6 Contoh Kontribusi di Masyarakat dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Kontribusi di Masyarakat

Diakui ataupun tidak, segala sesuatu yang kita sumbangkan ataupun kita lakukan untuk membantu menghasilkan atau mencapai suatu hal secara bersama-sama dengan orang lain bisa dikatakan sebagai bagian daripada arti kontribusi.

Dimana prihal kontribusi ini sendiri bisa dengan mudah kita lakukan dalam keseharian. Asalkan dengan syarat adanya kemampuan beserta kemauan. Contohnya saja saat adanya bencana alam yang melanda daerah tertentu, sejatinya kita dapat berkontribusi dengan memberikan baju bekas layak pakai, memberikan uang, makanan, dan lainnya.

Kontribusi Masyarakat

Kontribusi di masyarakat adalah sumbangan yang dapat kita berikan kepada masyarakat di lingkungan sosial yang menjadi tempat kita tinggal atau masyarakat secara umum, karena terlepas dari di mana kita tinggal di dunia, kita adalah bagian dari masyarakat.

Sebagai anggota masyarakat, kita semua memiliki tanggung jawab untuk membantu orang lain dan meningkatkan keadaan masyarakat dan dunia tempat kita tinggal. Kita dapat melakukan ini baik di tingkat kecil maupun besar. Perhatikan orang-orang di sekitar kita, dan coba temukan cara untuk membantu mereka.

Kita juga dapat melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat dalam jangka panjang, seperti berinvestasi dalam pendidikan, mendukung kegiatan amal, mendonorkan darah, dan melindungi lingkungan.

Contoh Kontribusi di Masyarakat

Contoh adanya perwujutan kontribusi yang dapat kita berikan kepada masyarakat, diantaranya;

  1. Menjadikan hidup lebih baik untuk seseorang yang kita sayangi

Berkontribusi kepada masyarakat tidak harus rumit. Kita bisa mulai dengan membuat kehidupan orang yang kita cintai menjadi lebih baik.

Mendukung pasangan kita, menyemangati anak-anak kita, ringan dalam membantu orang tua kita, selalu ada untuk teman-teman kita saat mereka membutuhkan mereka merupakan contoh-contoh kontribusi yang berharga bagi masyarakat.

  1. Memberikan bimbingan (mentorship)

Memberikan bimbingan kepada seseorang yang lebih muda dari kita atau seseorang yang memiliki pengalaman lebih sedikit dari kita juga termasuk contoh kontribusi kepada masyarakat.

Menciptakan dampak yang berarti bagi satu orang juga merupakan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat. Terlebih lagi ketika satu orang tersebut dapat mengubah situasi menjadi lebih baik bagi seluruh keluarga atau komunitas.

  1. Mempraktikkan kebaikan

Ketika situasi hidup kita tidak memungkinkan kita untuk membantu orang lain dalam struktur formal apa pun, ada cara sederhana untuk berkontribusi pada masyarakat, yaitu dengan mempraktikkan kebaikan. Kita harus percaya bahwa kebaikan dapat menjadi kekuatan dahsyat yang dapat mengubah banyak kehidupan.

  1. Membayar pajak

Ketika kita membayar pajak, kita telah memberi pemerintah sumber daya tidak hanya untuk membangun infrastruktur dan memerintah secara efektif, tapi juga untuk mendukung program-program pemerintah, serta LSM yang bergantung pada pendanaan.

Tergantung di mana kita tinggal, pemerintah mempekerjakan ratusan ribu orang setiap tahun dan mata pencaharian mereka bergantung pada pajak yang kita bayarkan. Bahkan pasukan kita yang membela negara kita hanya bisa bertahan ketika kita membayar apa yang harus dibayar. Jadi hanya dengan membayar pajak, kita sudah berkontribusi kepada masyarakat.

  1. Berinvestasi dalam pembelajaran

Ketika kita berinvestasi dalam pembelajaran, kita tidak hanya berinvestasi dan membantu orang yang mengajar kita tapi juga mengangkat seluruh keluarga yang akan terpengaruh secara positif oleh pengetahuan kita.

Misalnya saja ketika wanita belajar bagaimana merawat bayi mereka, angka kematian bayi turun; ketika seseorang belajar tentang budaya dan sejarah, mereka berkontribusi pada masyarakat yang lebih adil; ketika seorang mahasiswa sains menemukan cara mengubah air laut menjadi air tawar yang dapat dikonsumsi, mereka berkontribusi pada masyarakat secara keseluruhan.

  1. Memberikan bantuan dana saat peringatan Hari Kemerdekaan

Dalam urusan ini seraingkali kita temukan. Khususnya menjelang adanya periangan Hari Kemerdekaan Indonesia yang dilakukan berbagai agenda dan kegiatan tertentu. Tentusaja dengan menyisihkan uang yang diberikan kepada organisasi sosial kepemudaan bisa berguna dalam mencapai tujuan diselenggarakan agenda kegiatan tersebut.

Demikinalah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan adanya contoh kontribusi kepada masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi semuanya saja yang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.