5 Contoh Perubahan Progress dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Perubahan Progress

Setiap arti masyarakat pada dasarnya memiliki sifat yang dinamis. Artinya, masyarakat selalu mengalami bentuk perubahan sosial dalam berbagai bidang kehidupan. Salah satunya yaitu perubahan secara sosial tersencana atau yang lebih dikenal dengan istilah perubahan sosial progress.

Dimana tujuan perubahan sosial progres dalam masyarakat adalah meningkatkan kemampuan sehingga bisa mendorong kemajuan dalam berbagai bidang pembangunan yang ada. Misalnya saja, adanya realitas sosial yang terjadi di Desa Sukamaju, Kecamatan Banjar Margo, Kabupaten Tulang Bawang yang awalnya belum ada aliran enegri listrik namun karena adanya kebutuhan dan ketersediaan fasilitas pada akhirnya dialiri oleh listrik.

Perubahan Progress

Perubahan sosial progress adalah bagian daripada adanya perubahan sosial yang menuju ke arah kemajuan, sehingga akhirnya memberikan keuntungan bagi kehidupan masyarakat. Bahkan dengan adanya perubahan proses, masyarakat bisa menjadi lebih maju dan berkembang dengan baik.

Contoh Perubahan Progress

Contoh adanya perubahan sosial progress di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya;

  1. Program listrik masuk desa

Listrik menjadi salah satu kebutuhan penting bagi semuan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Mengingat pnetingnya kebutuhan terhadap listrik tersebut, listrik sudah seharusnya tersedia bukan hanya bagi masyarakat perkotaan, tapi juga harus menjangkau masyarakat yang tinggal di pelosok-pelosok desa.

Oleh sebab itulah ada program listrik masuk desa, sehingga masyarakat desa pun bisa merasakan manfaatnya, seperti untuk penerangan rumah, memudahkan pekerjaan rumah tangga, peghasil panas yang baik, serta sarana hiburan bagi keluarga.

  1. Masuknya internet ke desa-desa

Bukan hanya listrik, tapi saat ini jaringan internet juga menjadi kebutuhan yang tak kalah penting bagi semua orang. Dengan adanya jaringan internet yang tersedia hingga ke desa-desa, masyarakat pedesaan, khususnya kaum muda-mudi, juga bisa mengikuti perkembangan informasi yang tersebar di media sosial.

Hal itu bisa menjadi salah satu sarana edukasi bagi mereka, asalkan tetap bisa menyaring mana informasi yang penting dan mana informasi yang palsu (hoax).

  1. Perkembangan teknologi komunikasi

Saat ini teknologi komunikasi mengalami perkembangan yang sanat pesat. Jika dahulu kala untuk saling bertukar kabar orang harus mengirim surat via pos yang membutuhkan waktu berhari-hari agar bisa sampai ke tangan penerima, sekarang dengan kecanggihan smarphone, orang bisa bertanya kabar bukan hanya lewat telepon, tapi juga bisa melalui video call.

  1. Program pembangunan jembatan di desa-desa terpencil

Jembatan merupakan salah satu prasarana transportasi yang penting untuk menghubungkan dua wilayah yang biasanya dipisahkan oleh sungai. Adanya program pembangunan jembatan di desa-desa terpencil dilakukan agar masyarakat yang tinggal di pedesaan tersebut bisa memiliki akses untuk menuju ke perkotaam dengan muddah.

  1. Kesetaraan gender

Adanya kesamaan hak dan kewajiban antara laki-laki dan perempuan, serta hilangnya stereotip terhadap jenis kelamin tertentu berdasarkan unsur budaya yang berkembang juga termasuk perubahan sosial progress, karena dengan adanya kesetaraan tersebut tidak ada deskriminasi terhadap wanita dalam suatu pekerjaan selama mereka memiliki kemampuan untuk melakukannya dengan baik.

Nah, demikinalah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya contoh perubahan sosial progress di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi semuanya yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.