Langkah Penelitian Sosial dan Contohnya

Diposting pada

Langkah Penelitian Sosial dalam Sosiologi

Langkah-langkah dalam melakukan penelitian sosial sangatlah diperlukan bagi siapapun yang sedang memperispkan diri dalam melakukan penelitian sosial, baik dengan arti penelitian kualitatif ataupun menggunakan metode penelitian kuantitatif.

Langkah dalam melaukan proses penelitian sosial ini diperlukan agar penelitian bisa berjalan dengan sitematis sesuai dengan koredor yang telah ditentukan.

Penelitian Sosial

Penelitian sosial adalah penelitian yang dilakukan dalam upaya mengamati dua bentuk gejala sosial atau lebih yang saling berkaitan satu sama lainnya.

Baik berkiatan dalam segi postif ataupun berkaitan dalam segi negatif. Adapun untuk topik penelitian sosial ini misalnya saja adalah mengenai tipe lembaga sosial, perubahan sosial budaya, kependudukan, arti globalisasi, dan lain sebagainya.

Akan tetapi yang pasti berbagai jenis penelitian sosial dibuat senantisa berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah dan berdasarkan pada fakta yang diketahui melalui observasi, eksperimen, dan tinjauan pustaka yang kemudian semuanya dikur melalui instrumen penelitian.

Langkah Melalukan Penelitian Sosial

Langkah Melalukan Penelitian Sosial
Langkah Melalukan Penelitian Sosial

Serangkaian langkah yang bisa dipergunakan dalam penelitian, antara lain sebagai berikut;

  1. Menentukan Topik Penelitian

Penjelasan mengenai langkah aawal dalam melakukan penelitian sosial yang pertama adalah dengan menentukan topik penelitian.Topik penelitian dapat diperoleh dengan mengamati berbagai contoh permasalahan sosial dalam masyarakat.

Mislanya yang saat ini sedang familiar adalah permasalahan covid-19 yang pada kenyataan dana yang diberikan oleh pemerintah malah di korupsi oleh pihak-pihak tertentu.

  1. Membuat Rancangan Penelitian

Setelah menemukan topik yang akan dibahas, peneliti membuat rancangan penelitian, yaitu melalui pembuatan proposal. Proposal pada umumnya terdiri atas bab pendahuluan, kajian pustaka, dan metode penelitian. Adapun bagian hasil dan penutup terdapat pada laporan penelitian.

  1. Mengumpulkan Data

Setelah rancangan penelitian disusun, peneliti mengumpulkan data sesual teknik pengumpulan data yang telah ditentukan pada rancangan penelitian.

  1. Mengelola Data

Data yang telah diperoleh diolah atau dianalisis menggunakan teknik dan alat yang telah ditentukan. Setelah data diolah.

  1. Menulis Laporan Penelitian

Tahapan ini terkait dengan pengelolaan data disajikan dalam susunan laporan penelitian secara utuh. Sesuai dengan struktur kepenulisan yang berlaku.

  1. Mempersentasikan dan Mempublikasikan Hasil Penelitian

Hasil penelitian dipresentasi kan dan dipublikasikan kepada pihak terkait dan masyarakat umum secara luasanya. Misalnya, hasil penelitian dipublikasikan dalam bentuk jurnal elektronik baik nasional ataupun internasional, atauoun dalam media cetak yang memiliki legalitas yang baik.

Contoh Penelitian Sosial

Contoh yang dapat dilakukan dalam membuat penelitian sosial secara sederhana misalnya saja;

  1. Penelitian tentang globalisasi dalam sudut pandang ilmu pengetahuan sosiologi

Sebagai ilmu pengetahuan globalisasi dalam sosiologi dipandang sebagai perubahan sosial yang tidak bisa dihindari oleh sispapun. Arus globalisasi ini memberikan dampat yang cukup signifikan dalam perkembangan manusia, meskipun demikian hasil penelitian gobalisasi sudah sengatlah sering kita lakukan.

Dimana paradigma penelitian sosiologi dalam globalisasi senantisa berhubungan 4 pilihan, diantarnya adalah positivisme, post-positivisme, konstruktivisme, teori kritik, dan partisipatoris.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah disimpulkan bahwa langkah penelitian sosial adalah cara yang disusun secara sitematis dalam melakukan kegiatan penelitian-penelitian disiplin ilmu sosial, baik dalam segi sosiologis, geografis, sejarah, dan lain sebaginya. Sehingga keadaan yang demikianlah dipergunakan untuk mempermudah si peneliti dalam prosesnya.

Disisi lain, langkah melakukan penelitian sosial sangat diperlukan rasa ingin tahu yang tinggi. Rasa ingin tahu ini  merupakan modal untuk mengembangkan potensi diri dalam memulai langkah dalam penelitian sosial. Melalui rasa ingin tahu para ilmuwan mampu menciptakan penemuan-penemuan yang bermanfaatbagi kehidupan sosial masyarakat.

Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang membutuhkannya.

Rating: 4.0/5. From 3 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *