Contoh Hutan Lindung di Indonesia

Diposting pada

Nama Hutan Lindung

Indonesia merupakan salah satu karakteristik negara berkembang dengan kekayaan alam yang luar biasa. Bentangan alam yang mengandung sumber saya mulai dari darat hingga lautan. Segala jenis kekayaan harus dilestarikan dan dirawat.

Salah satu kekayaan alam yang dimiliki negara Indonesia adalah kawasan hutan lindung. Indonesia memiliki  hutan lindung yang luas di dalamnya terdapat bergbagai jenis flora dan fauna.

Hutan Lindung

Hutan lindung adalah kawasan yang dijadikan sebagai tempat untuk mempertahankan keadaan lingkungan fisik dan non fisik dengan berbagai jenis tanaman yang diharapkan dapat menjaga keadaan hutan dan sebagai tempat resapan air dan lain-lain. Kawasan hutan lindung ini memiliki fungsi yang sangat vital bagi keberlangsungan hidup masyarakat.

Hampir setiap daerah memiliki hutan lindung untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan sosial. Setiap daerah juga memiliki vegetasi yang berbeda-beda sesuai dengan letak geografis hutan tersebut. Hutan lindung di Indonesia juga berbagai jenis tetapi kebanyakan merupakan hutan tropis dengan tumbuhan yang besar dengan daun yang rimbun.

Contoh Hutan Lindung

Berikut merupakan beberapa macam-macam hutan lindung yang ada di Indonesia. Hutan Lindung yang luas memang berada di luar jawa, namun daerah pulau jawa tetap memiliki hutan lindung.

  1. Hutan lindung Wehea

Hutan lindung Wehea
Hutan lindung Wehea

Kawasan hutan lindng yang berada di daerah Kalimantan Timur, tepatnya di kabupatan kutai. Luas hutan ini sekitar 38.000 ha dengan segala jenis tumbuhan dan hewan yang ada di dalam hutan.

Kawasan ini juga masih ditemukan suku daerah ini yaitu suku dayak. Masyarakat suku Dayak ini masih mengantungan kehidupan pada sumber daya alam yang adda di dalam hutan. Hutan ini terus di jaga keasialandan kelestariannya. Sepanjang sejarah kawasan hutan ini juga pernah mendapatkan penghargaan pada tahun 2009.

  1. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Terletak di provinsi Lampung, Bengkulu, dan Sumatera Selatan. dengan luas 324.000 ha. Taman nasional ini sudah dijadikan warisan dunia oleh UNESCO. Taman ini dijadikan taman nasional pada tahun 1982.

Kawasan hutan lindung ini memiliki berbagai jenis vegetasi yang sangat beragam. Hewan dan tumbuhan yang tumbuh disana sangat banyak. Contoh tumbuhan yang hidup di hutan ini antaralain, berbagai jenis palem dan tumbuhan raksasa yang sangat terkenal yaitu rafflesia Arnoldi. Hewan yang hidup di kawasan ini antaralain, gajah, badak, harimau, dan berbagai jenis hewan yang biasa hidup di daerah ini.

  1. Hutan Lindung Sungai Wain

Salah satu hutan lindung yang berada di daerah Balikpapan, Kalimantan Timur. Hutan lindung ini merupakan salah satu hutan lindung pertama di Indonesia.  luas hutan ini sekitar 9.800.000 ha. Hutan lindung ini merupakan habitat satwa yang ada di daerah Kalimantan, diantaranya orang utan, bekantan, dan tumbuhan endemik lainnya. Kawasan hutan lindung ini selalu dijaga stabilitasnya untuk kepentingan orang banyak.

Hutan lindung ini juga digunakan untuk kawasan wisata ekowisata. Hutan tersebut dibagi menjadi beberapa bagian yang dapat digunakan untuk menambah pengetahuan dan pengembangan ilmu pengetahuan yang ada.

  1. Hutan Lindung Kethu

Salah satu nama hutan lindung di pulau jawa yaitu di kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Hutan lindung ini memiliki manfaat yang banyak untuk masyarakat sekitar. luas wilayah hutan lindung ini adalah 40 ha, memang tidak terlalu luas dibandingkan denganluas hutan lindung di luar pulau jawa. Hutan ini memiliki peran yang sangat vital bagi masyarakat wonogiri sebagai paru-paru kabupaten tersebut.

Hutan ini memiliki jenis tanaman yang sangat beragam diantaranya terdapat pohon Mahoni, pohon jati, pohon akasia, dan pohon kayu putih. Letak hutan yang berada di tengah kota memiliki manfaat untuk menyerap air hujan. Hutan ini membuat udara di daerah Wonogiri menjadi sejuk, segar, dan nyaman.

  1. Hutan Taman Raya Bung Hatta

Salah satu hutan lindung yang berada di daerah Padang, Sumatera Barat. Luas hutan ini sekitar 70.000 Ha dengan berbagai jenis tanama dan hewan dengan suhu sekitar 19-26oC. Lokasi hutan ini berada di lereng pegunungan dan berbentuk perbukitan.

Hutan ini memiiki banyak jenis flora dan fauna. Diperkirakan terdapat 352 jenis flora yang ada di dalam hutan tersebut. Hutan ini tempat ditemukannya bunga raksasa yang ditemukan oleh Arnold yang bernama Rafflesia Arnoldi. Kita tahu bahwa tanaman tersebut merupakan bunga terbesar di dunia. Hewan yang berada di kawasan hutan ini antara lain, kambing hutan, rusa, tair, kera ekor panjang, dan lain-lain.

  1. Hutan lindung Sesaot

Salah satu hutan lindung yang berada di bagian timur Indonesia yaitu Lombok. Luas hutan lindung ini sekitar 6000 ha. Hutan lindung ini terdiri atas hutan alami dan buatan. lokasi hutan lindung ini tepatnya di desa Sesaot, Narmada, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Hutan ini menawarkan keindahan alam khas daerah Nusa Tenggara Timur. Hutan ini menyediakan pemandangan alam yang menajubkan, ditengah hutan ini terdapat aliran sungai dimana sumber mata airnya berasal dari gunung Rinjani.

Bagian hutan bauatan memiliki beberapa fasilitas diantaranya tempat outbond, gazebo, makanan khas, dan lain-lain. Akomodasi untuk menuju daerah ini dapat dijangkau melalui jalur laut-darat atau jalur udara-darat.

  1. Hutan Lindung Baning

Hutan yang terletak ditengah kota Sintang, Kalimantan Barat. Luas hutan kurang lebih 215 ha dengan didominasi tanaman pepohonan hijau. Kawasan hutan ini lahan yang berbentuk datar sehingga tidak rawan terjadi longsor.

Hutan lindung ini telah dikelola menjadi hutan wisata alam dengan menwarkan berbagai jenis fasilitas yang berkaitan dengan wisata alam. Hutan ini juga ditempati berbagai jenis hewan salah satunya ialah biawak. Di hutan ini sangat mudah untuk menemukan hewan biawak.

  1. Taman Nasional Betung Kerihun

Kawasan taman nasional ini berada di daerah Kalimantan Barat. Luasnya yang membentang antara gunung Betung hingga Kerihun. Hutan ini memiliki kekayaan alam berupa flora dan fauna yang sangat beragam. Hutan ini menyimpan berbagai jenis potensi alam yang sangat besar.

Contoh mamalia yang ada didaerah ini adalah Orang utan. Hutan ini juga terdapat berbagai jenis flora yang sangat beragam. Ekosistem di daerah hutan ini terdiri atas beberapa jenis hutan diantaranya hutan rawa, aluvial, sekunder tua, berbukit, dan pegunungan.

  1. Taman Hutan Tumpang Pitu

Salah satu hutan lindung yang berada di daerah Jawa Timur. Lokasi hutan ini tepatnya di perbatasasn antara Lamongan dan Banyuwangi. Lokasinya berada di pegunungan tumpang pitu. Tumpang pitu memiliki manfaat yang besar untuk masyarakat sekitar, sedangkan untuk fungsi utama hutan lindung ini ialah untuk serapan air dan menahan dari bencan tsunami yang mungkin terjadi.

Namun akhir-akhir ini terdapat alih fungsi lahan hutan lindung menjadi hutan produksi. Hal tersebut dilakukan seiring dengan ditemukannya emas yang berada di daerah tersebut. Walaupun masyarakat melawan kegiatan tersebut tetapi pemerintah setempat telah mengizinkan kegiatan tersebut.

  1. Taman Nasional Gunung Leuser

Salah satu kawasan hutan lindung yang sangat terkenal. Luas hutan ini sekitar 1.094.692 ha terletak di provinsi Aceh dan Sumatera Utara, gabugan dari beberapa bagian yaitu suaka marga satwa gunung leuser, suaka marga satwa kluet, suaka marhasatwa langka barat, suaka margasatwa langka selatan, suaka margasatwa sekundur, suaka margasatwa kappi, taman wisata gurah, dan hutan lindung terbatas serta hutan produksi.

Taman nasional ini memiliki beberapa fungsi antara lain, Perlindungan sistem penyangga kehidupan, pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya, dan pemanfaatan sumber daya hayati dan ekosistemnya dengan mempertimbangkan kelestariannya.

Kesimpulan

Contoh hutan lindung ini merupakan hanya sebagian kecil dari hutan lindung yang ada di Indonesia. Semua hutan lindung yang ada di Indonesia memiliki manfaat untuk menjaga kestabilan keadaan alam di Indonesia dan kelesatarian alam masing-masing daerah.

Hutan lindung di Indonesia telah memiliki kriteria tersendiri berdasarkan undang-undang yang berlaku. Undang-undang tersebut diperjelas dengan peraturan menteri dan peraturan pemerintah daerah. Kawasan yang dijadikan hutan lindung rata-rata terdaftar dengan baik oleh pemerintah.

Kawasan hutan di Indonesia biasanya dibagi menjadi tiga bagian yaitu, hutan lingdung, hutan produksi, dan hutan konservasi. Beberapa daerah menjadikan satu kawasan tiga jenis hutan tersebut. Untuk pemahaman lebih luas berikut contoh hutan lindung di Indonesia

Nah, demikianlah artikel yang bisa kami bagikan pada semua pembaca berkenaan dengan ragam contoh hutan lindung yang ada di Indonesia berdasarkan pada daerahnya. Semoga bisa memberi pemahaman sekaligus penjelasan bagi pembaca.

Daftar Sumber Tulisan
  • Peraturan menteri kehutanan nomor P.03/Menhut-II/2007
  • Undang-undang no 40 tahun 1999
No votes yet.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *