Jenis Media Pembelajaran dan Fungsinya

Diposting pada

Macam Media Pembelajaran

Dalam arti pendidikan setiap seorang guru pasti sudah terbiasa mendengar istilah media pembelajaran. Alasannya karena media pembelajaran ini merupakan salah satu bentuk pendukung dalam kegiatan belajar dan mengajar. Dimana, dalam pemanfaatan media pembelajaran ini sudah seharusnya bisa dilakukan dengan maksimal dalam setiap kegiatan pembelajaran. Karena semakin baik pemanfaatan media pembelajaran, maka semakin efektif pula tingkat pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar.

Disisi lain, setidaknya perlu diketahui bahwa media pembelajaran ini memiliki jenis yang begitu beragam. Bahkan dengan banyaknya jenis media pembelajaran, maka guru dapat lebih mudah memilihkan media yang paling tepat untuk peserta didiknya agar lebih mudah dalam menerima materi atau pengetahuan yang disampaikan guru.

Media Pembelajaran

Media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan guru untuk mendukung proses belajar mengajar dengan menggunakan berbagai alat mulai dari buku hingga alat teknologi yang semakin canggih seperti gadget, laptop, komputer, dan lain-ain.

Oleh karena itulah media pembelajaran sangat penting dan diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar yang diakukan dalam pendidikan formal, pendidikan informal, atapun pendidikan non formal. Alasannya karena dengan adanya media pembelajaran guru dapat lebih mengeksplor gaya atau metode mengajar dengan lebih unik dan beraneka ragam.

Jenis Media Pembelajaran

Media pembelajaran yang digunakan sebagai alat bantu dalam proses belajar dan mengajar ini memiliki beberapa jenis yang dijelaskan sebagai berikut;

  1. Media Cetakan

Jenis media pembelajaran yang pertama adalag media cetakan. Pada media cetakan ini biasanya menggunakan bahan atau alat-alat yang berasal dari kertas untuk menyampaikan berbagai bentuk pengajaran dan informasi. Beberapa bentuk media cetakan ini antara lain seperti buku teks, koran, brosur, majalah, tulisan printer kertas, selebaran, dan lain sebagainya.

Melalui media cetakan ini peserta didik dapat melihat bahan atau alat pembelajaran dengan jelas dan membantu guru dalam merealisasikan kurikulum, memudahkan proses pembelajaran, sekaligus dijadikan sebagai pegangan guru untuk menyampaikan materi kepada peserta didik.

  1. Media Grafis

Media grafis merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan pesan, informasi, materi, pengetahuan dan lainnya dari seorang guru kepada peserta didik dengan menggunakan lambang atau simbol untuk komunikasi verbal melalui visualnya.

Biasanya dengan media semacam ini akan merangsang peserta didik untuk memiliki rasa perhatian yang lebih tinggi, karena adanya berbagai bentuk gambar, simbol, maupun lambang selama proses pembelajaran.

  1. Media Bagan (Chart)

Media bagan atau chart adalah media pembelajaran yang disajikan dalam bentuk lambang atau simbol visual untuk menyampaikan sejumlah informasi dari berbagai ide mapun objek sudut waktu dan ruang tertentu. Media bagan atau chart seringkali menadi salah satu jenis media pembelajaran yang digunakan dalam mata pelajaran materika.

  1. Media Visual Dua Dimensi

Media visual dua dimensi adalah salah satu media pembelajaran yang bersifat elektronik dan terdiri dari perangkat keras atau hardware serta perangkat lunak atau software. Umumnya media pembelajaran vidual dua dimensi ini membutuhkan aliran listrik untuk dapat menggunakannya. Beberapa contoh media visual dua dimensi seperti slide, overhead proyektor, flimstrip, microfon, dan opaque.

  1. Media Audio

Media audio merupakan media pembelajaran yang erat kaitaanya dengan proses mendengarkan. Biasanya media audio ini sering digunakan dalma paraktek bahasa inggris pada kesempatan listening.

Oleh karena itu pada saat guru menggunakan jenis media audio sebagai media pembelajaran didalam kelas, maka peserta didik harus memiliki tingkat perhatian yang baik agar dapat mendengar audio dengan benar. Media audio ini antara lain seperti radio, piringan hitam, alat perekam pita magnetik, dan laboratorium bahasa.

  1. Media Audio Visual Gerak

Media audio visual gerak merupakan jenis media pembelajaran yang menggabungkan antara suara dengan gambar. Sehingga pada media pembelajaran yang satu ini akan diperlihatkan media pembelajaran yang menunjukkan audio visual gerak seperti film bersuara, gambar hidup, televise, video, dan lain-lain.

Fungsi Media Pembelajaran

Sedangkan untuk beberapa fungsi media pembelajaran yang diuraikan sebagai berikut;

  1. Menarik Perhatian Siswa

Media pembelajaran yang terdiri dari banyak jenis ini memiliki fungsi yang sangat beragam dan salah satunya yaitu mampu menarik perhatian peserta didik. Alasannya karena guru mengguakan alat atau bahan yang tidak membuat proses kegiatan belajar dan mengajar didalm kelas tidak monoton.

Sehingga peserta didik terkesan lebih antusias dan memiliki perhatian lebih pada penyampaian materi yang dilakukan guru. Selain itu media pembelajaran juga memberikan  suasana kelas lebih hidup dan meningkatkan konsentrasi peserta didik.

  1. Memperjelas Penyampaian Pesan

Melalui media pembelajaran, maka seorang guru dapat menyampaikan pesan atau informasi kepada peserta didik dengan lebih baik dan mudah.

Karena media pembelajaran menjadi alat yang lebih bervariasi yaitu bisa berupa media visual audio seperti video, gambar maupun media yang lain. Sehingga dengan banyaknya jenis media tersebut membuat penyampaian pesan jauh lebih mudah dipahami peserta didik.

  1. Mengatasi Keterbatasan Ruang, Waktu, dan Biaya

Media pembelajaran memberikan kesempatan pada guru untuk dapat mengeksplor berbagai cara mengajar dengan lebih baik lagi. Selain itu media pembelajaran ini juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai keterbatasan ruang, waktu dan biaya dalam kegiatan belajar dan mengajar.

Contohnya seperi memahami materi hewan-hewan harimau, gajah, singa atau buaya maka tidak mungkin guru dapat membawakan hewan-hewan tersebut kedalam kelas. Disinilah fungsi media pembelajaran digunakan yaitu dapat dengan menampilkan gambar atau bentuk objek hewan secara langsung melalui video, media cetakan, dan lain sebagainya.

  1. Menghindari Kesalahan Tafsir

Umumnya pada saat guru hanya menyampaikan materi secara verbal maka yang terjadi yaitu peserta didik dapat menangkap ucapan guru dengan salah pemahaman. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran agar lebih memberikan keyakinan dan pemahaman yang lebih baik lagi mengenai materi yang disampaikan guru kepada peserta didik.

  1. Mengkombinasikan Perbedaan Tipe Gaya Belajar Siswa

Media pembelajaran juga menjadi salah satu jenis atau cara yang digunakan guru untuk membedakan masing-masing gaya belajar peserta didik.

Tujuannya agar masing-masing peserta didik dapat merasakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan gaya belajar yang mereka sukai. Sehingga dengan hal itu akan lebih mempermudah proses penyampain informasi kepada peserta didik.

  1. Mencapai Tujuan Pembelajaran Secara Efektif

Media pembelajaran berfungsi untuk mencapai tujuan pembelajaran agar semakin efektif. Karena dengan media pembelajaran guru dapat mengaplikasikan banyak alat atau bahan yang mendukung proses pembelajaran semakin lancar.

Selain itu peserta didik juga menjadi lebih perhatian dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran karena adanya media pembelajaran yang bervariasi.

Itulah tadi artikel yang bisa dikemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan macam-macam media pembelajaran dan manfaatnya bagi peserta didik. Semoga bisa memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *