Contoh Asimilasi di Masyarakat dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Contoh Asimilasi di Masyarakat

Asimilasi menjadi salah satu bagian daripada fenomena sosial yang perlu diketahui dalam ilmu sosial. Ciri paling mudah mengetahui suatu asimilasi ditandai dengan bentuk tindakan sosial untuk mengurangi perbedaan antar individu dan kelompok dalam masyarakat.

Sehingga atas dasar inilah banyak ditemukan beragam bentuk asimilasi dalam kehidupan sehari-hari. Baik dalam proses sosial dan interaksi sosial, sifat kebudayaan, pengembangan literasi digital, keyakinan (agama), serta lain sebagainya.

Asimilasi

Asimilasi adalah penyatuan dua unsur kebudayaan atau lebih yang diikuti dengan tergerusnya ciri khusus kebudayaan asli, hingga pada akhirnya membentuk kebudayaan baru. Dalam asimilasi dapat terjadi apabila masyarakat memahami konsep penting perbedaan, disertai dengan gerakan sosial untuk mempererat kesatuan tindakan, perasaan, dan sikap yang tentu saja tetap memperhatikan kepentingan sekaligus tujuan bersama.

Contoh Asimilasi

Contoh Asimilasi dalam Kehidupan Sehari-Hari
Contoh Asimilasi

Adapun untuk beragam contoh asimilasi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja;

  1. Pernikahan Campuran

Pernikahan atau perkawinan campuran dalam konteks ini adalah beda arti etnis atau makna ras yang bukan merujuk pada hal berifat biologis. Misalnya saja adanya orang dari Jawa menikah dengan orang Bali atau juga sebaliknya.

Selain itu dalam contoh ini juga bisa disebutkan adanya orang Indonesia menikah dengan orang Inggris yang berbeda negara sehingga nantinya generasi yang dilahirkan (anak) memiliki kebudayaan baru dalam menjalani kehidupannya.

  1. Hari Libur yang Jatuh Pada Hari Minggu

Wacana akhir pekan merujuk pada hari sabtu sebagai awal dan hari minggu sebagai akhiran atau puncaknya. Tradisi hari minggu sebagai hari libur ini berasal dari budaya barat yang pada prosesnya masuk sampai di budaya Indonesia.

Bahakan pada akhirnya adopasi ini disesuaikan dengan salah satu kayakinan (kepercayaan) dalam agama di Indonesia yang melangsungkan agenda-agenda besar pada hari Minggu, khususnya untuk umat kristen.

  1. Asia American

Asia American adalah istilah umum untuk menyebutkan salah satu contoh etnis dan ras yang berada pada posisi minoritas yang melakukan proses asimilasi di Amerika Serikat. Mereka mengadaptasi norma sosial serta nilai sosial yang berpusat pada arti budaya Amerika, fasih berbahasa Inggris, sertai pada faktanya lebih gemar mengidentifikasi dirinya sebagai orang Asia American.

  1. Linguistik

Masyarakat Singapura kontemporer yang bicara dengan bahasa Inggris terjadi keunikan dalam aksennya. Kentalnya aksen melayu Singapura yang berbaur dengan bahasa Inggris melahirkan istilah kebudayaan baru, yakni Singaporean English (Singlish). Fenomena ini juga terjadi pada masyarakat India yang bicara dengan bahasa Inggris.

  1. Adanya Perayaan Hari-Hari Tertentu

Individu yang sedang merantau ke daerah lain atau negara lain, misalnya saja ke Eropa. Di sana, ia ikut merayakan hari halloween, thanksgiving, valentine, dan lain sebagainya. Hal ini merupakan contoh asimilasi yang berlapis-lapis serta asimilasi pada level individu.

  1. Budaya

Penjelasan lebih lanjut tentang asimilasi, yakni pada ranah budaya. Misalnya, asimilasi di bidang seni suara atau musik. Musik dan penyanyi merupakan dua hal yang sangat akrab dengan kehidupan kita, bahkan seringnya kita menjadi penyanyi dadakan.

Prihal ini perpaduan musik tradisional dengan musik barat, yakni musik Jawa dengan musik rap atau hip-hop. Nyatanya dengan hadirnya Jogja Hiphop Foundation.

  1. Pakaian

Dalam kehidupan sehari-hari kita bisa mengambil contoh asimilasi, misalnya dalam berpakaian. Dahulu, wanita sehari-hari menggunakan pakaian kebaya, tetapi sekarang kebaya hanya digunakan di waktu-waktu tertentu, seperti pernikahan dan acara resmi lainnya.

Keadan ini lebih jelas bahwa wanita sekarang dominannya memakai rok, kaos, celana, kemeja, dan lainnya, di mana ini menunjukkan bentuk asimilasi dengan kebudayaan berpakaian wanita di negara lain.

  1. Jalinan Pacaran

Mengenai contoh-contoh asimilasi dalam masyarakat, misalnya saja pacaran yang masuk sampai melakukan hubungan intim atau seksual. Pacaran bukanlah budaya murni dari Indonesia, tapi ini sudah menjamur pada masyarakat, khususnya remaja.

Parahnya lagi kenakalan remaja ini menjadi mereka sampai melakukan hubungan intim dalam status pacaran layaknya yang dilakukan oleh remaja di Barat.

  1. Pendidikan

Asimilasi lainnya, misalkan saja asimilasi dalam ranah pendidikan atau sistem sosial pembelajaran. Umumnya di Indonesia sampai saat ini kita masih menggunakan sistem “menghafal” daripada “memecahkan atau problem solving” dalam lembaga pendidikan atau pembelajaran. Namun, kita telah memadukan kedua sistem itu untuk keefektifan mencerdaskan generasi penerus Indonesia.

  1. Interaksi Sosial dengan Bahasa Gaul

Begitu melimpah yang bisa dijadikan contoh secara sederhana dalam memahami asimilasi. Misal asimilasi dalam bidang interaksi sosial khususnya bahasa, yakni bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris. Dewasa ini, bahasa Inggris secara langsung ataupun tidak telah dideklarasikan sebagai bahasa internasional.

Oleh karena itu, banyak kosa kata bahasa Inggris yang diserap ke dalam bahasa Indonesia. Contoh, kita sering mengucapkan ‘sorry’ ketimbang ‘maaf’.

  1. Keyakinan Islam

Untuk contoh perwujutan asimilasi dalam agama Islam juga bisa dilihat pada kondisi di masyarakat dengan menyelenggarakan agenda peringan 3 harian, 7 hari, sampai dengan 4 hari kepada seseorang yang meninggal dunia. Budaya ini sendiri bagian daripada bentuk asimilasi baik, lantaran mengadopsi dari ajaran agama lainnya selagi tidak menyimpang.

Disatu sisi dengan menyelenggaran kegiatan tersebut juga dilakukan dengan membaca yasin, tahlil, dan doa”a-do’a kepada seseorang yang meninggal dunia.

  1. Hari Juma’t Melakukan Pekerjaan dengan Tidak Penuh

Setia kali jatuh ada Hari Jum’at masyarakat yang bekerja dalam instansi tertentu maupun pelajar yang sekolah kadangkala tidak seharian full ia melangkan pembelajaran dan melakukan pekerjaan. Bahkan, pulang lebih cepat. Tujuannya karena dalam Islam hari Jum’at adalah hari yang mulia, lantaran mayoritas Indonesia penganut Agama Islam kadangkala melakukannya.

  1. Bentuk Aristektur Bangunan

Prihal contoh adanya asimilasi juga terdapat dalam aristektur bangunan di Indonesia. Ada masjid yang mirip dengan arsitektur klenteng dengan nama “Masjid Muhammad Cheng Hoo” ataupun masjid Al-Aqsa Kudus yang memiliki sebuah menara yang eksotis dan unik. Menara ini terlihat seperti sebuah bangunan candi peninggalan jaman Hindu.

  1. Akomodasi dalam Kepentingan

Aslimilasi juga bisa dilihat dalam bentuk akomodasi dari keinginan setiap individu yang hidup dalam bentuk kelompok sosial tertentu di masyarakat. Prihal ini misalnya saja ketika ada karyawan yang sangat berkompeten pada perusahaan.

Disini kalian sebagai pemimpin perusahaan memiliki rencana untuk menaikkan jabatannya. Namun, sebelum mengatakan bahwa agus akan naik jabatan, agus memutuskan untuk keluar dari perusahaan karena adanya konflik antara sesama rekan kerja.

Maka, sikap sebagai pimpinan, tindakan yang dilakukan bisa dengan jalan asmilasi atas musyawarah mufakat sebagimana yang ada dalam bagian Pancasila Indonesia dengan mengajak berdikusi antara Agus dengan rekan kerjanya untuk menangani masalah yang terjadi.

  1. Mudik pada Hari Raya Idul Fitri

Mudik bisa dikatakan sebagai bagian daripada contoh asmilasi yang sudah mafhum di masyarakat. Dimana mudik ini sejatinya adalah ajang silaturahmi yang ada di Indonesia pada saat hari Raya Idul Fitri. Adapun konsep mudik bisa dikatakan bagian daripada acara maaf dan memafaatkan atas kekhilafan yang terjadi.

  1. Masjid Ada Bedug/Kentongan

Keberadaan bedug dan kentongan di masjid milik umat Islam menjalankan ibadah sholat sejatinya bagian daripada asimilasi. Lantaran pada saat itu belum ditemukan speker atau ampli dalam memberikan isyarat waktu beribadah. Sehingga sampai saat ini kebiasaan tersebut masih mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Teknologi

Teknologi yang terus menerus berkembang di dunia sejatinya juga memiliki asmilasi, khususnya di Indonesia dimana para ahli IT mampu membuat media sosial seperti yang dibuat orang-orang Amerika Serikat seperti Whatshaap, Facebook, dan Twitter.

Indonesia sendiri juga punya. Misalnya saja liteBIG, StealthChat, Hi App, Yogrt, ChatAja, Catfiz, dan MyBeb. Meski keberadannya belum sefamiliar dengan buatan orang-orang barat.

  1. Musik Angklung di Buat Digital

Dalam Google Playstore sejatinya juga ada bentuk asmilasi. Khususnya seperti pembuatan permainan musik dengan angklung yang disusun dengan konsep permainan. Hal ini tentusaja menjadi salah satu bentuk asmilasi yang bisa kita jumpai dalam keseharian.

  1. Sosialisasi

Asmilasi yang ada dalam masyarakat juga bsa dilihat dalam bentuk sosialisasi dengan memanfaatkan status sosial dan peran sosial di masyarakat. Prihal ini misalnya saja ketika kita penyuluh kesehatan masyarakat. Saat kita ditugaskan untuk mensosialisasikan program vaksin corona gratis tahap 1 bagi para lansia di Desa Maju Makmur.

Namun yang terjadi warga menolak program ini. Bahkan di hari sosialisasi yang ditentukan, hanya sedikit
warga yang datang ke balai desa untuk mengikuti sosialisasi. Menurut warga, vaksin corona tidak aman diberikan, karena banyak efek samping negatif akibat suntikan vaksin tersebut.

Sehingga dalam konsep inilah kita tetap memberikan sosialisasi kepada warga dengan melalui perantara para perangkat desa dan tokoh masyarakat yang terilhami dari adanya keyakinan masyarakat desa di Indonesia bahwa menghargai tokoh masyarakat bagian daripada penghormatan.

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa seperti kebanyakan fenomena sosial yang memiliki tujuan dalam kehadirannya, baik secara eksplisit atau implisit, begitu pula dengan asimilimasi. Tujuan dari asimilasi secara sederhana adalah guna lebih mendekatkan lagi pada kesatuan tindakan, perasaan, dan sikap yang diikuti dengan memperhatikan kepentingan juga tujuan bersama.

Oleh sebab itu dalam mencapainya diperlukan syarat-syarat untuk terwujudnya asmilasi. Diantaranya;

  1. Ada sejumlah kelompok yang mempunyai kebudayaan berbeda.
  2. Adanya interaksi secara intensif antar individu atau kelompok.
  3. Sifat khas kebudayaan-kebudayaan golongan yang saling berinteraksi mengalami perubahan begitu pun wujud kebudayaan sehingga terbentuk kebudayaan campuran.

Setelah  masuk pada tahap syarat-syarat untuk terjadi wujud asimiliasi, tentu saja, ada proses yang mengikuti didalamnya. Antara lain;

  1. Beberapa kelompok dengan kebudayaan yang berbeda mendiami suatu wilayah yang sama
  2. Terjadi interaksi intensif antar kelompok terssebut dalam waktu yang panjang
  3. Terbuka pada kebudayaan yang baru
  4. Menciptakan atau melahirkan toleransi antaranggota kelompok yang berbeda
  5. Menghilangkan sifat konservatif dan memunculkan keterbukaan sikap serta pemikiran dari kelompok yang berkuasa terhadap kelompok pendatang
  6. Ada pernikahan antaranggota kelompok yang berbeda
  7. Ada kesamaan dalam menyukai sesuatu, sehingga tercipta tujuan bersama

Demikianlah penjelasan perihal beragama contoh asimilasi di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, yang bisa kita pahami bahwa yang ditekankan sebagai proses dari terjadinya keharmoniasan. Semoga tulisan ini bisa memberikan pencerahan kepada semua pembaca.

Rating: 2.4/5. From 11 votes.
Please wait...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *