Pengertian Kampanye, Jenis, Tujuan, Fungsi, dan Contohnya

Diposting pada

Kampanye Adalah

Kegiatan kampanye seringkali dilakukan untuk berbagai bentuk sosialisasi terhadap sesuatu hal. Pelaksanaan kampanye yang sering kita jumpai salah satunya adalah kampanye yang dilakukan oleh Partai Politik sebagai bagian daripada contoh lembaga politik.

Yang pasti kampanye bersifat senantiasa mengajak dan mempengaruhi. Kegiatan ini dapat dilakukan secara langsung ataupun secara langsung dan melalui berbagai media baik cetak maupuan elektronik. Kegiatan kampanye dilakukan secara berkelanjutan dan terencana dalam kurun waktu tertentu. kampanye dianyatakan sukses apabila dalam pelaksanaannya banyak masyrakat yang terpengaruh dan termotivasi.

Kampanye

Di massa sekarang, fenomena sosial kampanye cenderung dikaitkan erat dengan kepentingan partai politik khususnya dalam saat pelaksanaan kegaitan pemilu. Dalam berbagai bidang, kegitan kampanye dilakukan sebagai salah satu acara pengenalan kepada masyarakat untuk kemudian berharap nantinya terpilih menjadi bagian sistem pemerintahan, baik legistatif ataupun eksekutif.

Pengertian Kampanye

Kampanye adalah suatu bentuk tindakan sosial dengan tujuan untuk mendapatkan pencapaian dukungan. Kegiatan ini bisa dilakukan secara individu maupun sekelompok orang yang terorganisir untuk mencapai suatu proses pengambilan keputusan dalam kelompok.

Selain kampanye dalam lingkungan sosial untuk memperoleh dukngan, sehingga kegiatan kampanye bisa dilakukan dengan tujuan untuk mempengaruhi, menghambat, maupun membelokan pencapaian.

Pengertian Kampanye Menurut Para Ahli

Adapun untuk definisi kampanye dengan berbagai sudut pandang para ahli, antara lain:

  1. Nimmo (2011), kampanye diartikan sebagai bentuk persuasimasa yang mana seseorang sebagai komunikator politik memberikan himbauan kepada masyarakat luas beik melalui tatap muka maupun melalaui media masa perantara seperti media elektronik maupun media cetak.
  2. Rogers dan Strorey, mengartikan kampanye sebagai rangakaian kegiatan komunikasi yang terencana dengan tujuan untuk menciptakan efek tertentu kepada khalayak ramai yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu secara berkelanjutan.
  3. Venus (2004), kampanye diartikan sebagai aktivitas yang terorganisir dan mengandung poses komunikasi dengan tujuan untuk membujuk, mempengaruhi, memotivasi, serta menciptakan dampak bagi masyarakat serta memiliki tujuan jelas dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

Jenis Kampanye

Adapun macam-macam kegiatan kampanye ini dibedakan dalam berbagai hal, yang kesemuanya sangat berhubungan dengan arti masyarakat dalam kehidupan sehari-harinya.

Kampanye Berdasarkan Tujuannya

Antara lain;

  1. Kampanye sosial

Kampanye sosial adalah jenis kampanye yang berisi pesan-pesan berkaitan dengan masalah sosial kemasyarakatan, dana yang bersifat non komersil. Adanya kampanye sosial diharapkan masyarakat memahami gejala-gejala sosial yang terjadi di sekitar mereka.

  1. Kampanye promosi

Kampanye promosi merupakan rangkaian kegiatan kampanye yang sejatinya dilakukan untuk mempromosikan produk dalam rangka mempertahankan kegiatan perdagangan maupun jenis kegiatan lainnya, sehingga dalam hal ini masyarakat bisa melihatnya secara luas.

  1. Kampanye bisik

Dalam KKBI, bisik memiliki makna desis atau perlahan-lahan. Kampanye bisik berarti kampanye yang dilakukan untuk melawan atau mengadakan kegiatan aksi secara menyeluruh atau serentak dengan cara menyiarkan kabar angin.

  1. Kampanye politik

Kampanye politik merupakan jenis kampanye  untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang partai politik. Kegiatan ini biasanya dilakukan ketika musim pemilu dalam arti demokrasi untuk meyampaian informasi tentang apa dan bagaimana program kerja partai politik serta visi dan misinya.

Kampanye Berdasarkan Orientasinya

Antara lain;

  1. Produk oriented campaigns

Kegiatan kampanye ini dilakukan dengan kegiatan yang berorientasi pada pengenalan produk dengan tujuan komersil. Kegiatan yang dilakukan serigkali mengusung kegiatan sosial yangmana hal tersebut menjadi salah satu cara untuk membangun nama baik sebuah perusahaan.

  1. Candidate orientated campaigns

Jenis kampanye ini lebih berorientasi pada pengenalan kandidat. Biasanya dilakukan untuk memperkenalkan kandidat yang ada pada partai politik atau kandidat dalam urusan pekerjaan dengan tujuan untuk memperoleh dukungan.

  1. Ideologically or cause oriented campaigns

Jenis kampanye ini lebih bersifat khusus dengan spesifikasi tujuan yang jelas untuk mencapai adanya perubahan beridmensi sosial. Kegiatan ini melibatkan masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Serigkali dilakukan oleh lembaga-lembaga sosial non-profitable.

Kampanye Berdasarkan Medianya

Antara lain;

  1. Kampanye tatap Muka

Jenis kampanye ini dilakukan secara langsung. Kegiatan ini seringkali dilakukan oleh tokoh masyarakat dengan tujuan untuk menyampaiakan atau memperkuat suatu pandangan. bentuk kampanye tatap muka dapat berpa orasi, debat, maupun terjun langsung ke lapangan.

  1. Kampanye elektronik

Kampanye jenis ini tidak dilakukan secara langsung melainkan dilakukan melalui arti media sosial seperti televise, radio, youtube, dan lain sebagianya. Kampanye menggunakan media elektronik biasanya menjadi pilihan karena tidak memerlukan waktu banyak. Selain itu, melalui media elektronik semua lapisan masyarakat bisa dijangkau lebih luas.

  1. Kampanye cetak

Kampanye jenis ini menggunakan media cetak untuk menyampaikan informasi. Media cetak yang digunakan bisa berupa surat kabar, poster, foto, sebaran brosur. Saat ini, sebagaian besar jenis kampanye menggunakan media cetak hanya sebagai sarana pelengkap kampanye.

Tujuan Kampanye

Secara umum, tujuan yang diakukan seseorang ketika kampanye antara lain:

  1. Pengenalan Produk

Salah satu tujuan kampanye adalah sebagai media untuk mengenalkan produk kepada masyarakat luas. Hal ini biasanya dilakukan oleh pihak-pihak yang memiliki kegiatan usaha. Tujuan pengenalan produk ini agar masyarakat paham mengenai manfaat dan keunggulan suatu produk dibandingkan dengan produk lainnya.

Kegiatan kampanye dengan tujuan pengenalan produk ini bisa dilakukan berkelompok secara terstruktur maupun dilakukan oleh satu orang. Produk yang biasanya dikenalkan berupa produk baru yang belum banyak diketahui masyarakat luas.

  1. Pemahaman isu-isu sosial

Kampanye juga kerap kali dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman isu-isu sosial yang sedang berkembang di masyarakat. dengan mengetahui isu-sisu sosial yang ada, masyarakat diharapkan mampu besikap solutif atas apa yang tengah terjadi di dalam contoh lingkungan sosial sekitar.

  1. Mengajak/membujuk

Salah satu tujuan dari kegiatan kampanye yang sering dilakukan adalah untuk mengajak atau membujuk orang lain untuk mendukung atau menerima apa yang dilakukan oleh orang yang melakukan kampanye. Bentuk dukungan dapat berupa dukungan langsung maupun dukungan tidak langsung.

Mengajak atau membujuk dalam kampanye seringkali dilakukan untuk mencapai sesuatu. Salah satu jenis kampanye yang memiliki tujuan untuk mengajak dapat dilihat dari kegiatan kampanye kandidat partai politik.

  1. Mengajak kegiatan sosial

Kampanye juga sering dimanfaatkan untuk mengajak orang lain untuk berbuat baik dengan membantu sesama salah satunya dengan mengajak untuk ikut serta dalam kegiatan sosial. Mengajak orang lain untuk ikut serta dalam kegoiatan sosial dapat dilakukan dengan kampanye baik secara tatap muka maupun melalui media elektronik dan non-elektronik.

Fungsi Kampanye

Secara umum, kampanye berfungsi sebagai sarana dan media penyampaian informasi. Beberapa fungsi kampanye antara lain:

  1. Sarana informasi, Fungsi kampanye dapat berupa sarana informasi untuk mengubah pola pikir dan cara pandang masyaraat mengenai suatu kebijakan atau kejadian. Dengan demikian, masyarakat memiliki pola pandang terbuka.
  2. Upaya mencapai tujuan, Fungsi pelaksanaan kampanye untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan membangkitkan semangat dan pendapat masyarakat terhadap isu tertentu yang ada di sekitarnya.
  3. Pengenmbangan usaha, Fungsi kampanye salah sautnya untuk mengembangkan usaha melalui proses promosi dengan tujuan untuk membujuk khalayak untuk mengenal dan membeli produk yang dipasarkan.
  4. Membangun citra positif, Kegitan kampanye juga berfungsi untuk membangun nama baik dan citra positif. Kegiatan kampanye juga dapat berfungsi untuk memulihkan nama baik individu, organisasi sosial, dan lembaga.

Contoh Kampanye

Adapun untuk beberapa contoh kegiatan yang dimaksud kampanye, antara lain sebagai berikut;

  1. Kegiatan kampanye partai politik untuk memperkenalkan memperkenalkan profil partai politik kepada masa.
  2. Kampanye kandidat presiden untuk memperkenlakna soosk calon presiden serta program kerja dan visi misi yang akan dijalankan ketika menjabat.
  3. Kampanye budaya hidup bersih yang dilakukan oleh tokoh masyraakat setempat untuk menciptakan lingkungan sehat dan tidak sehat.
  4. Kampanye tentang bahaya penggunaan obat-obatan terlarang.
  5. Kampanye tata cara mengikuti pemilu
  6. Kampanye mensosialisak produk baru kepada pelanggan
  7. Kampanye untuk mengajak masyarakat ikut serta dalam kegiatan galang dan untuk membantu korban bencana alam.

Nah, demikianlah artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian kampanye menurut para ahli, jenis, tujuan, fungsi, dan contohnya yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberi referensi.

No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *