8 Contoh Perubahan yang Tidak Direncanakan di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Perubahan Sosial yang Tidak Direncanakan

Realitas sosial yang menunjukan adanya proses kehidupan manusia senantisa terdapat adanya bentuk perubahan sosial. Dimana adanya perubahan sosial terjadi sebagai suatu hal yang tidak dikehendaki atau direncakan sebelumnya. Namun yang pastinya, terdapat beragam contoh perubahan sosial yang direncanakan misalnya saja penyusunan kurikulum pendidikan yang dilakukan oleh Kemendikbud.

Sedangkan untuk perubahan sosial yang tidak terencana bisa terjadi karena adanya faktor eksternal dan internal yang membut pernyataan ini terjadi. Contohnya saja seperti ketika adanya Covid-19 dimana proses pendidikan formal dan pendidikan informal dilakukan secara online.

Perubahan Tidak Direncanakan

Perubahan yang tidak direncanakan bisa dikatakan sebagai bagian daripada perubahan sosial yang tidak dikehendaki adalah perubahan yang bersifat spontan, tidak disengaja atau hasil dari keputusan yang tiba-tiba. Hal itu tentunya berbeda dengan perubahan sosial yang direncakan yaitu perubahan sosial yang memang sengaja dilakukan oleh suatu tipe lembaga sosial atau organisasi.

Perubahan sosial yang tidak direncanakan berada di luar jangkauan masyarakat, sehingga dapat memicu terjadinya dampak yang sesuai maupun tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Dalam kebanyakan kasus, terjadinya perubahan yang tidak direncanakan dapat diterima oleh masyarakat dengan cara melakukan adaptasi terhadap perubahan tersebut.

Contoh Perubahan yang Tidak Direncanakan

Contoh adanya perubahan sosial yang tidak dikehendaki dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya:

  1. Perubahan akibat gerakan reformasi di Indonesia pada tahun 1998

Era Pasca Soeharto adalah sejarah kontemporer di Indonesia yang dimulai dengan pengunduran diri presiden Suharto pada 21 Mei 1998. Sejak pengunduran diri Suharto, negara telah berada dalam masa transisi yang dikenal sebagai era Reformasi.

Era reformasi yang terjadi pada tahun 1998 tersebut memicu perubahan sosial besar di Indonesia, mulai dari sektor politik, ekonomi, pendidikan dan budaya, yang tentunya berpengaruh luas terhadap masyarakat Indonesia. Dalam bidang politik, perubahan besar yang terjadi yaitu membuat politik di Indonesia lebih demokratis.

  1. Perubahan akibat bencana tsunami

Pada tanggal 26 Desember 2004 terjadi gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia, dengan pusat gempa di lepas pantai barat Sumatera bagian utara. Itu adalah gempa bumi megathrust bawah laut yang tercatat berkekuatan 9,1–9,3 Mw. Gempa tersebut disebabkan oleh retakan di sepanjang patahan antara Lempeng Burma dan Lempeng India.

Serangkaian gelombang tsunami besar setinggi 30 m (100 kaki) menuju ke daratan setelah diciptakan oleh aktivitas seismik bawah laut di lepas pantai. Masyarakat di sepanjang pantai sekitar Samudera Hindia hancur. Tsunami menewaskan sekitar 227.898 orang di 14 negara, menjadikannya salah satu bencana alam paling mematikan dalam sejarah.

Akibat langsung yang ditimbulkan yaitu gangguan besar pada kondisi kehidupan dan perdagangan di provinsi pesisir negara-negara sekitarnya, termasuk Aceh (Indonesia), Sri Lanka, Tamil Nadu (India) dan Khao Lak (Thailand). Banda Aceh melaporkan jumlah kematian terbesar.

  1. Perubahan akibat tanah longsor

Salah satu contoh peristiwa tanah longsor yang terjadi di Indonesia yaitu bencana longsor di Kabupaten Ponorogo pada 20 November 2021, tepatnya di Dukuh Tugunongko, Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung. Longsor disebabkan karena hujan lebat melanda wilayah tersebut sejak 19 November 2021.

Peristiwa tersebut menyebabkan puluhan warga harus mengungsi. Meskipun berdasarkan laporan tidak ada korban jiwa, tapi longsor mengakibatkan tertimbunnya ruas jalan penghubung antara Desa Tugurejo di Kecamatan Slahung, Ponorogo dan Desa Gemaharjo di Kecamatan Tegalombo, Pacitan.

  1. Perubahan akibat pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 yang terjadi pada akhir tahun 2019 membawa perubahan masyarakat, bukan hanya di Indonesia tapi hampir semua negara di dunia. Perubahan yang diakibatkan mencakup seluruh bidang kehidupan, diantaranya yaitu kesehatan dan pendidikan.

Salah satu contoh perubahan dalam bidang kesehatan yaitu masyarakat diwajibkan untuk selalu memakai masker dan rajin mencuci tangan, serta menjaga jarak (sosial distancing).

Dalam bidang pendidikan, Covid-19 menyebabkan sekolah harus menerapkan pembelajaran daring (online). Meskipun pada awalnya perubahan tersebut tidak diharapkan oleh masyarakat, tapi perlahan-lahan masyarakat sudah mulai bisa beradaptasi dengan kondisi tersebut.

  1. Perubahan akibat komposisi demografis

Dengan meningkatnya jumlah tenaga kerja wanita yang bergabung dengan organisasi dan selain itu karyawan yang lebih tua bergabung dengan pekerjaan sektor swasta setelah menyelesaikan masa kerjanya di sektor publik atau sektor pemerintah, serta meningkatnya komposisi jenis tenaga kerja yang beragam di organisasi sebagai akibat dari globalisasi ekonomi di seluruh dunia, komposisi demografi tenaga kerja telah mengalami perubahan besar dalam skenario saat ini.

  1. Perubahan akibat kesenjangan kinerja

Kesenjangan kinerja yang terkait dengan suatu organisasi baik dalam bentuk menipisnya margin keuntungan atau penurunan penjualan karena alasan yang tidak terduga, dapat memaksa organisasi untuk berubah. Studi penelitian telah membuktikan bahwa kesenjangan kinerja bertindak sebagai pendorong untuk inovasi organisasi.

  1. Perubahan akibat peraturan pemerintah

Perubahan peraturan pemerintah sangat mempengaruhi sifat bisnis dari suatu organisasi dan bagaimana organisasi tersebut beroperasi dalam lingkungan yang sangat kompetitif.

Karena globalisasi dan liberalisasi ekonomi, pemerintah telah memberlakukan perubahan peraturan dalam bentuk de-lisensi, konversi mata uang, dan lain-lain. Khususnya untuk mendukung organisasi domestik agar tetap kompetitif dan mencapai margin keuntungan yang diharapkan.

  1. Perubahan akibat persaingan ekonomi global

Kondisi ekonomi global menciptakan tekanan kompetitif pada organisasi dan memaksa mereka untuk berubah agar dapat menangkap pangsa pasar yang layak, mencapai keunggulan di pasar internasional dan perluasan basis pelanggan melalui kampanye iklan dan komunikasi yang agresif.

Di era globalisasi, tantangan berat bagi organisasi untuk tetap unggul dalam persaingan adalah tetap inovatif dan memposisikan diri sebagai merek yang unik.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa adanya perubahan sosial adalah proses di mana seorang individu dan kelompok dapat mengubah status sosial yang dianggap berasal dari orang tua mereka menjadi status yang dicapai secara sosial untuk diri mereka sendiri (mengacu pada transformasi status).

Definisi lain mengacu pada perubahan sosial berskala besar seperti dalam reformasi atau perubahan budaya (transformasi sosial). Yang pertama terjadi pada individu, sedangkan yang kedua terjadi pada sistem sosial. Namun yang pastinya, khusus pada perubahan sosial yang tidak diinginkan ini terdapat pengaruh besar yang membuat kehidupan tidak bisa lagi untuk disamakan.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya contoh perubahan sosial yang tidak direncanakan di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi kalian yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.