5 Contoh Tatanan Sosial di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Tatanan Sosial

Masyarakat sebagai tatanan sosial bisa dikatakan sebagai aturan kehidupan yang penting untuk dilakukan oleh setiap individu dan kelompok di dalamnya. Alasannya karena adanya tatanan iniah maka keteraturan sosial dalam tercipta dengan mudah.

Disisi lainnya, banyak contoh tatanan sosial yang mudah ditemukan dalam lingkungan sosial bermasyarakat. Misalnya saja adanya proses pernikahan dalam membentuk keluarga, setiap orang haruslah mendaftarkan diri pada lembaga sosial keagamaan atau KUA.

Tatanan Sosial

Tatanan sosial yang dalam Bahasa Inggris dikenal dengan social order adalah sistematika terbentuknya beragam contoh keteraturan sosial di masyarakat yang memiliki sistem sosial lengkap mulai dari struktur sosial sampai dengan institusi sosial.

Contoh Tatanan Sosial

Untuk contoh adanya tatanan sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. TNI dan Polisi

Bentuk kerjasama ini dalam tatanan sosial ini yang bertujuan untuk menangkap penjahat. Misalnya dalam kasus terorisme yang terjadi di Sidoarjao dan Surabaya. Dalam hal ini, polisi dan militer telah membantu dan bekerja sama dalam menangani permasalahan tersebut.

Adapun implementasi dari tatanan sosial yang ada untuk arah TNI sendiri lebih cenderung mempertahakan negara dari dalam dan luar yang berhubungan dengan kesatuan nasional. Sedangkan polisi lebih pada proses penangkapan beragam kriminalitas yang terjadi di masyarakat.

  1. Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu)

Pelaksanaan proses sosial dan interaksi sosial terjadinya Pemilu bisa dikatakan sebagai tatanan sosial dalam bidang politik. Dalam pemilu setiap pasangan calon atau kandidiat pemimpin akan melakukan kampanye untuk menarik massa agar memilih mereka. Dalam hal inilah mulai dari penjeringan sampai dengan tahapan pelaksanaan pesta demokrasi dilakukan oleh institusi pemerintah yaitu KPU.

Kemudian ketika sudah selesai maka KPU melakukan pengumuman siapa pemenang dan yang kalah. Apalabila terjadi persengketaan maka semuanya ditangani oleh Makamah Konsitusi yang kemudian dilanjutkan pada Mahkamah Agung.

  1. Keluarga

Tatanan sosial yang ada dalam keluarga misalnya saja adanya seorang anak pertama kali terjadi di lingkungan keluarga dengan ayah dan ibunya, serta saudara-saudaranya. Diakui ataupun tidak, terjadi di lingkungan keluarga hampir terjadi setiap hari, sehingga apa yang diajarkan oleh orang tua kepada anaknya akan sangat berpengaruh terhadap sikap anak ketika di luar rumah.

Untuk tatanan sosialnya sendiri apabila terdapat penyimpangan maka setiap anak biasanya akan dinggatkan langsung oleh kakak maupun saudara, kemudian di lanjutkan oleh Ibu dan terakhir yang mengambil sikap keputusan ialah seorang ayah.

  1. Masyarakat

Dalam struktur sosial di masyarakat terdapat tatanan yang harus dipengang oleh semua orang. Prihal ini misalnya saja ketika akan membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) setiap masyarakat yang membutuhkan diharuskan membuat rekomendasi dari aparatur pemerintah desa, kemudian di lanjutkan pada polsek dan terakhir di buat oleh Polres.

  1. Kehidupan Sehar-Hari

Dalam kasus kehidupan sehari-hari tatanan sosial ini bisa dilihat ketika adanya pelanggaran yang dilakukan oleh seorang pelajar di sekolah. Selama pelanggaran tersebut tidak tergolong dalam penyimpangan bersifat kronis seperti mencuri maupun membunuh maka ditangani oleh pihak sekolah.

Dimana ketika pihak sekolah melakukan penanganan maka diserahkan kepada guru BP dan keputusan akhirnya berada di tangan kepala sekolah.

Nah, demikianlah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh adanya tatanan sosial di masyarakat yang bisa dengan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Rating: 1.0/5. From 1 vote.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.