Contoh Tujuan Penelitian dan Penulisan

Diposting pada

Contoh Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian atau yang dikenal pula dengan penulisan menjadi salah satu unsur penting dalam BAB 1 yang bersisi pendahuluan. Sehingga hampir semua jenis karya tulis ilmiah, seperti skripsi, makalah, tesis, karya tulis ilmiah, essay, jurnal, praktikum, maupun proposal penelitian selalu menyertakan bagian ini.

Adapun secara umum tujuan penelitian juga disebut sebagai tujuan penulisan yang dihasilkan dari proses tinjauan pustaka yang dibuat untuk menjelaskan permasalahan dan dasar teori-teori beserta data-data yang dibutuhkan.

Tujuan Penelitian/Penulisan

Tujuan penelitian adalah pembahasaan mengenai rumusan dalam kalimat penelitian yang menjukan hasil didapatkan setelah prosesisasi penelitian terselesaikan. Dimana proses pembuatan penulisan dalam tujuan  ini didasarkan pada permasalahan-permasahalan yang telah disampaikan pada latar belakang.

Disisi lain, sistematika tata letak yang ada di dalam tujuan penelitian ini bebarengan dengan latar belakang, rumusan masalah, manfaat dalam penelitian. Yang kesemua bagian-bagian ini terdapat dalam BAB 1 atau dalam pembukaan.

Contoh Penulisan Tujuan Penelitian

Keterangan mengenai pengertian tujuan penelitian dan karakteristiknya di atas akan sulit dipahami jilalau tulisan ini tidak menyertakan beberapa contoh kalimat dalam pembuatannya. Oleh karenan itulah berikut ini sejumlah contoh yang bisa diberikan;

  1. Tujuan Penelitian Karya Ilmiah

Karya ilmiah sebagai salah satu jenis karya tulis selalu menyertakan bagian ini, proses pembuatan dalam tujuan penelitian sendiri berkaitan erat dengan solusi yang diharapkan penulis untuk pembacanya. Berikut ini contoh kalimat tujuan penelitian karya ilmiah.

Tujuan Penulisan Karya Ilmiah

Tujuan Penulisan Karya Ilmiah

Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penulisan karya ini untuk mengungkapkan tentang:

  1. Perancangan Kebijakan Education Mix System Ind-Mal untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Wilayah Perbatasan Indonesia-Malaysia di Era Asean Economic Community.
  2. Implementasi Kebijakan Education Mix System Ind-Mal untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Wilayah Perbatasan Indonesia-Malaysia di Era Asean Economic Community.
  3. Kelebihan Kebijakan Education Mix System Ind-Mal untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Wilayah Perbatasan Indonesia-Malaysia di Era Asean Economic Community.

  1. Tujuan Penelitian Skripsi

Skripsi bisa dikatakan menjadi salah satu jenis karya tulis yang dibuat untuk menuntaskan jenjang pendidikan Strata 1 (S1) pembuatan kalimat dalam tujuan penelitian dalam skripsi ini misalnya dengan sistemasisasi sebagai berikut;

Tujuan Penelitian Skripsi

Tujuan Penelitian Skripsi ini adalah:

  1. Mengetahui perbandingan terbaik dari volume asitik hidrolisator dalam memutuskan ikatan β-1,4 glikosidik terhadap jumlah alang-alang ditinjau dari hasil kuantitas fermentasi dan waktu yang dibutuhkan selama fermentasi.
  2. Mengetahui tingkat efesiensi Minyak Hilal berdasarkan perbandingan hasil hidrolisi asitik terhadap hasil hidrolisis enzimatik.

  1. Tujuan Proposal

Pembuatan tujuan penulisan juga dilakukan dalam bentuk proposal, baik proposal pengajuan dana ataupun proposal untuk melakukan riset. Adapun contoh pengunaan kalimat dalam penulisan proposal ini sendiri adalah sebagai berikut;

Tujuan Proposal

Tujuan dari proposal ini adalah;

  1. Mengambil peluang berwirausaha dengan memanfaatkan buah yang kurang mendapat perhatian masyarakat yaitu buah campolay.
  2. Menginovasikan rumput laut guna menyempurnakan gizi BICAROLA
  3. Memberikan inovasi baru dibidang kuliner khususnya biskuit bayi.
  4. Membantu ibu untuk memberikan MP-ASI yang aman dan sehat untuk tumbuhkembang bayi.
  5. Menambah nilai ekonomis dan dayaguna buah campolay dan rumput laut.
  6. Menggeliatkan pembudidayaan buah campolay di Lampung guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lampung.

  1. Tujuan Penulisan Makalah

Makalah sebagai salah satu bentuk karya tulis haruslah mencantumkan bagian tujuan penulisan. Langkah pembuatan dalam tujuan ini misalnya saja dengan menggunakan kalimat dalam satu paragraf atau bisa juga membuatnya seperti penomeran.

Berikut ini contohnya;

Tujuan Penulisan Makalah

Tujuan makalah ini adalah merespon MEA yang terjadi pada tahun 2015 dengan meningkatkan kualitas bahasa inggris masyarakat Indonesia melalui kebijakan solutif dan imajenatif GABAH untuk membentuk generasi emas khususnya di wilayah pedesaan

Tujuan Penulisan Makalah

Tujuan

Adapun tujuan penulisan makalah ini, yaitu;

  1. Memberi informasi kepada masyarakat tentang olahan bahan pangan lokal yang bernilai gizi yaitu sukun,biji nangka, dan buah naga sebagai alternatif asupan gizi untuk balita.
  2. Memberi informasi tentang cara pengolahan sukun,biji nangka, dan buah naga menjadi
    bubur ‘Susu Naga’ (Sukun dengan Susu Biji Nangka dan Buah Naga).
  1. Tujuan Penelitian Tesis

Tesis adalah salah satu bentuk karya tulis yang harus diselesaikan dengan penelitian. Metode penelitian yang digunakan bisa dengan kualitataif ataupun kuantitatif. Bentuk kalimat yang bisa dipergunakan dalam tesis misalnya saja sebagai berikut;

Tujuan Penelitian Tesis

Tujuan penelitian tesis ini adalah mengeksplorasi senyawa yang dapat dimanfaatkan untuk penderita diabetes dalam terapi suportif melalui teknologi mikroenkapsulasi sediaan effervescent. Terapi suportif untuk penderita diabetes ini bertujuan untuk mengurangi efek samping yang dihasilkan oleh penggunaan jangka panjang obat antidiabetes serta membantu meningkatkan efikasi terapi penderita DM tipe II.

  1. Tujuan Penelitian Tugas Akhir

TA atau Tugas Akhir adalah salah satu bentuk laporan penelitian dan kajian yang dilakukan untuk jenjang pendidikan D3, pembuatan dalam penulisan tujuan ini bisa menggunakan metode kalimat yang mudah, misalnya saja sebagai berikut;

Tujuan Penelitian Tugas Akhir

Dengan diselesaikannya tugas akhir bidang pengabdian di dalam pondok pesantren ini diharapkan:

  1. Para santri yang tinggal di pondok pesantren mampu memanfaatkan daun sirih merah sebagai obat gatal-gatal.
  2. Para santri yang tinggal di pondok pesantren mamahami pola hidup bersih dan sehat sehingga terhindar dari penyakit gatal-gatal.
  3. Terciptanya pesantren yang sehat dan bersih sehingga mampu untuk menciptakan situasi belajar yang lebih nyaman.

  1. Tujuan Penulisan Jurnal

Jurnal menjadi bahasan yang menarik untuk dipelajari. Dimana, pada proses penulisannya sendiri mengikuti sistematika karya tulis lainnya. Sehingga tak khayal kadangkala setelah adanya rumusan masalah dijelakan, ada bagian khusus yang memberikan keterangan terkait dengan tujuannya.

Contoh Tujuan Penulisan Jurnal

Tujuan

Tujuan penulisan jurnal ini adalah sebagai berikut;

  1. Mengetahuan kandungan yang terdapat dalam tanaman Uru Handalai
  2. Mengetahui kebermanfaatan tanaman Uru Handalai dapat mengobati penyakit Herpes zoster
  1. Tujuan Penulisan Paper

Paper ilmiah kaedahnya menjadi urgensi penting bagi setiap peserta didik dalam memahami proses pembuatannya. Dimana, paper ini juga terdapat bagian untuk penulisan tujuan. Sehingga tak khayal juga dicantumkan dalam daftar isi paper.

Contoh Tujuan Penulisan Paper

Tujuan

Tujuan pembuatan paper ini adalah;

  1. Untuk menciptakan alat praktikum digital dan ekonomis
  2. Menimbulkan Minat Belajar siswa
  3. Menjadikan fisika pelajaran yang berkualitas
  1. Tujuan Penulisan Artikel

Artikel ilmiah secara nyata memanglah ada bagian untuk pembuatan tujuan penulisan. Meski, sebagai besar juga tidak mencantumkan melainkan berada dalam bagian latar belakang secara langsung.

Contoh Rumusan Masalah, Tujuan, dan Manfaat Artikel

Rumusan Masalah

  1. Apa kandungan yang terdapat pada bagian akar tambalalung?
  2. Bagaimana cara mengolah akar tambalalung menjadi obat bagi penderita ambeien?

Tujuan Penulisan

  1. Mengenalkan tanaman khas Kalimantan pada masyarakat luas, yaitu tambalalung

Manfaat Penulisan

  1. Menghasilkan produk yang berpotensi sebagai obat dari bahan alami,
  2. Membuka peluang usaha baru
  3. Memunculkan penemuan baru bagi dunia farmasi
  1. Tujuan Laporan Praktikum

Praktikum memanglah lebih dekat dengan mata pelajaran berbasis IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) seperti fisika, kimia, biologi, matematika, pertanian, bahkan ilmu kesehatan. Alasannya karena kegiatan membuat tugas praktikum ini dilakukan dalam laboratorium.

Contoh dalam Laporan Praktikum

Tujuan

Adapun tujuan laporan praktikum ini adalah;

  1. Mengetahui apakah pemberikan tepung bonggol jagung dapat mempengaruhi kadar glukosa darah mencit putih
  2. Membantu pemerintah dalam meningkatkan potensi lokal dan daya saing global untuk meraih SDGs 2030 melalui cemilah berbahan dasar tepung bonggol jagung
  1. Tujuan Penulisan Essai

Essai sebagai bagian daripada karya tulis ilmiah dalam proses penulisannya juga terdapat tujuan mengapa karya tersebut dibuat. Bisanya sesuai dengan tema yang ada, essay ini lebih spesifik pada masalah-masalah sosial yang terjadi di Indonesia pada saat ini.

Contoh Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan essay ini adalah untuk mengurangi angka kenakalan pelajar dengan meningkatkan disiplin dan prestasi pelajar.

Cara Menulis Tujuan Penelitian

Cara Menulis Tujuan penelitian

Cara membuat tujuan masalah dari karya tulis ilmiah, setidaknya memiliki karakteristik sebagai berikut;

  1. Spesifik

Karakteristik pembuatan dalam tujuan penelitian setidaknya harus spesifik dan tidak lari dari fokus pembahasan yang diungkapkan. Pembutan ini setidaknya harus berfungsi menyelesaikan masalah-masalah yang telah disampaikan dalam penulisan.

  1. Terbatas

Bentuk tujuan penelitian yang dituliskan dalam karya tulis setidaknya terbatas dari keseluruhan sistemasisasi yang ada. Misalnya dalam jumlah kalimat atau kata tidak boleh panjang daripada latar belakang masalah penelitian ataupun dari manfaat penelitian.

  1. Dapat diukur

Sifat selanjutnya yang harus dimiliki dalam sistem penulisan tujuan penelitian haruslah dapat di ukur dengan teori dan data yang dilampirkan di dalam proses pembuatan karya ilmiah. Dengan demikian secara singkat seseorang menuliskan bagian ini hanya sebagian hipotesis sementara atas hasil yang disampaikan.

  1. Dapat Dikoreksi

Penulisan dalam tujuan penelitian selanjutnya ialah bisa diperiksa dengan melihat hasil penelitian yang disampaikan dalam BAB II. Pembuatan bagian tujuan dalam penulisan ini setidaknya menjadi pedoman seseorang dalam menentukan langkah penulisan selanjutnya.

Kesimpulan

Dari serangkaian penjelasan cara membuat dan contoh tujuan penelitian di atas, penting untuk ditegaskan bahwasanya pembuatan tujuan penulisan bukan semata-mata menyelesaikan struktur tulisan yang harus ada, akan tetapi harus bisa dianalisis lebih mendalam pada bagian pembahasan dalam karya tulis. Oleh karena itulah proses penulisan bagian ini bebas tidak ada batasan penggunaan kalimat, baik pasif atau aktif. Akan tetapi yang dapat dipastikan bentuk tulisannnya berlaku satu paragaf ataupun dalam beberapa sub pernyaan yang disampaikan.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian, karakteristik, dan contoh tujuan penelitian. Semoga dengan adanya penjabaran ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mencari refrensi mengenai “tujuan penelitian”. Trimakasih,

Rating: 3.6/5. From 8 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *