5 Contoh Kampanye Sosial di Masyarakat dalam Keseharian

Diposting pada

Contoh Kampanye Sosial

Kampanye adalah bentuk kegiatan terencana yang senantisa dilakukan seseorang selama periode waktu tertentu untuk mencapai sesuatu seperti bentuk perubahan sosial yang diinginkan. Oleh karena itulah kampanye bukan hanya dipandang sebagai suatu aktivitas, tapi ini juga dapat dipandang sebagai kata benda yang mengacu pada suatu bentuk kelompok sosial terencana terutama dalam kegiatan politik, bisnis, militer, bahkan dalam kegiatan sosial sekalipun.

Adapun dalam kegiatan kampanye contoh sosial media yang seringkali dipergunakan misalnya saja dengan iklan televisi dan iklan Internet yang mencoba meyakinkan seseorang untuk melakukan bentuk tindakan sosial tertentu. Misalnya saja ajakan dengan tidak membuang sampah pada tempatnya.

Kampanye Sosial

Kampanye sosial adalah sebuah proses sosial dan interaksi sosial yang dilakukan untuk mengomunikasikan pesan-pesan secara terencana dan bersifat non-komersil dalam kurun waktu tertentu tentang permasalahan sosial akibat globalisasi yang terjadi di masyarakat.

Tujuan umum dari pelaksanaan kampanye sosial adalah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait gejala sosial yang sedang terjadi.

Contoh Kampanye Sosial

Adapun untuk contoh kampanye sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain:

  1. Tidak membuang sampah pada tempatnya

Kampanye membuang sampah pada tempatnya dilakukan dengan tujuan untuk mengajak masyarakat untuk membuang sampah di tempat sampah. Atau dengan kata lain melarang mereka agar tidak membuang sampah sembrangan demi menjaga kebersihan lingkungan.

  1. Larangan menghukum anak dengan sabetan sabuk

Anak-anak memang kerap kali melakukan kesalahan yang dapat membuat orang tua marah. Akan tetapi, sebagai orang tua harus memberikan nasehat yang baik serta memberikan hukuman dengan cara yang mendidik ketika anak melakukan kesalahan agar mereka tidak melakukan kesalahan yang sama.

Bukan menghukum secara fisik dengan cara menyabet mereka menggunakan sabuk atau benda-benda keras lainnya, karena itu bukan hanya menyebabkan anak sakit secara fisik, tapi dapat berpengaruh terhadap kondisi psikologis anak, yang bahkan bisa membuatnya trauma.

  1. Tidak menggunakan gadget ketika berkendara

Menggunakan gadget ketika berkendara merupakan hal yang sangat berbahaya karena ketika berkendara seseorang harus fokus dan berkonsentrasi penuh pada kendaraan yang dikendarai dan kondisi jalan raya, sedangkan ketika sambal bermain gadget fokusnya akan terbagi antara berkendara dan mengoperasikan gadget.

  1. Kesetaraan gender

Kampanye kesetaraan gender dilakukan dengan tujuan agar wanita memiliki hak, tanggung jawab dan kesempatan yang sama dengan pria, yang dilakukan untuk memberikan perlakuan yang setara dan menghindari diskriminasi antara pria dan Wanita. Hal tersebut merupakan salah satu tujuan dari Deklarasi Universal Hak asasi Manusia.

  1. Tidak melakukan pembakaran hutan

Kampanye ini dilakukan dengan tujuan agar masyarakat tidak melakukan pembakaran hutan secara sembarangan karena dapat berdampak negatif bukan hanya pada habisnya pepohonan, tapi juga berdampak pada kondisi habitat hewan-hewan di hutan yang rusak karena terbakar api.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh kampanye sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja mampu memberi wawasan sekaligus pengetahuan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *