Pengertian Piramida Penduduk, Bentuk, Fungsi, dan Contohnya

Diposting pada

Piramida Penduduk

Piramida penduduk selalu dipergunakan dalam menggambarkan komposisi penduduk yang ada dalam arti masyarakat. Sehingga secara jelas penggambaran dan pembuatan piramida penduduk berdasarkan pada data dan fakta yang ada di lapangan.

Adapun untuk pembuatan dalam piramida penduduk ini setiap 5 tahun sekali selalu diperbaharui. Alasannya demi melihat sumber daya manusia dan juga potensi-potensi yang bisa dikembangkan. Tetapi di lar daripada itu semuanya, terdapat bentuk piramida penduduk yang terdiri dari ekspansif, konstruktif dan stasioner

Piramida Penduduk

Piramida penduduk dan penjelasannya tidak akan terlepas daripada komposisi penduduk yang dilihat berdasarkan umur dan jenis kelamin. Sehingga hal ini sentiasanya digambarkan berdasarkan fakta dan data pada piramida penduduk.

Adapun pada umumnya pada piramida penduduk ini dilakukan melalui garis vertikal yang mencirikhaskan sebagai golongan umur dan termuda (bagian bawah) hingga tertua (bagian atas) dan garis horizontal menunjukkan jumlah penduduk. Piramida bagian kiri pada pramida penduduk ini menunjukkan penduduk laki-laki dan piramida bagian kanan menunjukkan penduduk perempuan.

Pengertian Piramida Penduduk

Pengertian piramida penduduk adalah serangkaian pengelompokan kependudukan yang dilakukan berdasarkan kriteria tertentu. Yakni atas kriteria biologis (umur dan jenis kelamin), sistem sosial (tingkat pendidikan dan status perkawinan), ekonomi (jenis mata pencaharian dan tingkat pendapatan), dan geografis (wilayah tempat tinggal).

Pengertian Piramida Penduduk Menurut Para Ahli

Adapun untuk definisi piramida penduduk menurut para ahli. Yaitu;

  1. Bagja Waluya, Piramida penduduk adalah penggambarkan jumlah kompisisi penduduk yang dilihat berdasakan pada jenjang usia dan jenis kelamin dengan berdasarkan pada data sehingga pembuatannya dilakukan melalui langkah menyusun dua garis yang saling tegak lurus.

Bentuk Piramida Penduduk

Terdapat macam-macam jenis yang bisa digambaran dalam piramida penduduk, yaitu;

  1. Piramida Penduduk Muda (Ekspansif)

Pengertian piramida penduduk muda (ekspansif) adalah penyusuna piramida yang menunjukkan jumlah penduduk umur muda lebih banyak dibandingkan penduduk umur tua. Pada piramida mi pertumbuhan penduduk tinggi yang dicirikan oleh tingkat kelahiran tinggi dan tingkat kematian bayi relatif rendah.

Gambar Piramida Penduduk Ekspansif
Piramida Penduduk Ekspansif
  1. Piramida Penduduk Berimbang (Stasioner)

Piramida penduduk stasioner adalah penggambaran piramida penduduk yang menunjukkan jumlah penduduk umur muda, dewasa, dan tua seimbang antara satu dengan lainnya, biasanya keseimbangan dalam jenis piramida ini selalu dicirikan oleh angka kelahiran dan angka kematian yang bernilai sama.

Piramida Penduduk Stasioner
Piramida Penduduk Stasioner
  1. Piramida Penduduk Tua (Konstruktif)

Piramida penduduk konstruktif (tua) adalah piramida penduduk yang menunjukkan angka kelahiran menurun cepat dan tingkat kematian yang dimiliki oleh suatu negara atu wilayah sangat rendah.  Oleh karena itulah ciri khas yang ada pada piramida ini jumlah penduduk umur muda lebih sedikit daripada penduduk umur tua.

Piramida Penduduk Konstruktif
Piramida Penduduk Konstruktif

Fungsi Piramida Penduduk

Adanya piramida penduduk di suatu negara dapat bermanfaat dalam berbagai hal. Diantaranya;

  1. Mengetahui data dan fakta yang sebenarnya dari komposisi jumlah penduduk di suatu wilayah tertentu
  2. Menentukan arah kebijakan pembangunan yang dilakukan pemerintah di dalam kehidupan bermasyaakat. Alasannya karena kegunaan ini di dapatkan karena pembangunan atau kebijakan yang dilakukan pemerintah pada dasarnya selalu bertujuan untuk kesejahteraan dalam kehidupan masyarakat, oleh karena itulah apapun kebijakan sejatinya akan menelaah hal-hal yang berkaitan dengan jumlah kepdudukan di dalam masyarakat
  3. Memberikan pelajaran dan wawasan mengenai tatacara ilmiah membaca piramida penduduk
  4. Memberikan gambaran secara singkat tentang kondisi kependudukan di suatu wilayah atau negara
  5. Menjelasakan tentang pentingnya data kependudukan dalam pembangunan ekonomi dan tahap perencanaannya

Contoh Piramida Penduduk

Contoh gambar dan juga keterangan yang dapat diberikan dalam upaya memperjelasan pemahaman mengenai piramida penduduk dan bentuknya tersebut, misalnya saja;

  1. Piramida Penduduk Indonesia

Berikut ini merupakan piramida penduduk di Indonesia yang ada pada Tahun 2015 yang bisa dikatakan berbentuk ekspansif.

Gambar piramida penduduk
Contoh Piramida Penduduk
Cara Membaca Piramida Penduduk

Tahapan dalam membaca dan menjelaskan piramida penduduk Indonesia di atas terutama pada tahun 2015 berbentuk segitiga atau bersifat ekspansif.

Alasannya karena piramida berbentuk segitiga menunjukkan jumlah penduduk umur muda (usia yang lebih dari 15 tahun) banyak dan juga selain itu di dominasi dengan tingginya angka kelahiran. Sedangkan untu jumlah penduduk umur tua Iebih sedikit dibandingkan penduduk umur dewasa atau umur produktif (15 sampai dengan 64 tahun) dan angkat kematian yang tinggi.

Oleh karena itulah dapat dipastikan berdasarka fakta dan data sebagian besar penduduk di Indonesia berada dalam usia muda sehingga komposisi penduduknya bisa dikatakan tidak simbang.

Demikialah tulisan mengenai pengertian piramida penduduk menurut para ahli, bentuk, fungsi, dan contoh gambarnya. Semoga dengan adanya pembahasan ini bisa memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mencari literasinya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *