertujuan menyelidiki sejauh mana dampak variasi-variasi suatu faktor berkaitan dengan variasi-variasi lain dalam satu faktor atau lebih

Contoh Penelitian Sosial Pendekatan Kuantitatif

Contoh yang dapat diberikan dalam penelitian sosial dengan pendekatan kuantitatif adalah penelitian tentang partisipasi pemilih pemula dalam lembaga politik. Misalnya saja dalam Pemilu yang biasanya seringkali kita jumpai ada sejumlah data tentang elaktabilitas partai politik di dalam masarakat.

Pendekatan dan Metode Penelitian Kualitatif

Pendekatan kualitatif digunakan untuk menjelaskan fenomena secara Iebih mendalam. Pendekatan kualitatif bersifat induktif, artinya penelitian diawali dengan penelitian pendahuluan dan pengumpulan data, serta diakhiri dengan pengambilan kesimpulan.

Setelah menentukan topik, peneliti perlu melakukan penelitian pendahuluan. Penelitian pendahuluan merupakan kegiatan observasi awal yang  digunakan untuk mengumpulkan data awal penelitian.

Melalui kegiatan tersebut peneliti dapat menentukan rumusan masalah, tujuan, kajian pustaka yang relevan, metode, dan kerangka berpikir. Selanjutnya, dilakukan pengumpulan data lapangan. Data yang telah dikumpulkan diolah atau dianalisis melalui triangulasi data. Data yang telah diolah disajikan dan peneliti melakukan kegiatan penarikan kesimpulan.

Metode Penelitian Kualitatif

Adapun metode yang dapat digunakan dalam penelitian kualitatif sebagai berikut;

  • Fenomenologi, yaitu penelitian yang berusaha menjelaskan suatu fenomenalkejadian berdasarkan pemahaman atau hasjl pemikiran informan atau objek penelitiannya.
  • Deskriptif, yaitu penelitian yang berupaya memberikan gambaran secara Iengkap mengenai suatu permasalahan sosial.
  • Studi kasus, yaitu penelitian yang bertujuan menjelaskan latar belakang dan gambaran suatu kasus sosial yang cenderung berbedalkhusus dan tidak selalu ditemukan di tiap-tiap daerah atau waktu tertentu (kasuistik).
  • Penelitian historis, yaitu bertujuan menjelaskan kembali peristiwa ataupun gejala sosial pada masa Iampau. Penelitian mi menggunakan tulisan, artefak, atau bukti-buktj peninggalan sejarah.

Contoh Penelitian Pendekatan Kualitatif dalam Metode Penelitian Sosial

Contoh penelitian kualitatif yang dapat dilihat dari penelitian sosial misalnya saja dalam hubungan antara orangtua dan anak dalam Lembaga Keluarga. Penelitian ini bisanya mencangkup denga perhatian ayah atau ibu kepada anak, atau sebaliknya. Tujuannya dari penelitian model ini adalah untuk melihat tingkat perubahan sosial yang ada dalam kehidupan masyarakat.

Perbedaan Metode Penelitian Kuanlitatif dan Kualitatif

Berbagai perbedaan yang terdapat dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif. Salah satu yang terlihat dari perbedaan ini misalnya saja dalam sumber data, jika dalam penelitian kuantitatif menggunakan istilah reponden sedangkan dalam penelitian kualitatif menggunakan istilah informan. Selain itu perbedaan lainnya, jika penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan deduktif sedangkan dalam penelitian kualitataif menggunakan pendekatan induktif.

Baca Juga:

  1. Pengertian Penelitian Sosial, Ciri, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya
  2. 6 Langkah Penelitian Sosial dan Contohnya
  3. Contoh Penelitian Sosial Yang Baik dan Cara Membuatnya

Dari penjelasan diatas, dapat dikatakan jika pada dasarnya penelitian sosial tidak dapat dipishakan dari dua gelongan motede ini, yakni kualitatif dan kuantitatif. Metode ini banyak dipergunakan karena sampai saat ini dianggap masih relevan dengan perkembangan zaman.

Demikinalah penjelasan tentang Metode Penelitian Sosial dan Contohnya. Semoga dengan adanya penjelasan ini dapat memberikan wawasan dan juga memberikan pengetahuan bagi seteiap pembaca yang sedang mendalami tentang “Materi Penelitian Sosial”. Trimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *