Pengertian Derajat Sosial dan 5 Contohnya

Diposting pada

Derajat Sosial

Derajat sosial sejatinya terbentuk karena adanya proses sosial dan interaksi sosial yang lebih dekat dengan kedamaian. Alasannya karena semua perilaku manusia senantisa bersifat sosial, dimana hal ini menjadi bahasan pokok dalam objek kajian sosiologi yang berkisar dari keluarga dekat hingga massa, dari kejahatan terorganisir hingga pemujaan agam, dari pembagian ras, jenis kelamin dan kelas sosial hingga kepercayaan bersama dari budaya yang sama.

Namun yang pasti, kesamaan derajat menunjukan adanya citra kesatuan dan persatuan yang hal ini setidaknya memunculkan terjadinya integrasi nasional.

Derajat Sosial

Derajat sosial menjadi salah satu bahasan yang banyak dibicarakan oleh masyarakat. Pada dasarnya derajat manusia itu sama, namun pada prakteknya di masyarakat itu berbeda. Dibeberapa aspek memang tidak ada perbedaan, namun diaspek lainya pasti ada. Derajat yang ada di masyarakat kadang membuat masyarakat merasa iri pada beberapa golongan tertentu.

Pengertian Derajat Sosial

Derajat sosial adalah kedudukan yang dimiliki oleh masyarakat dalam kesetaraan dimana hal ini memunculkan keseragaman individu satu dengan yang lain dengan banyaknya pengaruh dan perkembangan yang ada di masyarakat sehingga membentuk sebuah tingkatan yang ada di masyarakat.

Meski demikian, kesamaan derajat sosial hal yang harus dilakukan agar tidak ada kecemburuan sosial. Kesamaan derajat sosial ini dilakukan untuk memberikan pandangan kepada masyarakat bahwa tidak ada perbedaan antara individu satu dengan yang lain. Apabila kita lihat memang sudah tidak ada pembagian derajat atau yang lainnya. Pada prakteknya dibeberapa daerah masih banyak masyarakat yang selalu memperhitungkan derajat dan lapisan sosial.

Pengertian Derajat Sosial Menurut Para Ahli

Adapun definisi derajat sosial menurut para ahli. Antara lain;

  1. Pitrim A. Sorokin, Kesamaan Derajat adalah pembedaan penduduk ke dalam sebuah tingkatan atau kelas secara bertingkatan. Kelas ini dapat diartikan dalam berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Kelas orang pendidikan tingkat dasar tentu akan berbeda dengan pendidikan tingkat tinggi atau menengah.
  2. P.J. Bouman, Derajat adalah tingkatan dalam bahasa Belanda berarti stand, artinya golongan manusia yang ditandai dengan cara hidup atas kesadaran beberapa hal istimewa yang melekat pada setiap tingkatan dalam  lingkungan masyarakat.
  3. Al-Hujurat ayat 13, Berdasarkan perspektif agama Islam yang telah tertulis dalam kitab suci umat Islam yaitu Al-Qura’an manusia itu pada dasarnya sama yang membedakan hanya tingkat ketaqwaannya. Ayat ini apabila dijadikan pedoman maka tidak ada perbedaan derajat antara manusia satu dengan yang lain.

Contoh Derajat Sosial

Untuk contoh derajat sosial yang ada di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Sekolah

Sekolah merupakan fasilitas umum yang diberikan untuk tempat pelaksanaan pendidikan Indonesia. Sekolah sebagai penyelenggara kegiatan pendidikan mulai dari jenjang pendidikan dasar, menengah, hingga pendidikan tinggi. Berdasarkan sejarah pendidikan di Indonesia pernah dicanangkan sebuah program untuk memberikan label atau nilai pada suatu sekolah dengan fasilitas yang baik.

Pada tahun 2010 sempat diterapkan tingkatan sekolah dengan nama Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) dan Sekolah Berstandar Nasional. Program ini sempat digaung-gaungkan namun mendapat kritikan dari banyak pihak sehingga program ini dihapus.

  1. Pendidikan

Adanya pembagian tingkat pendidikan mulai dari pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan atas juga memberikan dampak pada beberapa hal. Salah satunya bidang pekerjaan yang dapat dilakukan. Keterbatasan ini kadang membuat kalangan masyarakat tertentu merasa resah.

  1. Hukum

Hukum di Indonesia berdasarkan atauran yang berlaku memang memiliki kebijakan yang sama dengan siapa pun dan kapan pun. Hukum Indonesia tidak berpihak, baik kepada rakyat atau pejabat. Setiap warga negara Indonesia maka akan mendapatkan hukuman yang sama ketika melakukan sebuah kesalahan.

  1. Kesehatan

Kesehatan merupakan hak bagi seluruh masyarakat Indonesia. Bagi yang tidak mampu membayar biaya atas sebuah pengobatan pemerintah telah menyediakan hal tersebut. Masyarakat tinggal melakukan prosedur yang telah dibuat untuk mendapatkan fasilitas yang ada.

Hal ini merupakan bentuk kesamaan derajat dalam mendapatkan pelayanan dibidang kesehatan. Tidak ada pembedaan anatara yang menggunakan biaya sendiri atau bantuan dari pemerintah.

  1. Transportasi

Saat ini pemerintah daerah mulai memperhatikan mobilitas masyarakat dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Hal ini telah dilakukan dibeberapa kota besar yang ada di Indonesia. Semua masyarakat yang terjangkau dengan kendaraan tersebut diharapkan dapat menggunakan fasilitas yang tersedia.

Ketersediaan kendaraan umum ini tentu menjadi contoh tidak ada perbedaan derajat ketika menggunakan fasilitas umum, kecuali aturan toleransi berkendaraan.

  1. Pemerintahaan

Masyarakat selalu berhubungan dengan kantor pemerintahan untuk kepentingan administratif sebagai warga negara Indonesia.

Mulai dari pembuatan AKTA kelahiran, Kartu Keluarga, sertifikat tanah, dan lain-lain. Pemerintah memberikan pelayanan yang sama antara satu dengan yang lain. Tidak pernah membedakan bentuk pelayanan antara pihak satu dengan yang lain.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian derajat sosial menurut para ahli dan contohnya di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *